Cegah Burnout, 5 Cara Atasi Stres karena Pekerjaan

Minggu, 17 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Cegah Burnout,  5 Cara Atasi Stres Karena Pekerjaan

Ilustrasi perempuan stres karena pekerjaan. (Special)

Ladiestory.id - Semua orang pasti pernah stres karena pekerjaan atau tempat kerja. Hal ini merupakan perasaan yang wajar dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Bahkan, stres di tempat kerja tetap bisa dialami oleh orang yang sangat mencintai pekerjaan tersebut. Stres kerja dapat disebabkan karena faktor eksternal maupun faktor internal.

Dilansir berbagai sumber, kebanyakan orang yang tidak mengetahui cara mengatasi stres kerja. Rupanya hal tersebut sangat berbahaya, sebab bisa berujung pada burnout. Hal ini bisa mengganggu kesehatan mental dan fisik secara signifikan.

Nah, agar tidak menyebabkan burnout dan memengaruhi kesehatan, yuk coba lima cara atasi stres akibat pekerjaan berikut.

Kenali Batas Kemampuan

Ilustrasi banyak pekerjaan. (Special)

Salah satu cara mengatasi stres akibat pekerjaan yakni dengan mengenali sampai mana batas kemampuan kita. Seberapa kita kuat dalam menanggung beban pekerjaan.

Inilah hal yang penting untuk mengurangi stres dalam pekerjaan. Pasalnya, jika kita mengetahui batas kemampuan diri sendiri, maka kita dapat memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan beban kerja. Selain itu, kita juga dapat terhindar dari rasa lelah berlebihan.

Sharing dengan Rekan Kerja

Ilustrasi berbincang dengan rekan kerja. (Special)

Memang tidak semua rekan kerja adalah teman, begitu pula sebaliknya. Namun, salah satu cara agar stres berkurang adalah dengan sharing pada rekan kerja. Buka obrolan dan sharing dengan rekan dapat menciptakan suasana kerja yang lebih positif.

Namun, pilihlah rekan kerja yang setidaknya dekat denganmu. Tujuannya, agar Kamu tidak salah orang untuk bercerita. Alih-alih memberikan solusi, siapa tahu dia orang yang bermuka dua. Sehingga dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Teman kerja yang dekat denganmu setidaknya bisa menjadi pendengar yang baik. Terlebih rekan kerja akan tahu bagaimana beban kerja dan stres melakukan pekerjaan yang sedang kalian jalani. Dengan mencurahkan isi hati, Kamu akan lebih rileks yang tenang.

Awali Hari dengan Senyum

Ilustrasi perempuan tersenyum. (Special)

Siapa yang pernah stres di pagi hari padahal belum mulai bekerja? Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan beberapa faktor, salah satunya berkutat dengan jalanan yang macet. Belum lagi bayangan setiba di kantor harus mengerjakan beban tanggung jawab yang berat.

Alih-alih membayangkan kerumitan pekerjaan, sebaiknya Kamu mulai hari dengan senyuman dan kegiatan yang positif, di antaranya mendengarkan musik favorit untuk membangun mood.

Kamu juga bisa menyusun perencanaan kerja yang tepat. Hal ini berguna agar semua tersusun dengan rapi dan selesai tepat waktu.

Jangan Malu Bertanya

Ilustrasi rekan kerja. (Special)

Salah satu peribahasa yang kerap didengar adalah "malu bertanya sesat di jalan". Hal ini juga berlaku di tempat kerja, namun ada sedikit perbedaan, yakni "malu bertanya stres kemudian".

Ya, salah satu penyebab stres terhadap pekerjaan adalah ketidaktahuan kita terhadap ekspektasi atasan. Jika kita memahami permintaan atasan, akan ada “benang merah” yang bisa membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Nah ,hal inilah yang bisa membantu kita untuk mengurangi stres di tempat kerja. Pasalnya kita tahu apa yang harus kita kerjakan di kantor.

Buat Tempat Kerja yang Nyaman

Ilustrasi tempat kerja. (Special)

Cara lain untuk menghilangkan stres di tempat kerja adalah menciptakan tempat kerja yang nyaman. Bahkan, slogan home sweet home juga bisa berlaku di tempat kerja Kamu, lho.

Banyak orang tidak terlalu peduli dengan tempat atau meja kerja. Padahal, pengelolaan tempat kerja bisa meminimalkan risiko stres yang muncul misalnya ketika pekerjaan sedang padat.