3 Cara Sederhana dalam Meningkatkan Saturasi Oksigen

Sabtu, 27 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

3 Cara Sederhana Dalam Meningkatkan Saturasi Oksigen

Foto: lifestyle kompas

Ladiestory.id - beberapa waktu lalu, tabung oksigen banyak dibutuhkan oleh para penderita Covid-19, bahkan keberadaanya sempat langka. Selain menggunakan tabung oksigen, ada beberapa cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah secara alami.

Selain itu, kekurangan oksigen pada darah atau hipoksemia tidak terlihat secara langsung. Namun, perlu adanya alat pulse oximeter, tes gas darah, atau tes pernapasan.

Ketika seseorang yang mengalami kekurangan oksigen dalam darah, maka perlu diwaspadai jika hal itu  termasuk penyakit Covid-19. Maka dari itu sangat penting untuk dapat meningkatkan kadar ambang normal.

Faktor berbahaya lainnya adalah kekurangan oksigen dalam darah dapat mengganggu kinerja tubuh.

Beberapa kondisi yang terjadi sebagai gejala kekurangan oksigen dalam darah biasanya ditandai dengan sakit kepala, sesak napas, detak jantung cepat, batuk-batuk dan napas ngos-ngosan atau yang lebih parahnya adalah linglung, hingga kulit pucat atau membiru.

Selain itu, kekurangan oksigen dalam darah dapat berlanjut jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, khususnya pada organ vital di tubuh seperti jantung dan otak bahkan bisa rusak.

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen

Sebenarnya, dalam meningkatkan asupan oksigen dapat dilakukan dengan cara dan ide yang bagus. Beberapa contoh yang dapat dilakukan adalah:

1. Mulai Atur dan Perbaiki Sirkulasi Udara

Foto: dekoruma

Ketika cuacanya memungkinkan, cobalah untuk membuka jendela yang terlalu sering tertutup. Akses ke udara segar menjadi hal penting untuk bernapas lebih mudah.

Kita tetap harus memperhatikan kualitas udara di luar. Apalagi yang tinggal di daerah perkotaan, maka akan semakin banyak polusi atau kabut asap.

Hal ini dapat dijadikan sebagai pertimbangkan dengan menyediakan sistem penyaringan udara dalam ruangan atau alat-alat yang dapat memurnikan udara di rumah secara alami.

Selain itu, untuk menjaga kemurnian udara, kita dapat memilih pembersih udara elektronik dengan cermat sehingga menghasilkan ozon yang mengiritasi paru-paru.

2. Rajin untuk Menciptakan Tanaman Hijau di Sekitar

Foto: kompas

Jika hal ini memungkinkan, mulai masukkan tanaman hidup ke dalam rumah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ketersediaan oksigen dalam ruangan.

Tanaman pakis dapat dijadikan sebagai pilihan yang bagus karena dapat memproduksi oksigen ekstra di rumah. Bukan hanya itu, pakis relatif mudah hidup dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

3. Biasakan untuk Olahraga Rutin

Foto: tribunnews

Salah satu cara yang mudah dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan dan memperbaiki sistem pernapasan. Jika dilihat dari segi manfaatnya, olahraga bukan hanya meningkatkan kapasitas paru-paru, namun menjaga berat badan tetap ideal dan jantung lebih sehat. Secara umum, cara terbaik untuk memulai olahraga adalah latihan aerobik.

Latihan aerobik berdampak rendah adalah berjalan kaki. Mulai dengan hal sederhana dengan menciptakan rutinitas yang baik dalam meningkatkan oksigen melalui olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Hal ini akan membantu dalam menjaga pernapasan tetap sehat.

Mulailah membangun pola hidup sehat untuk menjaga tubuh tetap fit. Salam sehat!