8 Cara Menghilangkan Gelisah Tanpa Sebab

Minggu, 26 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

8 Cara Menghilangkan Gelisah Tanpa Sebab

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pernahkah kamu sedang terdiam dan merenung, tanpa kamu sadari tiba-tiba keringat mengucur deras di tubuhmu tanpa penyebab jelas? Selain itu, napasmu menjadi pendek-pendek dan detak jantung menjadi semakin tak beraturan. Hal ini bisa menandakan kamu sedang mengalami gelisah.

Gelisah adalah suatu kondisi yang menggambarkan ketidakmampuan tubuh dan pikiran untuk beristirahat, rileks, atau berkonsentrasi. Rasa gelisah dapat muncul dengan atau tanpa sebab. Kegelisahan yang bersifat ekstrem disebut dengan agitasi.

Gelisah tanpa sebab merupakan hal yang sah-sah saja dialami oleh semua orang. Namun, jika kondisi ini sering terjadi, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

Cara Menghilangkan Gelisah Tanpa Sebab

Pada kondisi tertentu, rasa gelisah dapat datang secara tiba-tiba atau berpola. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa menit, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Nyeri, stres, dan demam dapat meningkatkan rasa gelisah.

Oleh karena itu, sebelum rasa gelisah tanpa sebab ini semakin menjadi parah kamu harus melakukan sesuatu. Kamu dapat mempraktikan 8 cara menghilangkan gelisah tanpa sebab berikut.

1. Menghilangkan beban yang ada di pikiran

Foto: Ladiestory.id

Ketika gelisah tanpa sebab datang, seseorang akan sangat sulit untuk menemukan kedamaian pada diri sendiri. Untuk meredakan gelisah yang dialami, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuang pikiran yang tidak perlu.

Pasalnya, tidak semua orang dapat memberikan energi positif, banyak dari mereka yang menyebarkan energi negatif yang berujung pada gelisah. Dari sini, kamu harus bisa lebih bijak bertindak dan memilih lingkungan pertemanan yang baik.

2. Jangan pernah memikirkan hal yang buruk

Rasa gelisah tanpa sebab pada dasarnya datang karena adanya pikiran yang kalu atau karena kita terlalu banyak berpikir mengenai hal-hal yang tidak bermanfaat. Tidak jarang dari pikiran itu pula timbulnya rasa gelisah dan juga faktor psikologis tingkah laku manusia yang ada di dalam diri kita.

Oleh karena itulah diperlukannya pemusatan perhatian agar anda bisa mengntrol pikiran dan menghilangkan hal-hal buruk yang terlalu kita pikirkan saat ini.

3. Konseling

Foto: Ladiestory.id

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada para ahli seperti konselor atau psikiater. Mereka sangat berpengalaman untuk bisa mengidentifikasi pikiran dan perasaan seseorang, sehingga mereka dapat mengetahui dan membantu mengidentifikasi gejala gelisah tanpa sebab.

Melakukan terapi dapat membantu seseorang mengendalikan perilaku dan pikiran yang bisa menyakiti diri sendiri. Dikutip dari Healthline, cognitive behavioral therapy (CBT) adalah salah satu jenis terapi yang sering digunakan untuk mengatasi agitasi akibat depresi.

4. Berdiam diri

Terkadang kita perlu melakukan self talk berdiam diri bercerita kepada diri sendiri. Kita perlu mengontrol hati dengan memusatkan pikiran mencari apa penyebabnya dengan mengusapkan dada dan berdoa.

5. Kuasai pikiran Sendiri

Foto: Ladiestory.id

Rasa gelisah tanpa sebab datang dari sebuah pikiran yang tidak sehat. Hal tersebut menjadi masalah utama terjadinya rasa gelisah. Untuk mengatasinya, ketika kamu merasa gelisah secara tiba-tiba. sebaiknya jangan pernah membiarkan pikiran tersebut menguasai dirimu.

6. Lebih memperbanyak untuk bersyukur

Terkadang kita lupa bersyukur, dan kita perlu menanamkan rasa syukur didalam hati dengan hal hal kecil yang kamu lihat. Mendoakan apa yang kamu lihat, sesederhana senyum tulus pramuniaga, orang yang sedang tertawa lepas di atas motornya, doakan mereka bahagia, doakan orang lain kamu lihat.

7. Bernapas perlahan

Foto: Ladiestory.id

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gelisah tanpa sebab ini adalah dengan bernapas secara perlahan. Nah, saat kita mulai merasakan gelisah tanpa sebab, kamu pun bisa menggunakan cara bernapas secara perlahan dan mencoba menenangkan diri. Agar nantinya perasaan gelisah akan hilang dengan sendirinya.

8. Membentengi diri dari lingkungan yang buruk

Ketika kamu sedang merasakan gelisah tanpa sebab, bisa jadi hal tersebut datang dikarenakan lingkungan yang buruk, sehingga kita pun harus bisa membentengi diri kita dari orang-orang yang hanya akan merugikan tersebut.

Jangan sampai kamu merasakan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, salah satunya rasa gelisah yang timbul akibat dari orang-orang atau lingkungan yang ada di sekitarmu. Sebaiknya jauhi orang-orang yang memang hanya akan merugikan diri sendiri.

Inilah 8 cara menghilangkan gelisah tanpa sebab. Jika delapan cara ini masih tidak berhasil, jangan malu dan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

Berita Terkait