Apa Itu Demiseksual? Yuk Cari Tahu Arti hingga Faktanya!

Rabu, 15 Desember 2021 | 07:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Apa Itu Demiseksual? Yuk Cari Tahu Arti Hingga Faktanya!

Ilustasi hubungan seksual. (Spesial)

Ladiestory.id - Secara umum, orientasi seksual yang lebih banyak dikenal adalah heteroseksual (ketertarikan pada lawan jenis) dan homoseksual (ketertarikan pada sesama jenis). Padahal selain itu, masih ada orientasi seksual lainnya salah satunya demiseksual

Istilah demiseksual mungkin sangat baru dan asing bagi banyak orang. Demiseksual juga kerap disalahpahami pengertiannya. Ada yang beranggapan demiseksual tidak dapat merasakan cinta pada pandangan pertama, ada juga yang mengira kalau seorang demiseksual tidak memiliki hasrat seksual sama sekali. Nah, daripada bingung tentang kebenarannya, yuk simak penjelasan lengkapnya.

Ilustrasi hubungan seksual. (Spesial)

Pengertian Demiseksual

Demiseksual adalah orientasi seksual ketika seseorang merasa tertarik dengan orang yang telah memiliki ikatan emosional dengannya. Orang demisekual tidak akan memiliki hasrat seksual terhadap orang lain jika jalinan emosi belum terbangun di antara keduanya.

Secara umum para demiseksual tidak bisa merasakan cinta pada pandangan pertama, ia membutuhkan waktu untuk menjalin hubungan erat dengan seseorang. Setelah menjalin hubungan dekat serta memiliki ikatan emosional, baru ia bisa merasakan adanya dorongan seksual. Menariknya, ikatan emosional tidak selalu berupa cinta, bisa juga pertemanan atau persahabatan.

Ciri-ciri Demiseksual

Sekilas, demiseksual terkesan seperti sesuatu umum yang sering terjadi. Sebagian orang berpikir faktanya, bahwa banyak orang yang melakukan hubungan intim karena mereka memiliki hubungan dekat atau sudah terikat secara emosional. Namun, dengan preferensi demikian, hal tersebut tidak langsung menjadikan Kamu sebagai seorang demiseksual.

Contohnya, orang yang bukan demiseksual bisa saja tertarik secara seksual dengan artis terkenal yang mempunyai tubuh seksi, sehingga menjadikan mereka fantasi seksualnya. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh para demiseksual. Sebab, mereka tidak saling mengenal dan tidak memiliki ikatan emosional.

Seseorang demiseksual sering dianggap aseksual karena cenderung tidak tertarik pada seks. Padahal, mereka bukan tidak tertarik pada seks, melainkan tidak adanya dorongan seks sama sekali karena belum memiliki ketertarikan emosional terhadap orang lain. Berikut ciri-ciri demiseksual:

  • Sulit atau jarang merasa tertarik secara seksual kepada orang yang baru dikenal.
  • Hanya tertarik dan merasakan dorongan seksual kepada seseorang yang dianggap dekat misalnya, pacar, suami atau istri.
  • Ketertarikan secara seksual dipengaruhi oleh tingkat emosional dengan seseorang. Semakin erat ikatan emosionalnya, semakin besar dorongan seks terhadap orang tersebut.
  • Tidak merasakan gairah atau tidak tertarik untuk melakukan hubungan seks dengan orang yang tidak dikenal baik, meski orang tersebut memiliki paras cantik dan memiliki kepribadian yang menyenangkan.

Fakta tentang Demiseksual

ilustrasi hubungan seksual. (Spesial)

Kamu perlu mengetahui beberapa fakta terkait demiseksual, sehingga apabila Kamu mempunyai pasangan atau rekan yang teryata seorang demiseksual kamu bisa menyikapinya dengan bijak.

Orang dengan Orientasi Seksual Lain, Bisa Menjadi Demiseksual

Orang yang mempunyai ketertarikan seksual berdasarkan jenis kelamin pasangannya dapat menjadi orang demiseksual secara bersamaan. Hal ini termasuk homoseksual (gay dan lesbian), biseksual, atau heteroseksual. Contohnya, seorang wanita lesbian (homoseksual) hanya akan memiliki hasrat seksual pada wanita lain yang telah memiliki ikatan emosional bersamanya.

Demiseksual Merupakan Orientasi Seksual, sehingga Bukan Pilihan

Beberapa penelitian memaparkan demiseksual merupakan orientasi seksual. Artinya, kondisi ini tidak bisa menjadi pilihan individu. Ketertarikan kepada orang yang memiliki ikatan emosional tersebut sudah terbentuk secara alami pada individu tersebut.

Para Demiseksual Dapat Merasakan Jenis Ketertarikan Lain

Tak hanya sebatas hasrat seksual, para demiseksual juga bisa memiliki jenis ketertarikan lain pada orang yang sangat dekat dengannya. Misalnya, ketertarikan untuk menjalani hubungan percintaan, atau ketertarikan untuk memeluk dan yang lainnya.