7 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Anak

Kamis, 4 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Anak

Ilustrasi Manfaat Pisang (pinterest)

Ladiestory.id - Pisang merupakan salah satu buah yang mudah didapatkan, harganya yang ekonomis juga kaya manfaat bagi kesehatan anak. Buah ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut sehingga akan sangat mudah dikonsumsi khususnya untuk anak-anak. Buah pisang juga mengandung potassium serta memiliki manfaat yang beragam dan sangat baik dikonsumsi oleh anak.

Ada 7 manfaat lain dari buah pisang yang juga berperan baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, lho. Berikut diantaranya.

Kaya Sumber Energi

Kaya Sumber Energi (pinterest)

 

Anak-anak memiliki sifat aktif sepanjang hari. Tak heran jika mereka akan lebih banyak mengeluarkan banyak tenaga baik dalam bermain ataupun melakukan aktivitas lainnya. Di masa pertumbuhan anak, pisang juga sangat baik untuk makanan maupun camilan sehari-hari karena tinggi akan sumber energi seperti karbohidrat yang dapat memberi energi bagi tubuh anak. Berikan buah pisang setelah mereka beraktivitas, maka energi pun akan terisi kembali dan anak menjadi semakin aktif menjalani hari.

Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan (pinterest)

 

Buah pisang juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan didalam tubuh. Serat yang terkandung dalam buah pisang tentunya membantu pencernaan anak menjadi lebih baik. Pektin yang terkandung dalam serat pisang juga dapat membantu pencernaan dengan mengubah karbohidrat menjadi gula alami yang dilepaskan keseluruh tubuh. Selain itu, kandungan serat dalam buah pisang juga dapat memberikan rasa kenyang pada tubuh apalagi bagi perut mungil si anak.

Menjadikan Tulang Lebih Kuat

Tulang Lebih Kuat (pinterest)

 

Kaya akan kandungan potassium, pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu menetralkan natrium yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi oleh anak sehari-hari sehingga dapat menjadikan tulang anak menjadi lebih kuat dan sehat.

Tak hanya itu buah pisang juga memiliki vitamin A yang dapat membantu mengatur penglihatan lebih baik jika rutin dikonsumsi bagi anak.

Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia (pinterest)

 

Agar tidak kekurangan zat besi pada produksi sel darah merah, maka buah pisang sangat disarankan untuk kesehatan anak. Oleh karena itu, penting untuk membantu asupan makanan anak untuk lengkapi kebutuhan nutrisinya. Buah pisang juga kaya akan kandungan zat besi, asam folat dan vitamin B12 yang tentunya baik bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu tubuh anak memproduksi hemoglobin.

Meningkatkan Daya Otak

Meningkatkan Daya Otak (pinterest)

 

Kandungan kalium dalam buah pisang juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan tentunya sangat baik bagi daya otak serta membantu meningkatkan daya pikir dan konsentrasi pada anak. Maka dari itu, selalu siapkan buah pisang baik untuk bekal sekolah ataupun makanan sehari-hari bagi anak anda.

Menangkal Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas (pinterest)

 

Fenolat dan karotenoid dalam buah pisang juga dipercaya dapat membantu menangkal radikal bebas, selain itu, amina biogenic dan pitoserol juga dapat membantu mengatur fungsi fisiologis untuk membantu kesehatan dari waktu ke waktu.

Menambah Berat Badan

Menambah Berat Badan (pinterest)

 

Pisang juga dapat digunakan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) pada anak. Menurut US Departement of Agriculture, 100 gram buah pisang memiliki 22,84 gram karbohidrat sehingga dapat membantu menambah berat badan pada anak.

Buah pisang juga baik dikonsumsi secara langsung atau dikreasikan selera ibu untuk mengolahnya sehingga dapat menarik nafsu makan anak. Pilihlah buah pisang yang manis dan segar agar anak anda di rumah semakin lahap dan memiliki nafsu yang tinggi untuk mengonsumsinya.

Itu tadi 7 manfaat buah pisang yang baik dikonsumsi bagi pertumbuhan si kecil di rumah. Semoga bermanfaat.

s