5 Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur yang Harus Kamu Tahu

Rabu, 15 September 2021 | 09:13:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur yang Harus Kamu Tahu

Foto: Ladiestory.id

Kecil, mudah dibawa, enak, serta membuat kenyang, pisang merupakan konsumsi yang sempurna. Pisang merupakan buah yang kaya akan potasium, magnesium, vitamin C, vitamin B6, dan juga serat.

Satu buah pisang ukuran sedang memiliki kandungan 9 persen kebutuhan kalium harian, 33 persen kebutuhan vitamin B6, dan 8 persen kebutuhan magnesium.

Pisang pun bisa membantu menurunkan berat badan, mengurangi pembengkakan, serta meningkatkan produksi sel darah putih. Sebab pisang tinggi akan antioksidan, pisang bisa melindungi tubuh dari racun penyebab kanker.

Manfaat Konsumsi Pisang Sebelum Tidur

Namun tahukah kamu jika buah pisang juga mempunyai manfaat yang mengagumkan bila dikonsumsi sebelum tidur? Pisang memberikan sejumlah vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

Pisang dapat mengurangi stres dan kecemasan, meredakan kram otot, serta mengatur siklus tidur-bangun dengan serotonin dan melatonin.

Lalu, apa saja manfaat dari mengonsumsi pisang sebelum tidur?

1. Melancarkan sistem pencernaan

Foto: Ladiestory.id

Selain bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, konsumsi pisang sebelum tidur dapat menjadikan sistem pencernaan kian lancar dan membuat tubuh makin rileks.

Pisang mempunyai kandungan serat yang berfungsi guna memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Makanlah pisang dengan porsi yang sesuai pada malam hari sebelum tidur. hal tersebut akan membantu kamu dalam memperoleh pencernaan yang sehat di pagi hari.

2. Mengurangi Kram Otot

Manfaat makan pisang sebelum tidur yang selanjutnya yaitu dapat membantu mengurangi kram otot. Tingginya kadar potasium pada pisang bisa mengendurkan otot dan mengurangi kram di malam hari.

Kram otot bisa mengganggu istirahat dan menjadikan kamu sulit untuk tidur kembali. Kram otot kerap kali adalah akibat dari kadar kalium yang rendah dan biasanya umum terjadi pada wanita hamil.

Sebab kalium menyeimbangkan natrium dan elektrolit pada tubuh, hal itu busa mengurangi kemungkinan terjadinya kram otot pada malam hari. Mengonsumsi buah pisang bisa berperan sebagai relaksan otot dan dapat membantu kamu tertidur dengan cepat serta mencegah gangguan tidur.

3. Meningkatkan asupan nutrisi tubuh

Foto: Ladiestory.id

Mengonsumsi pisang pada malam hari dapat membantu menebus kekurangan asupan kalium.

Pisang juga dapat membantu mencukupi dosis harian magnesium yang berbentuk nutrisi penting untuk tubuh. Tiap harinya, kalium dan mineral sangatlah penting untuk tubuh sebab membantu menjaga masalah layaknya tekanan darah tinggi.

Kadang kadang, orang dewasa tidak dapat memenuhi kebutuhan kalium rata-rata per harinya, yakni dengan dosis sebanyak 4700 mg per hari.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Manfaat makan pisang sebelum tidur yang berikutnya yaitu dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Diet magnesium yang tinggi berhubungan dengan tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah.

Sebab pisang merupakan sumber magnesium yang baik, pisang bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks dan melepas stres sebelum tidur. Magnesium mempengaruhi hipotalamus, daerah otak yang mengontrol kelenjar adrenal serta hipofisis (kelenjar yang bertanggung jawab pada stres).

Buah pisang yang dimakan sebelum tidur pun bisa mengurangi gejala kecemasan ringan. Stres merupakan salah satu penyebab paling umum dari insomnia, jadi mengonsumsi pisang sebelum tidur mungkin merupakan apa yang kamu perlukan untuk tertidur dengan cepat.

5. Menciptakan sel yang baik untuk tubuh

Foto: Ladiestory.id

Konsumsi buah pisang sebelum tidur diyakini dapat membantu menciptakan sel yang baik bagi tubuh saat tengah terlelap. Kandungan vitamin B6 dalam pisang dapat membantu tubuh guna memproduksi sel yang baik layaknya insulin dan hemoglobin.

Meningkatnya produksi kedua sel tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh supaya tubuh tidak mudah terkena penyakit.

Setelah membaca artikel di atas, jangan ragu untuk mengonsumsi pisang sebelum tidur, ya! Tentunya dalam jumlah batasan yang wajar.

Berita Terkait