Apakah Bachelor Party Haram? Ini Penjelasan nya

Minggu, 7 November 2021 | 10:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Apakah Bachelor Party Haram? Ini Penjelasan Nya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pernikahan merupakan hari bahagia bagi semua orang. Sebab pernikahan menjadi tanda melepas masa lajang dan akan merubah status seseorang.

Bahkan kehidupan seseorang yang sudah menikah juga akan berubah. Sebab tidak lagi se "bebas" ketika masih masa lajang, dan prioritas akan berubah.

Oleh sebab itu, seseorang yang akan menikah biasanya melakukan beberapa kegiatan sebelum mereka resmi melepas masa lajang. Salah satunya yang dilakukan adalah pesta bersama teman-temannya. Pesta melepas masa lajang ini dilakukan baik dari calon pengantin pria maupun wanita.

Bachelor party artinya pesta bujang merupakan pesta yang dilakukan orang terdekat calon pengantin laki-laki untuk merayakan atau melepaskan kebujangan si calon pengantin. Sedangkan  untuk perempuan dikenal dengan istilah bachelorette party atau Hen Night.

Apakah Anda pernah nonton film Hangover yang dimainkan oleh Bradley Cooper, Ed Helms, Zach Galifianakis, Justin Bartha serta Heather Graham? Nah, film ini menceritakan perjalanan pesta bujang atau bachelor party . Sebenarnya seperti apa sih bachelor party atau pesta bujang itu?

Apa Itu Bachelor Party?

bachelor party
Foto: lifestyle

Bachelor party memang terkenal asing di budaya Indonesia. Bahkan kebanyakan pria Indonesia tidak melakukan budaya bachelor party. Pesta bujang ini meruapakan budaya yang datang dari daerah barat, dimana calon pengantin laki-laki mengadakan pesta di satu hari sebelum pernikahan untuk menyambut hari besarnya.

Fenomena bachelor party memang terdengar seperti budaya modern yang ada di masa ini. Namun nyatanya, bachelor party sudah ada sejak tahun 1922.

Sejarah Bachelor Party

themanregistry
Foto: themanregistry

Pada masa Sparta Kuno, salah satu kebiasaan pranikah paling awal yang diakui dan dipraktikan adalah bachelor party. Pada zaman itu, tentara Sparta akan saling bersulang pada malam pernikahan teman mereka.

Tetapi momen kunci dalam pembentukan tradisi pesta bujang modern yang ada di budaya barat tidak datang dari  masa Sparta kuno ini. Pesta bujang modern datang dari revolusi industry di abad ke-19.

Pada saat itu, pesta bujang ini ditujukkan untuk mempererat hubungan antara teman laki-laki. Setelah itu, perayaan pesta ini juga dirayakan setelah seseorang mengumumkan pernikahan.

Setelah revolusi industry, pesta bujang juga mendapatkan pengaruh dari feminisme yang kemudian membuat pesta bujang juga dirayakan oleh kaum wanita yang disebut bachelorette party atau Hen Night.

Akibat adanya pengaruh barat terhadap budaya di Indonesia, bachelor party ini dicerminkan sebagai sebuah pesta yang mengandung minuman beralkohol. Bahkan pesta “nakal” ini akan dilakukan bersama teman-temannya.

Namun pada zaman modern ini, pesta bujang memiliki perubahan pemaknaan. Yakni yang lebih berfokus pada melakukan hal yang disukai oleh calon pengantin.

Seperti misalnya ada beberapa calon pengantin lebih memilih untuk pergi melakukan fine-dining dan bersepeda ke atas gunung bersama teman-temannya dibandingkan pergi ke bar untuk minum-minum.

Namun pada akhirnya, bachelor party tetap dengan tujuannya untuk merayakan pesta pora besar calon pengantin bersama dengan teman dan kelompok persahabatannya di berbagai tahapan kehidupan.

Apakah Bachelor Party Haram?

bachelor party
Foto: denvermicrobrewtour

Jika Anda mengadopsi budaya barat, memang bachelor party bisa dikatakan sebagai tindakan yang haram. Sebab bersulang dan meminum alcohol sebagai perayaan melepas masa bujang. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bachelor party tidak haram.

  1. Sebelum menggelar bachelor party, sebaiknya mendata siapa saja tamu undangan yang akan tergabung dalam pesta bujang.
  2. Selanjutnya Anda harus menentukan rangkaian acara. Seperti yang sudah dikatakan bahwa jika kalian mengadopsi bachelor party dari budaya barat, maka acara tersebut akan menjadi haram. Oleh sebab itu, Anda bisa mengganti sulang dengan minuman kopi, cocktail party, atau dinner party. Dan perlu diingat acara melepas masa lajang tersebut jangan sampai digelar dengan acara "vulgar".
  3. Bahkan bachelor party tidak perlu digelar secara glamor ataupun sepanjang malam.
  4. Jika konsep acara sudah tersusun, Anda harus menentukan tempat yang strategis. Tentu carilah tempat yang memungkinkan untuk dilakukan pesta melepas masa lajang.

Jadi, bachelor party artinya pesta melepas masa lajang. Acara ini tidak harus dilakukan oleh pria yang akan melepas masa lajang. Perlu disesuaikan dengan kebutuhan, budget, dan priorias. Namun juga diperlukan penerapan budaya Indonesia jika melakukan bachelor party.