Cek Penyebab Metabolisme Tubuh Buruk, Roti Termasuk?

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:04:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Cek Penyebab Metabolisme Tubuh Buruk, Roti Termasuk?

Ilustrasi makan sandwich. (Special)

Ladiestory.id - Basal Metabolic Rate (BMR - Tingkat Metabolisme Basal) setiap individu dapat berbeda satu sama lain. BMR yang merupakan tingkat metabolisme istirahat Kamu merupakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh, seperti untuk bernapas, mengatur suhu tubuh, dan menjaga jaringan seperti otot.

Berdasarkan penelitian pada 2021, BMR dinyatakan relatif konsisten pada usia 20 hingga 60 tahun. Sedangkan, untuk di atas usia tersebut, BMR akan melambat.

Sementara itu, untuk efek termal, metabolisme dapat dipengaruhi oleh asupan makanan yang kita makan. Hal ini karena ada beberapa jenis makanan yang membutuhkan lebih banyak kalori untuk diubah menjadi energi. 

Untuk makanan berprotein tinggi, tubuh perlu memberikan efek termal yang lebih tinggi. Dengan begitu, metabolisme tubuh harus bekerja lebih keras. Namun, ada juga makanan yang justru membuat metabolisme tubuh tidak mau bekerja. Makanan tersebut adalah gula sederhana tanpa serat, contohnya adalah roti putih.

Makanan yang baik untuk metabolisme tubuh adalah makanan yang butuh beberapa waktu untuk dicerna. Sedangkan, untuk makanan yang tidak baik untuk metabolisme adalah makanan yang cepat berubah menjadi glukosa.

Pada 2010, dalam sebuah jurnal Riset Makanan dan Nutrisi memberikan gambaran perbedaan dalam mengukur pengeluaran energi pasca makan selama enam jam setelah sampel penelitian memakan makanan olahan  (roti lapis keju olahan pada roti putih) atau sandwich "makanan utuh" yang dibuat dengan keju cheddar di atas roti gandum.

Penelitian ini menunjukkan bahwa metabolisme subjek yang mengonsumsi sandwich makanan olahan metabolismenya menjadi 50 persen lebih buruk. Hal ini karena subjek memerlukan energi lebih sedikit dalam memproses sandwich makanan olahan sehingga efek termal yang dihasilkan lebih sedikit dan berakibat pada menurunnya metabolisme.

Buruknya metabolisme tentunya berpengaruh pada peningkatan rosiko obesitas serta kadar gula yang tinggi pada tubuh.

Berdasarkan penelitian yang sudah disebutkan sebelumnya, maka makanan yang memperlambat metabolisme pada tubuh adalah makanan yang terbuat dari gula sederhana tanpa serat, contohnya roti putih atau kue-kue kering.