Wajib Tahu! Ini Cara Atasi Nyeri Haid yang Berlebihan

Minggu, 19 Desember 2021 | 13:00:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Wajib Tahu! Ini Cara Atasi Nyeri Haid Yang Berlebihan

Ilustrasi perempuan mengalami nyeri haid. (Special)

Ladiestory.id - Nyeri haid yang banyak dialami wanita di awal siklus menstruasi ditandai dengan rasa tidak nyaman di area perut dan punggung bagian bawah. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan 

Nyeri haid terjadi karena adanya kontraksi pada otot rahim sehingga lapisan darah pun keluar dari rahim dan dimulailah siklus menstruasi. Nyeri haid yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga berat bahkan berlebihan. Untuk mengatasinya, yuk terapkan cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan berikut ini!

Meletakkan Botol Air Panas Atau Heating Pad di Perut

Ilustrasi meletakkan penghangat di perut untuk atasi nyeri haid. (Ladiestory.id)

Meletakkan botol air panas atau heating pad dapat membuat otot rahim menjadi lebih rileks sehingga meredakan kram dan nyeri. Heating pad ini juga bisa diletakkan di bagian belakang punggung bagian bawah untuk meredakan nyeri punggung bagian bawah.

Melakukan Olahraga Ringan

Cara selanjutnya untuk meredakan nyeri haid berlebihan adalah dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan juga dapat melancarkan peredaran darah dan merilekskan otot. Alternatif olahraga ringan yang bisa Kamu lakukan, antara lain yoga dan peregangan.

Berbaring Sejenak

Jika Kamu merasa lemas dan tidak punya tenaga untuk beraktivitas saat haid hari pertama, cobalah untuk berbaring sejenak dan beristirahat. Gunakan beberapa bantal dan kompres yang bisa membuatmu nyaman.

Mengonsumsi Zat besi dan Magnesium

Ilustrasi makanan yang mengandung zat besi. (avogel.co.uk)

Zat besi berperan penting untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Ketika sedang haid, banyak darah yang keluar sehingga tubuh rentan mengalami anemia atau kurang darah. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, dan ubi merah untuk mencukupi kebutuhan zat besi. Sedangkan magnesium dapat meredakan nyeri otot. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti ikan kembung, yoghurt, dan buah alpukat.

Terapkan Diet Bergizi Seimbang

Mengonsumsi diet yang bergizi seimbang bermanfaat untuk meredakan nyeri haid dan dapat membuat tubuh sehat dalam jangka panjang. Pastikan dietmu mengandung zat gizi, seperti kalsium, magnesium, vitamin, mineral, protein, serat, lemak baik, dan karbohidrat.

Memperbanyak Asupan Cairan

Ilustrasi minum air putih. (Ladiestory.id)

Konsumsi cairan yang cukup dapat meredakan rasa kembung yang dapat memperparah rasa nyeri haid. Air hangat dapat meredakan otot yang nyeri dan membuat lebih nyaman. Asupan cairan tak hanya didapat dari air tapi juga didapat dari buah-buahan kaya air, misalnya semangka dan apel.

Menghindari Makanan Tertentu Selama Siklus Haid Berlangsung

Selama siklus haid berlangsung, kurangi konsumsi makanan dan minuman seperti alkohol, makanan berlemak, kafein, dan makanan asin. Mengurangi makanan-makanan tersebut dapat mengatasi nyeri haid dan menghindari retensi air.

Pijat Dengan Essential Oil

Memijat area perut yang nyeri dengan essential oil mampu mengurangi rasa nyeri. Essential oil yang bisa Kamu Pakai untuk memijat perut, misalnya lavender atau clary sage.