Mudah Diterapkan, 7 Cara Aman Cegah Kolesterol Tinggi

Selasa, 18 Januari 2022 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mudah Diterapkan, 7 Cara Aman Cegah Kolesterol Tinggi

Ilustrasi orang sedang cek kolesterol. (Special)

Ladiestory.id - Lonjakan kolesterol bisa jadi hal yang menakutkan bagi seseorang yang rentan mengalaminya. Pasalnya, kolesterol yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai penyakit, seperti jantung, darah tinggi, diabetes dan penyakit serius lainnya. 

Kolesterol yang tinggi bisa disebabkan karena pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak sehat.  Karena itu perlu dilakukan upaya untuk mencegahnya, agar hidup lebih sehat.

Berikut Ladiestory.id merangkum tujuh cara aman cegah kolesterol tinggi.

1. Hindari Makanan yang Berlemak

Ilustrasi gorengan. (Special)

Makanan berlemak adalah salah satu yang dapat memicu kolesterol tinggi. Oleh sebab itu, bila Kamu tak ingin kolesterol meningkat, hindari goreng-gorengan.

Sebagai gantinya Kamu bisa pilih makanan yang rendah lemak seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, tahu, tempe dan kacang-kacangan. Tapi ingat jangan mengolahnya dengan digoreng, ya. 

2. Banyak Makan sayur dan Buah

Ilustrasi sayur dan buah. (Special)

Perbanyak makan sayur dan buah merupakan salah satu cara terbaik untuk cegah kolesterol. Sayur dan buah mengandung banyak serat yang bisa menurunkan dan mencegah kolesterol. Karena itu penting untuk menambahkan 500 gram buah dan sayur dalam menu harian.

3. Minum Air Perasan Jeruk Nipis

Ilustrasi air perasan jeruk nipis. (Special)

Cara aman cegah kolesterol selanjutnya adalah dengan rutin minum air perasan jeruk nipis yang kaya akan flavonoid. Flavonoid dapat berperan sebagai antioksidan yang kuat.

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, terutama molekul yang tidak stabil yang menghambat pembentukan sel sehat. Dengan minum air perasan jeruk nipis dicampur segelas air hangat pada pagi saat bangun tidur dan malam sebelum tidur, akan mencegah kolesterol naik.

4. Konsumsi Ekstrak Kulit Manggis

Ilusrasi kulit manggis. (Special)

Bukan hanya buahnya saja yang bisa Kamu makan, kulit manggis juga kaya manfaat buat kesehatan tubuh, salah satunya cegah kolesterol. Hal ini karena kulit manggis mengandung xanthone, yakni bahan aktif yang merupakan zat anti-kanker dan antioksidan. Kamu bisa konsumsi ekstrak kulit manggis yang banyak dijual dipasaran atau dengan membuat jus.

5. Kontrol Berat Badan

Ilustrasi sedang menimbang badan. (Special)

Mengontrol dan menjaga berat badan agar tetap ideal juga cara terbaik untuk cegah kolesterol tinggi. Orang yang memiliki berat badan berlebihan rentan mengalami kolesterol tinggi. Oleh sebab itu, terapkan diet sehat agar berat badan tetap stabil.

6 Hindari Rokok

Ilustrasi menolak rokok. (Special)

Rokok terbukti membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya melonjaknya kolesterol. Bila Kamu tak mau kolesterolmu tinggi, maka hindari merokok. 

Bukan hanya akan membuat kolesterol meningkat, rokok juga dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku. Akibatnya, Kamu jadi berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

7. Olahraga secara Teratur

Ilustrasi orang sedang olahraga lari. (Special)

Selain menjaga berat badan tetap ideal dan hindari rokok, olahraga secara teratur juga tak kalah pentingnya sebagai upaya untuk cegah kolesterol. Dengan berolahraga, tubuh akan terasa bugar dan membantu melawan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.