Belajar dari 'Layangan Putus', Lakukan 5 Cara Hadapi Pasangan Selingkuh

Rabu, 5 Januari 2022 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Belajar Dari 'Layangan Putus', Lakukan 5 Cara Hadapi Pasangan Selingkuh

Ilustrasi perselingkuhan dalam Serial Layangan Putus. (Special)

Ladiestory.id - Serial Layangan Putus yang tengah viral dalam sebulan belakangan ini berhasil menguras emosi para penonton. Drama yang menceritakan perselingkuhan seorang suami ini, seolah memberikan pelajaran bagi kaum perempuan, bahwa pasangan yang menunjukan sikap baik dan romantis bisa saja bermain serong.

Perselingkuhan adalah hal yang paling menyakitkan bagi setiap pasangan, apalagi untuk istri. Belajar dari serial Layangan Putus, berikut beberapa cara saat menghadapi pasangan selingkuh. 

1. Sabar dan Ikhlas Menghadapi Kenyataan

Ilustrasi perempuan sabar. (Special)

Shock, sakit hati, marah, kecewa, emosi, bahkan depresi adalah hal yang wajar dialami setiap perempuan setelah tahu suaminya selingkuh. Butuh waktu untuk bisa mengatasi semua perasaan yang tak karuan itu.

Memang bukan hal yang mudah memaafkan dan menerima kembali pasangan yang terbukti selingkuh. Tapi cobalah berusaha untuk sabar dan ikhlas menerima kenyataan yang terjadi dalam rumah tangga Kamu. 

2. Jangan Salahkan Diri Sendiri, Pasangan dan Selingkuhannya

Ilustrasi perempuan bersedih. (Special)

Menyalahkan diri sendiri, pasangan, dan selingkuhannya tidak bisa mengubah apa pun yang sudah terjadi. Bahkan cuma membuang waktu, pikiran dan energi Kamu saja. 

Untuk itu hindari menyalahkan diri sendiri dan pelaku perselingkuhan itu. Hindari juga mencela atau melontarkan kata-kata kasar pada suami atau selingkuhannya. Dengan begitu akan membuatmu tampak elegan daripada si dia yang merebut suamimu.

3. Buatlah Rencana Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Ilustrasi perempuan sedang mikir. (Special)

Sambil memulihkan kondisi hati dari rasa sakit hati dan kecewa, cobalah memikirkan rencana kedepan bersama anakmu. Apakah Kamu akan memaafkan dan tetap menerima pasangan ataukah memilih berpisah dengannya meskipun Kamu telah memaafkannya.

Apapun rencana dan keputusan yang Kamu ambil, ingatlah untuk selalu memprioritaskan perasaan anak Kamu nantinya. Jangan sampai karena ego Kamu, anak jadi korban. 

4. Tetap Jaga dan Rawat Anak Sebaik Mungkin Meskipun Rumah Tangga Sedang Kacau

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Meskipun Kamu dalam kondisi yang tidak stabil dengan perasaan hancur, jangan sampai mengabaikan anak Kamu. Tetaplah jaga dan rawat anak Kamu sebaik mungkin. 

Perselingkuhan pasti akan membuat sang anak kehilangan sosok Ayahnya yang sibuk dengan selingkuhannya, seperti yang digambarkan dalam serial Layangan Putus. Nah, jangan sampai anak Kamu kehilangan sosok hangat dan kasih sayang ibunya yang tengah dirundung kesedihan, sakit hati dan kecewa. Pastikan anak tidak jadi korban atas apa yang terjadi pada orang tuanya. 

5. Hindari Stres Berlebihan dan Tetaplah Merawat Diri

Ilustrasi perempuan sedang makan. (Special)

Rasa sakit hati dan kecewa bisa saja membuat Kamu stres. Hal ini bisa berakibat pada reaksi fisik yang buruk, seperti tidak bisa tidur, tidak fokus bekerja, tidak selera makan, gemetar, dan diare. Namun jangan sampai stres berlebihan membuat Kamu tidak merawat diri dan membiarkan reaksi buruk berkepanjangan lalu merusak tubuhmu. 

Tetaplah makan dan tidur dengan teratur. Ini berguna agar Kamu memiliki tenaga, untuk menjalani aktivitas dan merawat buah hati. Usahakan juga untuk berolahraga dan menenangkan pikiran, misalnya dengan cara meditasi.

Memiliki rumah tangga yang tampak harmonis dengan pasangan yang bersikap baik dan romantis, seperti dalam serial Layangan Putus merupakan idaman banyak perempuan. Namun, ketika tahu bahwa sosok suami idaman tersebut ternyata berselingkuh, tentunya lebih menyakitkan.