7 Manfaat Buah Alpukat Bagi Ibu Menyusui

Jumat, 5 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Buah Alpukat Bagi Ibu Menyusui

Ilustrasi Manfaat Alpukat Bagi Ibu Menyusui (pinterest)

Ladiestory.id - Kualitas akan ASI tentunya sangat penting bagi kebutuhan bayi. Maka dari itu, ibu menyusui pun harus memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk menunjang kualitas ASI, diantaranya dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran.

Berbicara tentang buah-buahan, tentunya alpukat dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi. Sehingga, seseorang ragu untuk mengonsumsinya. Namun, di balik itu semua itu, buah berwarna hijau ini memiliki banyak manfaat, khususnya bagi ibu menyusui. Berikut 7 manfaat diantaranya.

Atasi Sembelit

Atasi Sembelit (pinterest)

Memiliki tekstur yang lembut dan lunak, buah alpukat juga memiliki rasa manis dan sangat lezat untuk dikonsumsi secara langsung atau disajikan dengan kreatifitas ibu di rumah. Buah sehat ini juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi masalah sembelit, khusunya hal ini sering dialami oleh ibu yang telah melahirkan.

Kandungan serat dalam buah alpukat juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Terlebih, jika dikonsumsi secara teratur, hal ini juga sangat baik bagi kesehatan ibu, loh.

Seimbangkan Tekanan Darah

Menyeimbangkan Tekanan Darah (pinterest)

Saat melahirkan, ibu akan merasakan perubahan emosi. Maka dari itu, ibu menyusui pun kerap mengalami perubahan kenaikan tekanan darah. Buah alpukat juga mengandung 2 hingga 3 kali lipat kalium. Sehingga, hal ini dipercaya dapat membantu ibu menyusui untuk menyeimbangkan tekanan darah.

Tingkatkan ASI

Meningkatkan ASI (pinterest)

Jika ibu mengalamai masalah ASI, alangkah baiknya, ibu rutin mengonsumsi buah alpukat untuk membantu meningkatkan kualitas ASI. Kandungan nutrisi dalam buah alpukat dapat meningkatkan jumlah dan kualitas ASI. Sehingga, nutrisi bayi pun dapat terpenuhi dengan baik.

Bantu Daya Tahan Tubuh

Membantu Daya Tahan Tubuh (pinterest)

Buah alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan ini dipercaya dapat menangkal masuknya potagen ke dalam tubuh, sehingga dapat menjaga imunitas dan daya tahan tubuh bagi ibu menyusui.

Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan sumber vitamin C, B3, B6 dan B9 yang dapat meningkatkan energi tubuh serta melawan kelelahan. Vitamin C yang terkandung pada buah alpukat juga dapat membantu penyerapan zat besi.

Jaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit (pinterest)

Selain enak dikonsumsi, buah alpukat juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi kulit. Buah alpukat pun dapat dibuat sebagai masker karena dapat membantu kulit menjadi lebih awet muda dan sehat. Kandungan alpukat yang kaya akan vitamin C dan antioksidan juga dapat menyamarkan kerutan halus pada kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Cegah Radang Sendi

Mencegah Radang Sendi (pinterest)

Kandungan antioksida dalam buah alpukat juga dapat membantu mencegah terjadinya radang sendi. Untuk mencegahnya, ibu juga dapat mengolah alpukat sebagi jus agar dapat merasakan khasiat yang lebih baik.

Sehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung (pinterest)

Kandungan beta sitosterol dalam buah alpukat dapat membantu menyehatkan jantung. Tak hanya itu, kandungan sitosterol dalam buah alpukat juga dapat meringankan pembesaran prostat.

Mengonsumsi buah alpukat tentunya dapat membantu meningkatkan suasana hati atau mood ibu saat menyusui. Kandungan vitamin B pada buah alpukat membantu mengurangi rasa cemas bahkan depresi, sehingga buah alpukat yaang memiliki sifat anti depresan mampu mengontrol suasana hati.

Demikian 7 manfaat buah alpukat yang kaya akan sumber vitamin dan nutrisi serta baik dikonsumsi bagi ibu menyusui.

s