Banyak Dilakukan Kaum Muda, Intip 5 Bahaya Olahraga di Malam Hari

Jumat, 10 Februari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Banyak Dilakukan Kaum Muda, Intip 5 Bahaya Olahraga Di Malam Hari

Ilustrasi olahraga malam. (Special)

Ladiestory.id - Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika tubuh melakukan olahraga secara teratur, maka akan menghasilkan rutinitas yang sehat dan membantu metabolisme tubuh berjalan lancar.

Namun, terkadang bagi beberapa orang dengan jadwal kegiatan yang padat, menjadikan malam hari sebagai waktu yang tepat untuk berolahraga. Tak ayal, selepas pulang sekolah atau kerja pun langsung dilanjutkan dengan melakukan olahraga yang terbilang cukup berat.

Ternyata, pilihan ini banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan, lho. Kira-kira apa saja ya dampak buruk yang diakibatkan dari berolahraga di malam hari? Yuk, langsung simak penjelasannya berikut ini. 

Lemahkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi daya tahan tubuh lemah. (Special)

Meski menjadi pilihan banyak orang. Sayangnya, olahraga malam juga memiliki berbagai macam bahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, melakukan olahraga di malam hari perlu memperhatikan kapasitas kemampuan tubuh.

Sebab, kondisi badan yang lelah usai beraktivitas justru akan semakin melemahkan daya tubuh ketika dipaksa melakukan olahraga di malam hari. Selain intensitas olahraga, kamu juga perlu mengingat udara dingin di malam hari dapat berpotensi terjangkitnya virus flu. 

Ganggu Waktu Tidur

Ilustrasi gangguan tidur. (Pixabay)

Ketika berolahraga, tubuh akan merespons dengan terjadinya peningkatan suhu, metabolisme, detak jantung hingga aliran darah. Sedangkan untuk kamu bisa tertidur lelap, tentu memerlukan kondisi yang rileks dan tenang.

Namun, jika kamu melakukan olahraga di malam hari, justru akan membuat dirimu cenderung kesulitan untuk tidur. Bahkan, lebih parahnya waktu tidur menjadi tertunda terutama ketika olahraga dilakukan dekat dengan jam tidur.

Selain itu, kegiatan olahraga pada malam hari dalam jangka waktu yang lama juga akan membuat pembakaran kalori tidak efektif. Terlebih lagi dapat memicu terjadinya permasalahan kesehatan lainnya. 

Picu Terjadinya Sesak Napas

Ilustrasi saat sesak nafas dan nyeri dada ( Orami )

Ketika melakukan olahraga, kamu memerlukan asupan olahraga dalam waktu tertentu. Namun, saat berolahraga malam hari, kandungan oksigen saat malam hari lebih sedikit daripada di pagi hari.

Sehingga, kamu perlu membutuhkan asupan oksigen yang lebih ekstra. Sayangnya, ketika melakukan olahraga terutama di malam hari, hal itu dapat memicu terjadinya sesak napas dan aliran oksigen dalam tubuh menjadi terganggu. 

Tingkatkan Risiko Bahaya

Ilustrasi sakit. (Special)

Tak hanya seputar masalah kesehatan, olahraga malam juga memiliki dampak buruk dalam hal keselamatan. Ketika berolahraga di malam hari terutama di luar ruangan, kamu perlu memberikan perhatian khusus. Misalnya, melakukan jogging atau bersepeda.

Kamu akan lebih memiliki tingkat risiko berbahaya yang lebih tinggi. Beberapa hal yang mungkin bisa terjadi seperti tindak kejahatan bahkan juga kecelakan. Selain itu, jika kamu memiliki kondisi darurat seperti cedera, kram, atau dehidrasi, tentu akan cukup kesulitan mencari bantuan.

Sulit Dilakukan Secara Konsisten

Ilustrasi olahraga. (Special)

Berdasarkan hasil studi dari Obesity Society pada 2018, ditemukan bahwa orang yang melakukan olahraga di pagi hari cenderung lebih konsisten dalam latihannya. Hal ini dibandingkan dengan melakukan olahraga di sore maupun malam hari.

Penyebabnya diketahui bahwa ketika berolahraga di sore hari, seseorang akan mengalami kehilangan fokus yang cukup banyak. Akhirnya, lebih memilih melakukan aktivitas seperti berkumpul dengan teman atau menonton televisi. 

Itulah lima bahaya berolahraga di malam hari. Namun, bagi kamu yang tetap ingin melakukan olahraga usai beraktivitas, perlu memperhatikan berbagai aspek mulai dari kemampuan tubuh hingga tingkat gerakannya.

Selain itu, lakukan olahraga di tempat dengan pencahayaan yang baik. Jangan terlalu memaksakan diri ketika badan tidak dalam keadaan fit. Tetap jaga kesehatan dan salah sehat, Ladies!