Bagaimana Cara Mengatasi  Mood Swing  Saat PMS

Selasa, 10 November 2020 | 13:45:05

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Bagaimana  Cara Mengatasi  Mood Swing  Saat  Pms

Mungkin pagi ini kamu merasa bete setengah mati karena terjebak macet, tapi menjelang sore mood Kamu membaik karena habis ditraktir makan siang oleh sang pujaan hati. Perubahan mood seperti ini normal dan wajar saja terjadi pada setiap orang. Namun ketika perubahan mood itu terjadi tiba-tiba, berubahnya sangat cepat, dan sangat bertolak belakang 180 derajat, ini mungkin menkamukan mood swing.

Tanda-tanda kamu mengalami mood swing

Mood yang berubah-ubah sebenarnya wajar hingga taraf tertentu. Meski begitu, tidak selalu demikian dengan mood swing. Dalam kasus tertentu, perubahan suasana hati bisa terjasi sangat ekstrem, serius, dan tanpa alasan atau rangsangan yang jelas sehingga mengganggu kehidupannya sehari-hari. Mood swing ekstrem terjadi mendadak dan melibatkan kondisi emosional yang naik-turun, bergantian antara merasa bahagia dan sejahtera, kemudian dihinggapi oleh perasaan marah, tersinggung, atau depresi, dalam waktu yang relatif singkat.

Bagaimana mengatasi mood swing saat PMS?

Sebetulnya, perubahan mood saat PMS ini tidak bisa dicegah. Meski begitu, Anda dapat mengendalikannya dengan melakukan hal-hal berikut ini, antara lain: 

  • Jagalah pola makan sehat. Konsumsi banyak serat, kacang-kacangan, serta batasi gula dan garam.
  • Cobalah ngemil makanan sehat di sela-sela jadwal makan.
  • Penuhilah kebutuhan cairan tubuh, terutama air mineral atau susu. Sebisa mungkin hindari minuman bersoda atau kafein selama haid.
  • Terapkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok dan minum alkohol
  • Rutin melakukan aktivitas fisik dan olahraga ringan, misalnya aerobik
  • Relaksasi dan istirahat yang cukup
  • Hindari situasi yang memicu stres
  • Atasi stres dengan teknik napas dalam atau meditasi.

Mood swing dapat terjadi bukan hanya akibat pengaruh pola pikir dan tekanan mental, tapi juga makanan dan minuman yang kamu konsumsi loh. Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari memiliki kandungan yang tak cuma bisa memengaruhi tubuh, tapi juga perasaan. Kandungan yang dapat memengaruhi perasaan ini dikenal dengan istilah stimulan.  Stimulan yang dapat menyebabkan terjadinya mood swing sendiri biasanya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gula, alkohol, dan kafein. Meskipun dibutuhkan tubuh, gula yang kamu konsumsi bisa menyebabkan fluktuasi pada tingkat gula darah. Sementara alkohol dikenal sebagai bahan depressant yang dapat membuat mood berubah dengan cepat, baik jadi lebih baik atau lebih buruk.

Lalu ada kopi, yang meski bisa membuatmu melawan kantuk dan lelah, secara bersamaan bisa memperparah rasa cemas dan gugup. Cara mengatasi mood swing terbaik tentu saja adalah dengan mengendalikan asupan ketiga bahan ini agar mood kamu bisa tetap terjaga. Hidup sehat bukan cuma bisa bermanfaat buat kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan mentalmu.