7 Manfaat Mengunyah Permen Karet Bagi Kesehatan

Sabtu, 23 Juli 2022 | 19:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Mengunyah Permen Karet Bagi Kesehatan

Ilustrasi Manfaat Mengunyah Permen Karet (pinterest)

Ladiestory.id - Siapa disini yang suka banget mengunyah permen karet? Yup! Camilan yang banyak diminati orang dari segala kalangan usia ini ngga hanya berteksur lembut, tapi memiliki rasa unik dan juga menyegarkan ketika dikunyah. Ternyata sering mengunyah permen karet juga bisa berdampak bagi kesehatan, lho!

Selain rasanya yang manis, permen karet juga asyik dinikmati saat santai atau sedang jenuh. Ternyata kebiasaan mengunyah permen karet memiliki 7 manfaat yang baik bagi kesehatan seperti berikut ini.

Memproduksi Air Liur dan Memutihkan Gigi

Memutihkan Gigi (pinterst)

 

Ladies, ketika mengunyah permen karet, maka mulut akan memproduksi air liur yang dapat membantu makanan untuk mudah dicerna. Produksi air liur setiap orang tentunya berbeda. Sebagian orang memiliki produksi air liur yang berlimpah, sedangkan sebagian orang lainnya memiliki produksi air liur yang sedikit.

Maka dari itu, mengunyah permen karet dipercaya dapat meningkatkan produksi air liur untuk mengatasi masalah tenggorokan kering, bibir kering serta membantu memutihkan gigi. Tak hanya itu, mengunyah permen karet bebas gula juga dapat menetralkan asam pada mulut yang dapat membahayakan gigi.

Menyegarkan Nafas

Menyegarkan Nafas (pinterest)

 

Yup, dengan mengunyah permen karet tentunya dapat membantu dirimu untuk menyegarkan nafas dan mengurangi bau mulut tak sedap. Oleh karenanya, kamu pun bisa mengunyah permen karet sebagai alternatif untuk membantu menyamarkan bau tak sedap ketika sedang dihadapi situasi tertentu. Saat ini pun sudah banyak permen karet yang memilki rasa unik yang dapat memberikan sensasi segar untuk nafas bersih dan segar.

Membantu Daya Ingat

Membantu Daya Ingat (pinterest)

 

Ladies, dengan mengunyah permen karet juga dapat membantu memperlancar aliran darah serta membantu meningkatkan kekuatan otot dan saraf pada rahang. Selain itu mengunyah permen karet juga dipercaya dapat membantu meningatkan daya ingat, lho.

Hal ini dikarenakan adanya dorongan dari aliran darah menuju otak untuk membantu merangsang konsentrasi, daya pikir ingatan, serta meningkatkan mental seseorang.

Mengurangi Kecemasan

Mengurangi Kecemasan (pinterest)

 

Mengalami rasa cemas atau gugup yang berlebihan juga bisa diatasi dengan mungunyah permen karet, lho. Jika kamu merasa deg-degan atau lagi demam panggung, coba kamu ambil satu buah permen karet yang bisa membantu merilekskan perasaanmu, Ladies.

Sebab, dengan mengunyah permen karet juga dapat membantu mengurangi tingkat kortisol atau hormon stres dalam tubuhmu, dengan begitu kamu pun bisa mengurangi perasaan cemas dan gugupmu, lho.

Menurunkan Berat Badan (pinterest)

 

Mengunyah permen karet bisa menurunkan berat badan? Yup, permen karet juga dipercaya dapat menurunkan berat badan dan mengurangi nafsu makan. Kamu dapat mengunyah permen karet yang rendah gula karena kandungan permen karet tersebut memiliki kalori yang rendah. Mengunyah permen karet yang rendah gula juga dapat dapat menjadi teman camilan dietmu agar tubuhmu tetap ideal.

Mengurangi Risiko Gigi Berlubang

Mengurangi Risiko Gigi Berlubang (pinterest)

 

Katanya sering makan permen justru bisa membuat gigi menjadi berlubang, hal ini dikarenakan permen memiliki komposisi yang banyak mengandung gula. Namun, mengunyah permen karet tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko masalah gigi berlubang untuk jangka waktu tertentu, lho.

Mengurangi Infeksi pada Telinga

Mengurangi Infeksi pada Telinga (pinterest)

 

Kandungan xylitol pada permen karet juga dapat mengurangi infeksi pada telinga. Xylitol adalah gula alami alkohol yang biasa ditemukan pada tanaman seperti buah dan sayuran. Rasa manis yang terkandung dari xylitol juga digunakan sebagai komposisi pengganti gula. Hal ini pun juga terkandung dalam permen karet yang memiliki varian bebas gula. Xylitol dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan infeksi pada telinga serta membantu mengurangi tingkat bakteri yang membusuk dalam air liur.