Ini Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan Mata

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:00:00

Ini Buah Dan Sayur Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Ladiestory.id - Buah dan sayuran sudah dikenal memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan bagian tubuh. Tak jarang, jika bahan obat-obatan diambil dari sayuran dan buah yang diproduksi lagi. Selain itu, Beraneka ragam buah dan sayuran yang dapat dengan mudah kamu dapatkan maupun tanam sendiri di rumah. Berikut ladiestory.id rangkum buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan mata.

Sayuran Hijau

Ilustrasi sayuran hijau. (Special)

Sayuran hijau memiliki kandungan Lutein yang cukup tinggi untuk kesehatan matamu. Antioksidan di dalamnya membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari. Mengonsumsi sayuran hijau dengan rutin akan membuat mata lebih segar dan sehat.

Sayuran hijau seperti kale, bayam, brokoli dan selada . Kandungan lain dalam sayuran hijau adalah vitamin A yang dapat menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk Katarak.

Sayuran ini mengandung Antioksidan yang baik untuk melindungi mata dari debu, polusi, asap rokok dan sinar UV yang berbahaya bagi mata. Jadi, pastikan untuk rutin mengonsumsi sayuran hijau untuk tingkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mata kamu. Kamu dapat mengonsumsinya dengan mengolah sayuran hijau menjadi salad sayur, sayur tumis dan lainnya sesuai selera lidahmu.

Alpukat

Alpukat. (Special)

Buah ini dikenal mengandung antioksidan Lutein dan Zeaxanthin. Kedua senyawa ini sangat penting untuk kesehatan mata. Lutein dan Zeaxanthin yang diyakini menyerap cahaya biru yang berasal dari sinar matahari. Cahaya ini bisa meningkatkan katarak dan degenerasi makula.

Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga bermanfaat bagi mata dengan membantu meningkatkan penyerapan Karotenoid ramah mata. Kandungan tembaga dalam alpukat sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan saraf, sementara kandungan vitamin B6 juga bermanfaat untuk metabolisme dan kesehatan otak.

Tak hanya baik untuk kesehatan mata aja loh ladies. Alpukat juga memiliki serat dan lemak yang baik, buah ini juga kaya akan kandungan Kalium yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah darah tinggi.

Wortel

wortel (Special)

Sayuran ini juga memiliki antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Rutin mengonsumsi wortel yang memiliki banyak vitamin A, Lutein, Zeaxanthin, serta Antioksidan. Wortel dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun, buta malam hari, katarak, dan degenerasi makula.

Kamu dapat mengonsumsi wortel dengan memasukan dalam sayuran lainnya atau membuat jus wortel yang ditambah madu atau air gula akan membuat rasanya sedap dan menyegarkan.

Ubi ungu

ubi ungu (Special)

Ubi ungu memiliki manfaat untuk kesehata mata, karena mengandung Beta Karoten yang tinggi di dalamnya. Tak hanya itu, kandungan vitamin C, Zinc dan tembaga pada ubi ungu juga dapat mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula.

Pisang

Ilustrasi buah pisang ( Harvard edu )

Selain kandungan karbohidrat tinggi yang membuat pisang terasa kenyang jika dikonsumsi, pisang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan mata. Pisang memiliki kandungan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

s