Catat! Ini 5 Cara Alami Turunkan Kadar Kolesterol

Kamis, 15 Februari 2024 | 19:03:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Catat! Ini 5 Cara Alami Turunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi Cek Kadar Kolesterol. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor yang bisa memicu tingginya risiko terjangkit berbagai penyakit, terutama penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung. Untuk itu, sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kadar kolesterol untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut.

Melansir Healthline, berikut ini cara alami menurunkan kadar kolesterol.

Jaga Berat Badan Ideal

Ilustrasi Menjaga Berat Badan. (Freepik.com)

 

Berat badan berlebih atau obesitas bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol. Menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal akan membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Secara keseluruhan, penurunan berat badan memiliki manfaat ganda terhadap kolesterol dengan menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat yang berbahaya dan meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang bermanfaat. 

Perimbangkanlah untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan pola makan padat nutrisi dan rencana pengelolaan berat badan berkelanjutan yang cocok untuk tubuh.

Hindari Rokok

Ilustrasi Perempuan Merokok. (Freepik.com)

 

Merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik. Hal ini mengakibatkan adanya penumpukan kolesterol di arteri dan menyebabkan gangguan pada jantung.

Selain itu, menghentikan kebiasaan merokok juga bisa membuat kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Kadar kolesterol baik dapat membantu membersihkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan mengembalikannya ke hati. Dengan begitu, kadar kolesterol di dalam tubuh akan kembali normal.

Rutin Olahraga

Ilustrasi Perempuan Olahraga. (Freepik.com)

 

Seperti diketahui, olahraga tentunya memiliki dampak yang baik bagi tubuh seseorang. Lebih dari itu, olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat  dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Cara menurunkan kolesterol jahat bisa dilakukan dengan berolahraga minimal 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu. Adapun jenis olahraga ringan yang direkomendasikan adalah berjalan kaki, berenang, atau bersepeda jarak dekat.

Kelola Stres

Ilustrasi Perempuan Stres. (Freepik.com)

 

Stres bisa jadi salah satu sumber dari segala penyakit, termasuk memengaruhi kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat memengaruhi kadar kolesterol.

Kedua hormon tersebut meningkatkan aliran darah menuju otak. Dampak baiknya, tubuh akan mendapatkan energi lebih besar karena kortisol dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang merupakan sumber energi. Namun, di sisi lain hal ini juga membuat produksi trigliserida semakin tinggi, akibatnya kadar kolesterol dalam tubuh ikut meningkat.

Perbanyak Asupan Serat

Ilustrasi Perempuan Makan Sayur. (Freepik.com)

 

Makanan yang kaya akan serat tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan pencernaan, tetapi juga menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol secara alami. Serat bermanfaat untuk mengikat lemak sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus.

Asupan serat dapat diperoleh dari sumber alami, seperti sayur, buah, gandum, dan kacang-kacangan.