5 Cara Cegah Biang Keringat pada Anak

Rabu, 10 Agustus 2022 | 00:01:00

5 Cara Cegah Biang Keringat Pada Anak

ilustrasi anak. (Special)

Ladiestory.id - Biang keringat atau miliaria merupakan ruam pada kulit yang bentuknya kecil dan kemerahan. Ruam kulit ini terasa gatal serta menimbulkan sensasi menyengat atau perih di kulit. Biang keringat pada anak dipicu oleh beberapa hal seperti cuaca panas, aktivitas yang berlebihan dan penggunaan pakaian yang tidak menyerap keringat dan obat salep yang menutupi saluran keringat.

Biang keringat bukanlah masalah yang serius. Kondisi ini akan mereda dalam beberapa hari. Namun, sensasi gatal yang membuat anak merasa panas. Berikut cara mencegah biang keringat pada anak.

Pakai Pakaian yang Menyerap Keringat

Ilustrasi Pakaian Pada Anak. (Special)

Penyebab biang keringat yang perlu diwaspadai adalah kepanasan. Kepanasan berpotensi menyebabkan kondisi serius pada anak. Hal ini penting bagi orang tua untuk menggunakan pakaian anak yang mudah menyerap keringat.

Salah satu bahan yang menyerap keringat dengan baik adalah bahan katun. Selain itu, anak juga harus ganti pakaian minimal dua kali sehari untuk mencegah menumpuknya bakteri pada tubuhnya.

Hindari Aktivitas di Luar Ruangan

Ilustrasi Anak Bermain (Special)

Selain tidak menggunakan pakaian yang ketat dan tebal, penting untuk menghindari anak beraktivitas di luar ruangan. Karena panas dari terik matahari dapat menyebabkan biang keringat pada anak.

Iklim maupun cuaca yang gerah dan panas serta lembab menjadi pemicu utama biang keringat. Penyumbatan kelenjar keringat juga bisa terjadi karena kepanasan ini termasuk memakai pakaian terlalu tebal atau ketat.

Cegah Dehidrasi Tubuh

Ilustrasi Anak Minum Air Putih (Special)

Biang keringat disebabkan oleh penyumbatan pada kelenjar keringat. Iklim dan cuaca yang panas dapat memicu munculnya biang keringat. Oleh karena itu, penting untuk menghidrasi tubuh melalui asupan-asupan.

Seperti minum air putih dan air kelapa yang baik untuk tubuh yang mengalami dehidrasi. Karena air kelapa dibutuhkan untuk memasok elektrolit dan sedikit karbohidrat yang sangat penting untuk dehidrasi.

Mandi

Ilustrasi Anak Mandi (special)

Rutin mandi dapat meredakan biang keringat dan cegah biang keringat muncul lagi. Mandi air hangat dapat meredakan gatal yang terjadi akibat biang keringat. Selain itu, kamu bisa gunakan air dingin atau es untuk mengompres bengkak dengan rasa gatal dan panas akibat biang keringat.

Kamu bisa bungkus es batu dengan handuk kecil atau kain yang cukup tebal. Perlu perhatikan untuk tidak langsung mengaplikasikan es batu ke kulit, jadi kamu perlu pembungkus.

Pilih Sabun yang Tepat

Ilustrasi Anak Memakai Sabun (Ladiestory.id)

Selanjutnya, cara untuk cegah biang keringat saat musim panas seperti saat ini adalah dengan memilih sabun yang tepat dan aman. Sabun yang aman tanpa kandungan parfum baik untuk cegah biang keringat.

Selain itu, penting untuk memilih sabun yang membuat kulit tidak kering. Karena kulit yang kering rentan dengan penyakit biang keringat, dan penyebab ruam kulit melebar. Langkah untuk atasi kulit kering dengan berendam atau mandi agar tubuh terasa sejuk.

s