Punya Manfaat bagi Kesehatan, Ini 4 Cara Menangis dengan Sehat

Sabtu, 13 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Ini 4 Cara Menangis Dengan Sehat

Foto: IDN Times

Ladiestory.id - Menangis merupakan hasil ungkapan perasaan seseorang saat merasa sedih, terharu, atau bahagia. Di balik tetesan air mata yang mengalir, ternyata ada manfaat menangis yang bisa didapatkan.

Seseorang yang menangis kerap dinilai sebagai sosok yang cengeng dan lemah. Pria merupakan kalangan yang sering mendapat cap tersebut saat menangis. Sementara, wanita lebih dianggap wajar saat mengungkapkan perasaan dengan menangis.

Manfaat Menangis untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tidak perlu memikirkan soal mata bengkak setelah menangis. Selain sebagai cara mengungkapkan perasaan, sebenarnya ada beberapa manfaat menangis yang bisa dirasakan, di antaranya:

1. Mengurangi Stres

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa menangis juga bisa merangsang produksi hormon endorfin, yaitu hormon yang dapat membuat kamu merasa lebih baik, mengurangi rasa sakit, dan meredakan stres.

2. Meningkatkan Mood

Perubahan suasana hati dapat terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya adalah akibat akumulasi kadar mangan dalam tubuh. Namun saat kamu menangis, kelebihan mangan ini akan ikut keluar dari tubuh bersamaan dengan tetesan air mata kamu. Hasilnya, suasana hati (mood) kamu pun akan menjadi lebih baik selepas menangis.

Foto: Hello Sehat

3. Melegakan Perasaan

Banyak orang yang mengakui merasa lebih baik setelah menangis. Apalagi bagi mereka yang sedang frustrasi, berkabung, dan mengalami hari yang buruk.

4. Membunuh Bakteri

Menangis nyatanya juga bisa menjadi cara yang baik untuk membersihkan mata dari kotoran. Selain itu, air mata juga mengandung lysozyme yang dapat membunuh 90-95 persen bakteri hanya dalam beberapa menit.

Cara Menangis dengan Sehat

Para peneliti menemukan bahwa untuk membuat cara menangis dengan sehat yang memiliki dampak bagi kesehatan emosional, dibutuhkan kondisi tertentu. Yuk ketahui bagaimana cara menangis yang sehat.

Foto: BBC

1. Memiliki Tempat untuk Keluh Kesah

Kamu harus memiliki orang untuk bersandar dan berkeluh kesah. Orang yang mendapatkan dukungan saat menangis dilaporkan memiliki pembersihan emosi yang lebih baik ketimbang mereka yang menangis sendiri.

Cobalah cari teman atau orang terkasih yang bisa berempati terhadap masalah yang kamu alami. Sehingga itulah cara menangis yang sehat

2. Temukan Solusi Setelah Menangis

Setelah menangis, alangkah lebih baik jika kamu berhasil menemukan solusi dari permasalahannya. Kita akan merasa lebih baik ketika kita menangisi sebuah masalah yang sudah ada solusinya.

Jika kamu menangis sebelum menghadapi situasi yang membuat kamu ingin menangis, kamu cenderung sulit meraih hasil dari menangis itu atau malah membuat diri merasa lebih parah.

Foto: IDN Times

3. Menangis di Tempat yang Tepat

Cara menangis yang sehat selanjutnya adalah kamu perlu memastikan bahwa menangis di tempat yang tepat. Mereka yang merasa malu saat menangis, berdasarkan laporan, tidak merasakan kebersihan emosi ataupun peningkatan mood.

Jika kamu merasa malu menangis di tempat umum atau di depan beberapa orang, sebaiknya kamu tahan tangis itu, pergi ke tempat yang lebih aman, misalnya, toilet.

4. Kelegaan Setelah Menangis

Tangisan juga tak akan memberikan kelegaan jika kamu memiliki masalah kejiwaan, seperti depresi atau kekhawatiran yang berlebihan.

Jika kamu menemukan bahwa kamu merasa lebih parah seusai menangis, sebaiknya temui dokter atau terapis untuk melihat apakah kamu memang memiliki masalah psikis.

Inilah manfaat dan cara menangis yang sehat. Namun sebaiknya, jangan menangis secara berkepanjangan, ya, agar tidak terus terlarut dalam kesedihan.