5 Tanda yang Tanpa Disadari sebagai Self Harm, Waspadai!

Selasa, 7 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tanda Yang Tanpa Disadari Sebagai Self Harm, Waspadai!

Ilustrasi catastrophizing. (Special)

Ladiestory.id - Ladiesself harm tak selamanya tentang soal fisik, lho. Diketahui jika self harm sendiri merupakan tindakan atau dorongan untuk menyakiti diri sendiri.

Namun, ada beberapa tanda maupun kebiasaan yang dilakukan seseorang termasuk kedalam self harm yang dapat merugikan dirinya sendiri bahkan bisa merusak mental. Nah, berikut ini lima tanda yang tanpa disadari sebagai self harm yang perlu kamu ketahui.

Sering Menyendiri

Ilustrasi kelelahan secara mental. (Special)

Ada yang merasa bahagia ketika dirinya merasa sendiri. Cara ini ia lakukan agar bisa merasakan ketenangan dan rasa damai dalam hidup. Namun, tanpa kamu sadari, jika kamu sering menghabiskan waktumu sendiri maka dapat membahayakan dirimu, lho.

Kurangnya bersosialiasi dengan lingkungan sekitar akan berakibat buruk pada mentalmu bahkan kamu bisa mengalami depresi. Walaupun kamu mengklaim dirimu sebagai seorang introvert, namun tetaplah untuk bersosialiasi dan tidak mengisolasi dirimu, Ladies.

Tetaplah melakukan interaksi dan berkomunikasi dengan orang dilingkunganmu agar kamu menjadi pribadi yang menyenangkan dan terhindar dari penilaian buruk orang lain.

Perilaku Boros

shopping

Ladies, jika kamu sering merasa stres dan mengalihkannya dengan menghambur-hamburkan uang untuk membeli kebutuhan yang tidak penting, ini juga menjadi salah satu bentuk self harm, lho. Hal ini mungkin dapat membuat dirimu merasa senang dan puas sesaat, akan tetapi kebiasaan ini dapat membahayakan dirimu.

Perilaku boros hanya akan membuat keuanganmu menjadi terkuras dan tanpa kamu sadari kamu akan menjadi pribadi yang hedon dan overspending. Nah, sebaiknya kamu dapat mengurangi kebiasaan buruk ini, Ladies.

Mementingkan Orang Lain Daripada Diri Sendiri

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Special)

Ladies, tentu kamu akan merasa bahagia apabila melihat orang lain bahagia. Apalagi kamu akan berusaha membantu orang yang merasa kesusahan demi melihatnya terbebas dari rasa terpuruk dan membuatnya merasa bahagia.

Cara baik yang kamu lakukan ini sebenarnya tidak salah, namun akan berdampak buruk apabila kebaikanmu terus-menerus dimanfaatkan oleh orang lain. Tanpa kamu sadari ,mereka akan memanfaatkan kebaikanmu bahkan kamu akan kurang memperhatikan kebahagian akan dirimu sendiri.

Apabila kamu sedang dalam kesusahan justru mereka yang akan meninggalkanmu. Nah, sebaiknya kamu dapat memilah-milah hal ini dan lebih berhati-hati. Cobalah untuk mementingkan kebahagiaanmu terlebih dahulu sebelum membahagiakan dan menyenangkan orang lain.

Berteman dengan Toxic People

Ilustrasi toxic people. (Special)

Mengetahui adanya tanda-tanda pertemanan toxic di dalam kehidupanmu, alangkah lebih baik kamu dapat segera menghindarinya, Ladies. Jika kamu tidak ingin hidupmu merasa dirugikan maka kamu dapat segera menjauh dari lingkup pertemanan toxic. Hal ini sama saja akan menyakiti dan merugikan dirimu sendiri, lho.

Membiarkan Emosi dan Stres

Ilustrasi perempuan marah. (Special)

Ladies, apabila kamu sering membiarkan rasa emosi dan stres bersarang dalam pikiran dan hatimu, maka lama-kelamaan hal ini akan merusak kesehatan mentalmu. Bahkan, kebiasaan ini tanpa kamu sadari akan menjadi self harm apabila kamu terus-terusan merasa bersedih.

Hal ini tentu akan menyiksa dirimu sendiri, untuk mensiasatinya kamu harus keluar dalam perasaan terpurukmu dan mengalihkannya dengan melakukan kegiatan positif.

Seperti pergi berlibur bersama sahabat ketempat yang membuat hati dan pikiranmu lebih fresh, melakukan hobi, melakukan kegiatan yang bermanfaat hingga bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang sekitar yang bisa mengembalikan suasana mood mu menjadi lebih baik.

Nah, Ladies itulah ke lima tanda sesorang melakukan self harm tanpa disadari. Jika tanda-tanda tersebut juga sedang kamu alami dan kamu lakukan sebaiknya kamu dapat mengehintkan kebiasaan buruk tersebut secara perlahan, Ladies. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.