Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Senin, 11 April 2022 | 12:15:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Ilustrasi. (Special)

Ladiestory.id - Saat berpuasa, terkadang kita mengeluhkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Bahkan tak jarang keringnya bibir membuat lapisan terluarnya berdarah.

Penyebabnya, kita tidak bisa meminum air selama kurang lebih 12 jam sehingga bibir menjadi rentan dan sensitif. Hal itu juga disebabkan karena kulit bibir yang sangat rentan. Tidak seperti area kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Selain itu, kulit di bibir kita 15 kali lebih tipis dari kulit lain yang ada di tubuh, sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra. Terutama selama bulan suci Ramadan, ketika tingkat hidrasi berada di titik terendah. Untuk itu, memang sudah seharusnya menjaga kelembapan bibir agar tetap sehat selama berpuasa.

Kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa. Yuk, intip beberapa tips untuk mengatasi bibir yang kering saat sedang berpuasa.

1. Minum Air yang Cukup saat Sahur dan Berbuka

Ilustrasi minum air putih. (Special)

 Cara terbaik untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah dan kering adalah dengan meningkatkan asupan air yang kamu minum selama berbuka puasa dan sahur. Ini sangat penting karena kunci utama bibir lembap dan terhindar dari pecah-pecah adalah meminum air yang cukup.

Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuat kamu tetap terhidrasi sekaligus memastikan  puasamu tetap lancar. Air juga menjadi rahasia khusus untuk bibir yang sehat, maka pastikan untuk minum air yang cukup saat sahur dan setelah berbuka. Selain air putih, kamu juga bisa mendapat asupan cairan dari sup atau sayur berkuah yang kamu konsumsi.

2. Jangan Menjilat dan Mengelupas Bibir

Bibir yang kering dan pecah-pecah memang terkadang membuat kita jadi geregetan untuk menjilat dan mengelupasnya. Terkadang kita malah melakukannya secara alamiah karena tekstur kasar yang terasa pada mulut membuat tidak nyaman. Namun, hal ini sebaiknya kita hindari agar kulit lapisan atas bibir tidak terluka.

Berpuasa memang umumnya membuat bibir kita menjadi kering sehingga kita jadi sering menjilati bibir agar terasa lebih lembap. Namun ternyata, air liur mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, sehingga menjilati bibir secara terus-menerus akan menghilangkan minyak alami yang ada di kulit bibir. Maka dari itu, kamu bisa mengganti kebiasaan itu dengan menggunakan lip balm untuk menutrisi dan menenangkan.

3. Gunakan Lip Scrub

Cara ampuh lain untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa adalah dengan mengeksfoliasi bibir menggunakan lip scrub. Dengan melakukan eksfoliasi, kamu bisa membuat bibir lebih lembut dan terhidrasi tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Saat menggunakan lip scrub, gosoklah bibir dengan lembut dan perlahan-lahan agar tidak menimbulkan luka.

Kamu dapat membuat lip scrub sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti madu, minyak kelapa, dan gula. Carilah perbandingan yang tepat untuk masing-masing bahan, setelah itu kamu dapat menggosokkannya dengan lembut ke bibir. Mudah dan praktis, bukan? Kamu jadi bisa menghemat pengeluaran dengan membuat lip scrub sendiri.

4. Kurangi Kafein Saat Sahur dan Berbuka

Ilustrasi kopi mengandung kafein. (Special)

 

Kopi menjadi minuman yang wajib untuk dikonsumsi untuk sebagian orang. Dengan meminumnya, orang bisa menjadi lebih terbebas dari rasa kantuk. Namun, hal ini perlu dikurangi untuk kamu yang menginginkan bibir yang bebas dari kering dan pecah-pecah. Sebabnya, mengonsumsi kafein ternyata bisa mengakibatkan kelembapan kulitmu berkurang.

Selain mengurangi kafein, kamu bisa menggantinya dengan meminum air putih yang jauh lebih sehat baik untuk bibir maupun tubuhmu. Kamu memang tetap dapat mengonsumsi kopi, tapi lebih baik untuk mengurangi dosisnya.

5. Gunakan Humidifier

Panas yang terik dan udara kamar yang kering juga bisa menyebabkan efek pecah-pecah pada bibir karena berkurangnya kelembapan. Untuk mengatasi masalah ini, menggunakan humidifier adalah solusinya. Kamu bisa menaruhnya di dalam ruangan yang biasa kamu jadikan tempat beraktivitas sehingga ruangan akan terasa lebih lembap dan bibirmu akan terhindar dari kering dan pecah-pecah.

6. Gunakan Lip Mask

Salah satu solusi untuk menghindari bibir dari kering adalah dengan menggunakan lip mask atau masker bibir. Fungsi lip mask dan lip balm sebenarnya sama-sama untuk melembapkan. Akan tetapi, lip mask memiliki efek menghidrasi bibir yang lebih kuat dibandingkan dengan lip balm sehingga cocok digunakan untuk kamu yang menjalani puasa.

Mirip dengan masker mata, masker bibir mudah untuk digunakan dan dikemas dengan bahan pelembab seperti asam hialuronat, shea butter dan vitamin E yang tentunya bagus untuk bibir. Untuk menggunakannya, kamu dapat meletakkan lembaran lip mask pada bibir dan mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, kamu dapat melepasnya dan mendiamkannya sebentar agar serum yang sudah menempel pada bibirmu menyerap dengan maksimal.

7. Perbanyak Makan Buah yang Mengandung Air

Ilustrasi buah semangka. (Special)

Saat berpuasa, kita akan kehilangan cairan di dalam tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan hilangnya kelembapan yang ada pada bibir. Untuk itu, kita perlu mengganti asupan air saat sahur maupun setelah berbuka. Untuk mengganti cairan di dalam tubuh, kamu juga dapat memakan buah yang banyak mengandung air seperti semangka.

Manfaat mengonsumsi buah sebenarnya mirip seperti meminum air putih, yang juga dapat mengembalikan kelembapan dan cairan di dalam tubuh. Selain itu, buah seperti alpukat dan stroberi juga memiliki banyak manfaat untuk mencerahkan bibir dan mengangkat sel kulit mati. Itu sebabnya, memakan buah saat berpuasa sangat penting untuk menghindari kerusakan bibir.

Meskipun berpuasa sering menyebabkan bibir menjadi lebih kering dari biasanya, kamu dapat mengatasinya dengan mengikuti tips di atas. Jadi, kamu tidak perlu takut lagi akan bibir yang kering dan pecah-pecah selama bulan Ramadan! Semoga bermanfaat.