5 Tanda yang Terjadi pada Tubuh Jika Kekurangan Zat Besi

Selasa, 12 Oktober 2021 | 05:15:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Tanda Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kekurangan Zat Besi

Foto: Shutterstock/Tatajana Baibakova

Ladiestory.id - Kekurangan zat besi dapat terjadi pada siapa saja. Sayang sekali, tidak banyak orang yang tahu apa saja tanda kekurangan zat besi. Padahal bila diabaikan, kekurangan zat besi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Zat besi adalah komponen utama hemoglobin pada sel darah merah, yang berguna mengikat oksigen guna diedarkan ke seluruh tubuh. Kekurangan asupan zat besi tidak hanya menjadikan tubuh lemas, namun juga lebih rentan terserang penyakit, sebab zat besi pun berperan dalam sistem imunitas tubuh.

Tanda Tubuh Kurang Zat Besi

Berikut beberapa tanda apabila tubuh kekurangan zat besi.

1. Lelah dan Sesak Napas

tanda kurang zat besi
Foto: Ladiestory.id

Lelah yang disebabkan karena kekurangan zat besi, berbeda dengan yang dirasakan ketika menjalani aktivitas berat. Lelah akibat kekurangan zat besi biasanya diikuti dengan gejala lain, semacam lemas, sulit berkonsentrasi, dan mudah marah.

Disisi lain, kekurangan zat besi pun bisa menghambat suplai oksigen ke seluruh tubuh, sehingga penderita bisa mengalami sesak napas. Keluhan ini bahkan dapat muncul walau hanya melakukan aktivitas ringan yang sudah biasa dilakukan.

2. Wajah Terlihat Pucat

Selain kelelahan, seseorang yang menderita kekurangan zat besi pun akan tampak lebih pucat. Hal ini sebab ketika kekurangan zat besi, tubuh akan memproduksi hemoglobin lebih sedikit dari umumnya. Dampaknya, rona merah di kulit akan berkurang sehingga kulit pun akhirnya tampak lebih pucat.

Guna mengetahui pucat atau tidaknya wajah kamu, cara termudah dalam mendeteksinya yaitu dengan melihat bagian kelopak mata bawah, pada area dalamnya. Bila warnanya tampak lebih pucat atau tidak secerah dan semerah biasanya, bisa jadi kamu kekurangan zat besi.

Bagian lain yang juga butuh untuk diperiksa yaitu bagian bibir atau gusi. Bila bibir dan gusi terlihat lebih pucat dari biasanya, maka kamu mungkin kekurangan zat besi. Guna memudahkan, kamu dapat membandingkannya dengan warna bibir serta gusi orang lain yang sehat.

3. Sering Mengalami Infeksi

tanda kurang zat besi
Foto: Ladiestory.id

Seseorang yang kekurangan zat besi lebih rentan terserang infeksi. Hal ini sebab zat besi menjadi bagian penting pada sistem imunitas maupun daya tahan tubuh, pun sebagai penyokong pembentukan sel darah putih yang berguna memerangi infeksi yang menyerang tubuh.

4. Lidah Bengkak

Berkurangnya suplai oksigen akibat kekurangan zat besi dalam tubuh bisa membuat otot-otot, termasuk lidah, menjadi bengkak dan terasa nyeri. Disisi lain, bagian sisi mulut pun akan terlihat pecah-pecah. Begitu pula warna lidah akan terlihat pucat, sebab warna lidah dipengaruhi oleh sel darah merah.

5. Rambut Rontok

tanda kurang zat besi
Foto: Ladiestory.id

Rambut rontok adalah salah satu tanda kekurangan zat besi, khususnya yang telah terjadi anemia. Kekurangan zat besi mengakibatkan folikel rambut tidak memperoleh oksigen yang memadai, sebab dalam kondisi ini, tubuh akan memfokuskan oksigen pada organ-organ vital yang diklaim lebih penting. Waspadalah bila rambut yang rontok lebih dari 100 helai per hari, terlebih bila tidak cepat tumbuh kembali.

6. Keinginan Konsumsi Asupan yang Tidak Umum

Tanda kekurangan zat besi selanjutnya yaitu menginginkan asupan yang tidak umum, semacam tanah liat, kapur, dan kertas. Tanda ini memang jarang terjadi tapi sangat berbahaya, sebab bisa menyebabkan keracunan maupun sumbatan pada saluran pencernaan.

Bila kamu mengalami tanda kekurangan zat besi, bergegaslah periksakan diri ke dokter. Dokter akan melaksanakan tes darah lengkap guna mengetahui kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah kamu, serta pemeriksaan lain guna mencari tahu penyebabnya. Dalam mengatasi kekurangan zat besi, dokter bisa memberikan suplemen zat besi sesuai keperluan.

Nah, itulah tanda tanda jika tubuh kamu kekurangan zat besi. Semoga bermanfaat.