5 Cara Atasi Ambeien agar Tak Kambuh Lagi

Jumat, 12 Agustus 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Cara Atasi Ambeien Agar Tak Kambuh Lagi

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Ladiestory.id - Ambeien atau yang kerap disebut sebagai wasir, memang sering menjadi permasalahan kesehatan bagi banyak orang. Ambeien merupakan suatu kondisi pembengkakan pembuluh darah pada saluran anus.

Ambeien sendiri mempunyai dua jenis, yakni ambeien internal dan ambeien eksternal. Ambeien internal terjadi di rektum bawah, sementara ambeien eksternal terjadi di bawah kulit sekitar anus.

Penyakit ini sangat mengganggu, lantaran penderita akan merasakan kesakitan ketika duduk dan buang air besar. Namun, tak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ambeien atau wasir. Di antaranya, seperti lidah buaya, air hangat, minyak kelapa, es batu dan bawang putih. Tetapi, jika ambeien dalam kondisi yang parah memerlukan tindakan operasi.

Sejatinya penyakit ambeien bisa dicegah dengan beberapa cara agar tidak kambuh. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Konsumsi Makanan Berserat

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Salah satu cara untuk mengatasi ambeien agar tidak kambuh adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Pasalnya, salah satu penyebab ambeien adalah tinja yang mengeras.

Sementara diketahui, makanan berserat mampu melunakan tinja atau feses. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan berserat setiap hari.

Kamu bisa mendapatkan makanan berserat dari buah, sayur, hingga biji-bijian. Untuk lebih spesifiknya, kamu bisa mengonsumsi apel, anggur, pisang, wortel, brokoli, jagung, gandum, kacang hijau dan kacang polong.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Salah satu penyebab dari ambeien adalah cairan tubuh tidak terpenuhi. Seperti yang diketahui, untuk memenuhi cairan dalam tubuh, kita membutuhkan delapan gelas air putih. Jumlah ini setara dengan 1,5 hingga 2,5 liter. Jika cairan tubuh terpenuhi, maka akan berpengaruh pula untuk tinja. Pasalnya, hal ini akan membuat tinja menjadi lebih lunak.

Meskipun tubuh memerlukan cairah namun bukan berarti kamu bisa mengonsumsi minuman berasa. Justru bagi penderita ambeien dianjurkan untuk menghindari minuman berasa.

Sebaiknya kurangi untuk mengonsumsi minuman teh, kopi dan alkohol. Pasalnya, minuman tersebut memiliki sifat diuretik. Diketahui, minuman yang bersifat dierutik justru membuat dehidrasi. Sebab kandungan di dalamnya membuat tubuh kehilangan banyak cairan.

Jangan Mengejan Terlalu Keras

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Orang akan mengejan terlalu keras saat kesulitan buang air besar (BAB). Saat kondisi ini, maka seseorang akan menahan napas agar mampu mengejan lebih keras.

Namun, perlu diketahui jika kondisi ini akan membuat tekanan darah lebih besar menuju ke anus. Inilah yang nantinya akan membuat ambeien kumat. Oleh karena itu, jika tidak ingin ambeien kambuh, sebaiknya hindari buang air besar dengan mengejan terlalu keras.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Salah satu penyebab ambeien adalah duduk terlalu lama. Maka tak heran jika banyak penderita ambeien terjadi pada mereka yang sering lama duduk dalam kesehariannya.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena pekerjaan yang memang mengharuskan mereka duduk dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, bagi para pekerja yang sering duduk sebaiknya waspada akan penyakit ambeien. Lantaran tergolong lebih rentan terkena penyakit yang satu ini.

Namun, hal itu bisa diantisipasi dengan mengonsumsi makanan berserat dan banyak minum air putih setiap hari.

Olahraga

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Pada dasarnya gaya hidup yang seimbang mampu membuat hidup menjadi sehat. Termasuk olahraga, mampu mencegah penyakit ambeien.

Jika tidak punya waktu, setidaknya kamu bisa menyediakan 20-30 menit untuk olahraga jenis kardio. Atau pun kamu bisa melakukan olahraga ringan lainnya, seperti jalan cepat.

Jika olahraga tersebut dilakukan secara intens, maka akan mencegah penyakit ambeien. Pasalnya, dengan olahraga maka perut akan terangsang untuk mengeluarkan feses secara teratur.