5 Cara Manajemen Waktu Saat Bekerja Agar Lebih Efektif

Jumat, 19 Agustus 2022 | 17:00:00

5 Cara Manajemen Waktu Saat Bekerja Agar Lebih Efektif

Ilustrasi wanita bekerja dengan efektif (Special)

Ladiestory.id - Saat bekerja, kamu sering menghadapi tugas-tugas yang banyak dan sering kali membuat stres. Atau padatnya waktu bekerja dan tugas yang banyak membuat kamu menjadi tidak efektif. Padahal jika kamu dapat mengatur waktu dengan baik, maka banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Berikut 5 cara efektif untuk manajemen waktu bekerja.

Utamakan Prioritas

ilustrasi bekerja. (Special)

Menentukan pekerjaan yang prioritas menjadi salah satu cara untuk manajemen waktu agar lebih efektif. Kamu bisa memilah pekerjaan untuk tentukan urgensi atau pekerjaan yang semestinya harus kamu dahulukan.

Menurut Kamus Oxford, prioritas yakni keadaan saat seseorang atau sesuatu diperlakukan lebih penting daripada lainnya. Meskipun semua pekerjaan sangat penting, kamu bisa menulis detail pekerjaan pada catatanmu agar dapat melihat pekerjaan yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Buat Perencanaan

Ilustrasi membuat to do list. (Special)

Cara lain untuk bekerja dengan waktu yang efektif adalah dengan buat To do List atau perencanaan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan saat bekerja. Selain itu, hal lain yang penting saat bekerja juga dapat terealisasikan.

Selain itu, pekerjaan yang dilakukan dengan perencanaan akan membuahkan hasil yang diharapkan perusahaan. Rencana pekerjaan akan lebih teratur dan efisien.

Fokus

Ilustrasi bekerja. (Special)

Fokus saat bekerja artinya kamu harus berkonsetrasi terhadap tugas-tugas yang sedang dikerjakan. Dengan fokus bekerja, pekerjaan akan lebih cepat selesai. Banyak hal yang mengganggu konsentrasi, salah satunya bermain handphone atau berkomunikasi terlalu lama dengan kerabat atau teman kantor.

Cara yang dapat dilakukan agar lebih fokus atau konsentrasi saat bekerja seperti kurangi begadang di malam hari, mengonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup. Selain itu, kamu bisa sambil mendengarkan musik.

Menurut University Health News, saraf otak menjadi lebih efektif saat kamu mendengarkan musik. Karena sinyal listrik yang bersamaan akan membuat kedua sisi otak dapat terhubung. Sehingga kamu dapat lebih konsentrasi saat bekerja.

Disiplin Waktu

Ilustrasi manajemen waktu. (Special)

Disiplin waktu sangat penting agar dapat menunjukkan kinerja yang baik bagi perusahaan. Saat terus melakukan disiplin waktu, pekerjaan akan lebih efektif waktunya dan terealisasikan dengan baik. Sehingga, saat pekerjaan cepat selesai kamu bisa manfaatkan waktu untuk beristirahat yang cukup.

Atur Deadline

Iustrasi kerja (Special)

Saat bekerja biasanya kamu mendapat deadline dari atasan untuk jangka waktu dalam menyelesaikan proyek atau tugas yang diberikan. Manfaat deadline juga membuat kamu menjadi lebih produktif dan bersemangat.

Kamu bisa atur deadline tugas untuk memastikan tugas yang prioritas atau mendekati deadline. Pekerjaan akan menjadi prioritas utama dan tentunya akan membuat waktu bekerjamu menjadi lebih efektif.

Itulah 5 cara manajemen waktu yang efektif saat bekerja. Dengan manajemen waktu yang baik, pekerjaan akan cepat selesai dan tidak membuang-buang waktu. Waktu luang dapat kamu gunakan untuk istirahat yang cukup agar lebih berkonsetrasi lagi saat bekerja.