5 Cara Elegan Hindari Toxic People di Media Sosial

Selasa, 26 Juli 2022 | 16:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Cara Elegan Hindari Toxic People Di Media Sosial

Ilustrasi Hindari Toxic People di Medsos (pinterest)

Ladiestory.id - Mendapati komentar negatif tidak hanya di dunia nyata saja, namun juga di dunia maya khususnya media sosial. Banyak orang-orang yang dengan mudahnya memberikan sentilan pedas hingga penilaian baik tentang body shaming, bully-an bahkan sexual harrasment yang pastinya buat kamu risih dan tidak nyaman.

Nah, jika itu dibiarkan secara terus-menerus alhasil kamu pun akan selalu di buntuti oleh orang-orang yang buat kamu terpuruk dan tidak percaya diri. Walaupun kamu tidak mengenal orang-orang tersebut, alangkah lebih baik kamu menghindarinya dengan 5 cara ini.

Unfollow Akun yang Buatmu Risih

Unfollow Akun yang Membuat Risih (pinterest)

Tidak ada salahnya kok kalau kamu meng-unfollow akun yang dirasa sering berkomentar pedas atau tidak pantas. Demi keamanan hidupmu alangkah lebih baik kamu sudahi pertemanan dengan orang-orang yang membuat dirimu jadi enggak nyaman. kamu bisa meng-unfollow akun yang merusak suasanamu bahkan kesehatan mentalmu.

Walaupun terbilang sombong atau tidak dewasa, namun demi menjaga keamananmu dalam bersosial media itu penting banget, loh. Daripada dia meneror mu bahkan memberikan spam di platform media sosialmu, hal tersebut enggak ada salahnya kamu lakukan. Dengan begitu kamu pun hanya akan melihat unggahan dari circle pertemananmu saja. Jika masih ada hal-hal yang berbau negatif menghamiprimu, jangan segan untuk menghapus akun yang bisa membawa dampak negatif bagi dirimu. Jika perlu kamu bisa menggunakan aplikasi crowdfire ataupun cleaner for instagram untuk menyehatkan media sosial mu.

Blokir Jika Itu Sangat Menggangu

Blokir Jika Mengganggu (pinterest)

Sayangnya, tidak sedikit orang mengalami toxic people di media sosial. Untuk menghindari orang-orang negatif yang bersembunyi sebagai akun palsu di media sosial kamu bisa memblokir akun tersebut. Dengan begitu kamu pun enggak perlu terbawa emosi bahkan memberikan komentar negatif hanya untuk membela diri.

Hentikan Notifikasi di Media Sosial

Hentikan Notifikasi (pinterest)

Yup! Orang toxic sering kali tidak kenal batasan karena selalu mengutamakan diri sendiri. Itulah mengapa penting untuk membatasi interaksi atau hubungan dengan mereka. Jika banyak notifikasi yang bermunculan hanya memberikan kebencian dan komentar negatif, kamu bisa mematikan notifikasi kolom komentarmu.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan, cukup gunakan beberapa akun media sosial yang fokus untuk kamu ikuti saja. Entah itu untuk bekerja, mencari informasi terkini ataupun yang bisa membuat susasana hatimu menjadi jauh lebih baik.

Jangan Balas Komentar Berbau Negatif

Jangan Balas Komentar Negatif (pinterest)

Toxic people kerap kali menceritakan masalahnya dan berusaha menyeret orang lain kedalamnya. Nah, jika hal ini terjadi padamu, jangan sesekali membalas komentar berbau negatif tersebut.

Selain melanggar aturan bersosial media, kamu pun akan ikut terbawa masalah. Cara melepaskan diri dari hal seperti ini juga kamu tidak perlu bertanya atau penasaran hingga mencari tahu apa masalahnya. Daripada memperkeruh keadaan lebih baik kamu menghindari hal tersebut ya, Ladies!

Rehat dari Media Sosial

Rehat dari Medsos (pinterest)

Cara ampuh yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah rehat dari media sosial untuk sesaat sesuai dengan waktu yang kamu butuhkan. Hal ini bertujuan untuk memulihkan dirimu dari komentar-komentar jahat yang membuat dirimu sakit hati.

Orang-orang toxic cenderung iri dan tidak suka melihat orang lain bahagia. Sehingga mereka sering mengeluarkan pendapat atau kata-kata yang kasar dan menyakitkan. Ingat, kamu hidup di dunia nyata, tanpa harus update di media sosial bukan akhir dari segalanya, loh.

Kamu pun masih bisa melakukan beragam aktivitas di dunia nyata. Tanpa harus memberitahukannya kepada semua orang di media sosial hanya untuk mendapatkan like, viewers, maupun menaikkan jumlah followers mu.

 

s