Alami PCOS? Ini Dia 5 Cara Agar Cepat Hamil

Kamis, 7 Juli 2022 | 00:01:00

Nova Patria Aditya

Penulis : Nova Patria Aditya

Alami Pcos? Ini Dia 5 Cara Agar Cepat Hamil

Maternity Photoshoot Nadine dan Dimas Anggara. (Instagram.com/nadinelist)

Ladiestory.id - Memiliki anak adalah dambaan semua perempuan. Terlebih, anugerah itu datang pada saat yang ditunggu-tunggu. Namun, tidak semua perempuan beruntung. Perjalanan memiliki anak setiap perempuan berbeda-beda. Ada faktor eksternal yang menjadi kendala, salah satunya dari faktor tersebut adalah PCOS.

Dilansir jurnal Universitas Padjajaran, PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome adalah kelainan endokrin yang berdampak pada sistem reproduksi perempuan. Orang dengan penyakit PCOS memiliki risiko infertilitas yang tinggi. Nah, risiko ini yang menyebabkan program hamil tak kunjung berhasil.

Perempuan yang terdiagnosis memiliki PCOS salah satunya ditandai oleh siklus haid yang tidak teratur, tumbuhnya bulu yang tak lazim seperti kumis, jenggot, dan bulu kaki yang cenderung lebih banyak. Apakah kamu sedang mengalami kondisi di tersebut? Ladies, yuk kenali cara mengatasi PCOS agar program hamilmu segera berhasil.

Diet Rendah Karbo dan Gula

Ilustrasi makanan yang mengandung zat besi. (avogel.co.uk)

Gula menjadi pemicu utama hormon dalam tubuh perempuan menjadi tidak stabil. Untuk perempuan yang ingin menjalankan program cepat hamil ini, hendaknya mengurangi konsumsi gula serta asupan karbohidrat dari nasi putih. Ladies bisa mengganti nasi putih dengan makanan karbohidrat yang lain, seperti kentang, beras shirataki, dan labu. Ladies bisa mulai mengganti gula dengan buah-buahan untuk mendapatkan rasa manis dalam makanan.

Konsumsi Obat

obat. (Special)

Jika gula darah dalam tubuh sudah terlanjur tinggi dan dokter sudah mendiagnosis kamu mengalami PCOS, langkah selanjutnya kamu bisa mengonsumsi obat atas resep dokter untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Biasanya, Ladies akan disarankan untuk mengonsumsi metformin atau inlacin (obat ini harus disertai resep dokter ya).

Perbaiki Siklus Menstruasi

Foto: Ladiestory.id

Jika diet rendah karbo dan gula sudah kamu jalani tapi siklus haid masih saja tidak teratur, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis obgyn untuk langkah selanjutnya. Biasanya, dokter akan menganjurkan kamu untuk mereset siklus haid dengan memberikan obat stimulus menstruasi agar teratur.

Namun, disamping ikhtiar medis, kamu juga bisa mencoba cara pengobatan alternatif, yakni bisa mengonsumsi habbatusauda, jus tiga diva (jus wortel, apel, dan tomat), atau minuman JSR (jahe, sereh, jeruk nipis, dan madu). Segera katakan bye pada PCOS.

Mulailah Pola Hidup Sehat

Ilustrasi perempuan olahraga. (Special)

Langkah selanjutnya adalah mengubah gaya hidup untuk lebih sehat. Ladies bisa mulai melakukan aktivitas olah raga ringan seperti jalan kaki, plank, atau olah raga kardio. Selain memulai olah raga, kamu juga disarankan untuk mulai mengonsumsi sayur dan buah yang tinggi asam folat. Hal ini penting untuk menyukseskan program hamil pada penderita PCOS. Ladies bisa menemukannya pada sayur taoge dan buah alpukat.

Berdoa

Foto: ruang terang pikiran rakyat

Setelah semua usaha untuk menjalani program cepat hamil ini sudah dilakukan, kamu hanya perlu berdoa agar lekas mendapatkan garis dua. Tidak ada doa yang tertolak. Percayalah, kamu akan segera dipercaya menjadi seorang ibu.

Itulah beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh perempuan dengan PCOS untuk mendapatkan kehamilan. Jika Ladies mengalami gejala atau ciri-ciri seperti PCOS, hendaklah untuk memeriksakan diri ke dokter.