Tak Hanya Manusia, Hewan Peliharaan Bisa Alami Depresi? Begini Cara Mengatasinya

Jumat, 8 Juli 2022 | 14:32:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tak Hanya Manusia, Hewan Peliharaan Bisa Alami Depresi? Begini Cara Mengatasinya

Hewan Alami Depresi (Foto: pinterest.com)

Ladiestory.id - Ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami depresi, hewan peliharaan di rumahmu pun juga bisa alami depresi. Walaupun hewan peliharaan tidak menunjukan keanehan-keanehan yang signifikan dari biasanya, namun nyatanya kamu juga harus tetap take care dan enggak boleh dianggap sepele begitu saja loh. Maka dari itu, kamu bisa cari tahu dengan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

Konsultasikan ke Dokter Hewan

Konsultasi ke Dokter Hewan (pinterest.com)

 

Hewan peliharaan layaknya juga keluarga sendiri, rutin konsultasi ke dokter hewan membuatmu memahami permasalahan kesehatan yang hewan peliharaanmu alami. Jangan mengabaikan kondisi hewan kesayanganmu begitu saja, hal ini justru akan berdampak pada kelangsungan hidupnya.

Jika kamu memiliki perasaan yang kuat bahwa hewan peliharaan kesayanganmu mengalami siklus perubahan yang berbeda dari biasanya, sebaiknya kamu bisa konsultasikan hal tersebut pada dokter hewan terpercaya untuk mengetahui kesehatannya. Jangan hanya menduga-duga bahwa hewan peliharaanmu baik-baik saja, dengan rutin berkonsultasi ke dokter hewan kamu pun bisa mengambil tindakan berupa perawatan atau terapis terhadap hewan peliharaan kesayanganmu.

Berikan Perhatian Ekstra

Berikan Perhatian Ekstra (pinterest.com)

 

Tak hanya manusia, hewan peliharaan pun ingin dimengerti. Walaupun hewan peliharaan tidak bisa berkomunikasi layaknya manusia, namun mereka kerap kali menunjukan rasa cinta kasih dan perhatian terhadap pemiliknya. Tak jarang tanpa kamu sadari hewan peliharaan juga bisa melebihi rasa cintanya kepada dirimu loh!

Hewan peliharaan yang dirawat sejak kecil pasti juga merasakan kontak batin dan bisa memahami keperibadianmu, merekapun menganggap jika dirimu adalah bagian dari hidupnya. Kurangnya perhatian juga dapat mempengaruhi hewan peliharaan mengalami depresi. Maka dari itu, luangkan sedikit waktu untuk hewan peliharaanmu. Buatlah jadwal bermain, berjalan-jalan, dan peluk mereka dengan hangat. Dengan begitu mereka akan merasa aman dan nyaman karena menemukan tempat terbaik untuk tinggal dan tumbuh dengan baik.

Cari Tahu Kesukaannya

Cari Tahu Kesukaannya (pinterest.com)

 

Depresi yang dialami oleh hewan peliharaan juga bisa dikarenakan hilangnya perubahan mood atau ketertarikannya pada sesuatu. Sama halnya seperti manusia memiliki rasa bosan ketika melakukan kegiatan yang berulang-ulang. Begitu sebaliknya yang dialami oleh hewan peliharaan, maka cara yang dapat kamu lakukan ialah dengan mencari tahu hal baru yang menjadi kesukaannya atau mengubah suasana mood nya menjadi lebih baik. Kamu bisa mengubah makanannya atau memberikan hadiah baru untuknya bermain.

Hadirkan Suasana Baru

Hadirkan Suasana Baru (pinterest.com)

 

Hewan peliharaan yang kurang terstimulasi dengan baik kerap merasa bosan dan depresi, maka dari itu cobalah untuk hadirkan suasana baru didekatnya. Jika kamu hanya memiliki satu hewan peliharaan di rumah, maka tidak ada salahnya jika kamu menambah hewan peliharaan baru untuk menemani hari-harinya agar suasana begitu berbeda.

Ajak Beraktifitas

Hewan peliharaan yang kerap ditinggalkan sendiri di rumah justru mudah mengalami depresi dan kesepian. Coba ajak hewan peliharaan ikut beraktifitas, misalnya mengajaknya ikut jogging mengitari taman, ikutkan ke pelatihan hewan untuk meningkatkan kecerdasan dan sensoriknya, atau mengajarkan trik baru agar ia terus aktif dan meningkatkan rasa ingin tahunya.

Ajak Beraktifitas (pinterest.com)

 

Pertimbangkan Obat Anti Depresi

Pertimbangkan Obat Anti Depresi (pinterest.com)

 

Mengatasi hewan peliharaan yang mengalami depresi tidak harus semata-mata langsung diberikan tindakan medis dan konsultasi khusus untuk memulihkan kondisinya. Coba pertimbangkan kembali penggunaan obat anti depresi terhadap hewan peliharaan jika kondisinya tak kunjung membaik. Cobalah pengobatan alami yang aman bagi sistem kekebalan tubuh hewan peliharaan serta tidak memiliki potensi lebih tinggi. Hal yang paling utama ialah cintai mereka dengan tulus dan jangan sakiti mereka.