6 Jenis Makanan Bantu Anak Tumbuh Tinggi

Rabu, 2 Februari 2022 | 14:30:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

6 Jenis Makanan Bantu Anak Tumbuh Tinggi

Anak tumbuh tinggi (Special)

Ladiestory.id - Anak yang tumbuh sehat dan mencapai tinggi badan yang optimal tentu dambaan setiap orang tua. Meski tak dapat dipungkiri, gen dari orang tua juga mempengaruhi tinggi badan anak, namun ada hal yang bisa diupayakan oleh orang tua agar buah hati memiliki tinggi badan yang optimal. Salah satunya adalah memperhatikan asupan makanan sang buah hati.

Orang tua perlu memperhatikan kandungan nutrisi dalam asupan makanan si kecil. Dalam asupan makanan setidaknya harus mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Nutrisi tersebut diyakini mampu membantu pertumbuhan tinggi badan anak. 
 
Tinggi badan anak yang tak sesuai umurnya bisa disebabkan karena kurangnya nutrisi dalam asupan makanan harian. Ladiestory.id telah merangkum makanan yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan anak.

1. Susu

Sudah bukan rahasia lagi, jika susu mampu membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Dalam susu terdapat kandungan berupa kalsium, fosfor, dan magnesium. Kandungan nutrisi dalam susu sangat penting terhadap kesehatan tulang. Kandungan protein dalam susu juga cukup tinggi, yaitu hampir sama dengan 8 gram dalam satu gelas susu (244 ml).
 
Selain itu, susu juga mampu membantu pertumbuhan otot dan menjaga kekuatan tulang. Anak yang mengkonsumsi susu setiap harinya, setidaknya telah memenuhi kebutuhan kalsium, vitamin D dan protein harian.

2. Almond

Almond merupakan jenis kacang-kacangan. Kacang almond kaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan tinggi anak. Selain itu, kandungan dalam kacang almond yang berupa lemak sehat, vitamin E, serat, dan magnesium dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang. 

3. Biji-bijian Utuh

Kacang-kacangan (Special)

 

Tak hanya kacang almond, biji-bijian utuh termasuk segala jenis kacang juga dapat membantu anak tumbuh tinggi. Kacang memiliki kandungan berupa protein, zat besi dan vitamin B. Kandungan nutrisi tersebut bagus untuk perkembangan anak dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.
 
Protein dalam kacang juga telah terbukti dapat meningkatkan kadar hormon insuline, yang merupakan hormon pengatur pertumbuhan anak-anak. Nutrisi lainnya seperti magnesium dan serat dalam kacang juga tak kalah pentingnya untuk pertumbuhan anak-anak.

4. Telur dan Ayam

Telur dan ayam. (Special)
Protein merupakan nutrisi yang sangat berperan penting dalam pertumbuhan tinggj anak. Sehingga diharapkan dalam setiap harinya anak harus mengkonsumsi protein. Salah satunya adalah protein hewani. 
 
Protein hewani yang banyak dijumpai di sekitar adalah telur dan juga daging ayam. Kandungan protein yang tinggi dan juga vitamin D dalam telur mampu meningkatkan penyerapan kalsium. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Sedangkan dalam daging ayam kaya akan protein dan vitamin B12 yang sangat tinggi. Kandungan tersebut sangat penting untuk membantu pertumbuhan tinggi anak.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau (Special)

 

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung maupun brokoli memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan anak. Kandungan yang ada dalam sayuran hijau seperti vitamin C, kalsium, zat besi, mineral, magnesium dan kalium sangat diperlukan bagi tubuh anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu, kandungan vitamin K yang ada dalam sayuran hijau juga diyakini mampu menjaga kepadatan tulang dan mendukung pertumbuhan.

6. Buah Berry

Buah berry (Special)

 

Semua jenis buah berry seperti blueberry, strawberry, blackberry dan raspberry memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak. Buah berry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan sel dan juga perbaikan jaringan. Selain itu, kandungan vitamin serta mineral, seperti serat dan vitamin K mampu mendorong pertumbuhan tinggi anak.