Harus Tau! 6 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Kamis, 21 Juli 2022 | 16:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Harus Tau! 6 Bahan Makanan Yang Tidak Boleh Disimpan Di Kulkas

Ilustrasi bahan makanan (Special)

Ladiestory.id - Beberapa orang kerap menyimpan makanan dikulkas dengan harapan dapat bertahan lama. Namun, ternyata tak semua bahan makanan dapat disimpan dikulkas. Kamu harus mulai mempertimbangkan kembali jika ingin melakukannya. Sebab, selain mengurangi kinerja maksimal kulkas ada juga bakteri yang siap mengintai bahan makanan kamu, Ladies!

Kira-kira bahan makanan apa saja ya, yang tidak boleh disimpan dalam kulkas? Yuk, simak 6 daftar berikut.

Roti

Ilustrasi bahan makanan (Special)

Jika kamu masih sering menyimpan roti di kulkas sebaiknya hentikan mulai sekarang. Sebab, molekul pati dalam roti dapat mengkristal dengan cepat pada suhu dingin. Sehingga, menyebabkan roti lebih cepat basi. Apabila kamu membeli roti, alangkah baiknya cukup simpan di dalam kantong kedap udara pada suhu kamar paling lama selama 3 hari. Jika memang tidak dapat kamu konsumsi dalam waktu tesebut, masukkan roti ke dalam wadah tertutup kemudian simpanlah dalam freezer.

Segala Jenis Bawang

Ilustrasi bahan makanan (Special)

Pastikan kamu tidak menyimpan berbagai jenis bawang seperti bawang bombay, bawang merah dan bawang putih di dalam kulkas. Sebab, kelembapan dalam kulkas akan mengubah bawang menjadi lembek, kusam dan cepat berjamur. Selain itu, rasa yang dihasilkan oleh bawang tidak akan setajam sebelumnya hingga membuat masakan kamu jadi terasa hambar. Sebaiknya, kamu simpan bawang di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung serta bersuhu cukup sejuk. Sehingga, bawang yang kamu miliki tetap terasa renyah dan memiliki aroma yang khas. Mudah, bukan?

Kentang dan Ubi

Ilustrasi bahan makanan (Special)

Kentang dan ubi merupakan salah satu jenis bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Sebab, udara lembap yang ada dalam kulkas dapat merusak tekstur dan rasa. Sari pati yang ada dalam kandungan kentang dan ubi akan lebih cepat terurai menjadi gula sehingga akan terasa manis yang menyengat. Selain itu, terksturnya akan berubah menjadi keras dan kasar. Sebaiknya, simpan kentang dan ubi mu di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Hindari penyimpanan dalam kantong plastik yang kedap udara karena dapat mempercepat proses pembusukan.

Madu

Ilustrasi bahan makanan (Special)

Madu merupakan bahan makanan yang tidak boleh di masukkan ke dalam kulkas. Sebab, teksturnya yang kental justru akan rusak dan menjadi keras jika terkena suhu dingin. Madu sendiri telah memiliki pengawet alami sehingga tidak perlu kamu masukkan ke dalam kulkas supaya tahan lama. Cukup simpan madu di suhu ruangan dan terhindar dari sinar matahari. Pastikan juga kamu menyimpannya di botol kaca serta tertutup rapat untuk menghindari di makan oleh semut kecil di rumahmu.

Buah-Buahan

Ilustrasi bahan makanan (Special)

Cara terbaik untuk menikmati buah-buahan adalah dikonsumsi langsung selepas membelinya di toko buah. Sebab, jika disimpan terlalu lama apalagi di dalam kulkas justru akan merusak vitamin dalam buah tersebut. Adapun buah-buahan yang dilarang disimpan dalam kulkas, seperti pisang, alpukat, semangka, melon, apel, pir, stroberi, manga, jeruk, dan pepaya. Kandungan antioksidan dalam buah-buahan tersebut dapat berkurang atau rusak ketika terkena udara dingin. Selain itu, buah-buahan yang disimpan dalam kulkas akan terasa kering dan kurang matang ketika dikonsumsi.

Minyak

Ilustrasi bahan makanan (Special)

Salah satu bahan makanan yang tidak boleh masuk ke dalam kulkas adalah minyak. Berbagai jenis minyak yang dilarang seperti minyak zaitu, virgin coconut oil atau minyak kelapa sawit. Sebab, minyak yang disimpan dalam kulkas akan membuat teksturnya mengental dan membeku seperti margarin. Minyak sendiri memiliki daya ketahanan yang lama tanpa perlu dimasukkan dalam kulkas. Kamu dapat menyimpannya di tempat dengan suhu ruangan dan terhindar dari sinar matahari.

Itulah 6 bahan makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulkas. Semoga bermanfaat dan sehat selau, Ladies!