WFH Makin Semangat, 8 Aromaterapi Ini Bantu Tetap Produktif Kerja

Minggu, 19 Desember 2021 | 14:00:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Wfh Makin Semangat, 8 Aromaterapi Ini Bantu Tetap Produktif Kerja

Ilustrasi perempuan sedang bekerja dari rumah. (Special)

Ladiestory.id - Work from home atau WFH menjadi pemandangan yang umum dijumpai di masa pandemi ini, di mana orang-orang menyelesaikan pekerjaannya dari rumah. Meski digadang dapat mengurangi penyebaran Covid-19, namun sistem kerja jarak jauh ini nyatanya tak bisa dikatakan efektif.

Ada banyak permasalahan yang timbul hingga menyebabkan kinerja karyawan kurang produktif. Belum lagi kita dihadapkan dengan sesi brainstorming yang dilakukan saat awal minggu, kejar-kejaran deadline hingga keadaan lingkungan rumah yang tidak kondusif untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Jika sudah mengalami hal yang demikian, sebagian orang mulai mencari cara bagaimana agar bekerja dari rumah dapat nyaman dan tenang tanpa gangguan. Selain dengan mendekor ulang area kerja di rumah, Kamu pun bisa menambahkan aromaterapi untuk melengkapi suasana kerja. Aromaterapi dapat menstimulasi tubuh dan pikiran agar rileks dan meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

Rekomendasi Aromaterapi untuk Bantu Tetap Produktif Selama WFH 

Aromaterapi bisa dipakai dengan dua cara, dengan menggunakan diffuser untuk menyebarkan aroma atau dioleskan di pelipis. Berikut ini ada delapan rekomendasi aromaterapi untuk membangkitkan semangat kerja saat WFH.

1. Lemon

Ilustrasi aromaterapi lemon. (Special)

Sifat aromaterapi lemon dapat menenangkan mood yang cemas dan gugup. Pikiran pun jadi rileks dan mampu untuk berkonsentrasi. Tak hanya itu, lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antiviral sehingga dapat mengatasi sakit tenggorokan, pilek, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Eucalyptus

Eucalyptus mampu merilekskan pikiran yang berantakan dan memicu semangat untuk menyelesaikan pekerjaan. Konsentrasi dalam bekerja pun juga meningkat setelah menggunakan aromaterapi eucalyptus ini.

Seperti lemon, aromaterapi eucalyptus juga bersifat antibakteri dan antiviral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati kepala yang pusing.

3. Rosemary

Aromanya yang membangkitkan semangat membuat aroma rosemary cocok untuk dihirup di pagi hari sebelum memulai pekerjaanmu di hari ini. Rosemary juga mampu mengatasi kelelahan dan kepala yang pusing. Selain dapat membangkitkan semangat, aromaterapi rosemary bermanfaat untuk meredakan nyeri otot.

4. Chamomile

aromaterapi
Ilustrasi aromaterapi chamomile. (Special)

Chamomile memiliki efek aroma yang menenangkan pikiran yang cemas. Aroma chamomile yang menenangkan juga dapat menemani hari-hari lembur atau menenangkan pikiran yang kalut di malam hari. Kalau Kamu sedang menghadapi lembur, boleh banget menambahkan aromaterapi chamomile di meja kerjamu. Dijamin pikiran pun tetap tenang saat menyelesaikan lemburan!

5. Peppermint

Efek pikiran yang jernih bisa dirasakan dengan menggunakan aromaterapi peppermint di dalam ruang kerjamu. Kalau Kamu sedang menjalankan proses brainstorming atau sedang mencari ide-ide project, aroma peppermint bermanfaat untuk menstimulasi pikiran dan meningkatkan daya ingat sehingga konsentrasi pun meningkat dan ide-ide pun mengalir dengan lancar!

6. Lavender

Lavender memiliki efek menenangkan yang baik bagi tubuh, pikiran, serta membantumu mengontrol emosi. Selain itu lavender juga mampu mengurangi gejala insomnia sehingga Kamu dapat tidur lebih nyenyak dan energi tubuh pun meningkat. Alhasil, Kamu akan lebih enjoy menjalani work from home.

7. Melati

Ilustrasi aromaterapi melati. (Special)

Seperti lavender, aromaterapi bunga melati juga bisa meredakan kecemasan. Aromaterapi melati juga punya efek anti depresan yang bermanfaat untuk membangkitkan semangat, menumbuhkan rasa percaya diri dan optimisme. Kalau rasa percaya diri dan optimis meningkat, tentunya akan Kamu lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, bukan?

8. Kayu manis

Kamu sedang lelah dalam menyelesaikan pekerjaan? Coba deh pasang aromaterapi yang beraroma kayu manis. Aroma kayu manis memberikan efek semangat untuk mengatasi rasa lelah yang menyerang, meningkatkan konsentrasi serta fokus untuk kembali produktif.

Tetap semangat jalani work from home, Ladies!