1. Health
  2. 5 Dampak Buruk Makan dan Minum Sambil Berdiri
Health

5 Dampak Buruk Makan dan Minum Sambil Berdiri

5 Dampak Buruk Makan dan Minum Sambil Berdiri

Cara mencegah kulit kering. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, salah satu kebiasaan yang sering atau mungkin tidak sengaja kamu lakukan adalah makan dan minum sambil berdiri. Bisa jadi, hal ini kamu lakukan karena sedang terburu-buru atau tidak adanya tempat duduk. Sehingga, kamu terpaksa untuk makan dan minum sambil berdiri.

Salah satu kebiasaan ini bukan hanya disebut sebagai pamali atau tidak sopan untuk dilakukan. Namun, juga dapat berdampak buruk pada kondisi tubuhmu, lho. Apalagi bagi kamu yang sering melakukan kebiasaan ini. Sebaiknya, hindari jika tidak ingin menimbulkan lima dampak buruk ini.

Alami Gangguan Pencernaan

Ilustrasi gangguan pencernaan (Special)

Ladies, salah satu dampak buruk yang ditimbulkan akibat makan dan minum sambil berdiri ialah munculnya gangguan pencernaan. Makan dan minum sambil berdiri bisa membuat lambungmu tidak bisa mencerna makanan dengan baik langsung kedalam usus.

Bahkan, hal ini bisa membuat lambung mengosongkan isi perut terlalu cepat. Alhasil, terjadilah tekanan dalam usus meningkat dan membuat kondisi perut menjadi tidak nyaman. Kamu juga bisa mengalami tersedak, rasa mual, dan perutmu kembung.

Perut Jadi Kembung

lustrasi perut kembung. (Special)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makan dan minum sambil berdiri dapat membuat tubuhmu mengalami gangguan pencernaan, salah satunya perut menjadi kembung. Ketika kamu sedang makan dan minum sambil berdiri maka proses pencernaanmu pun akan berlangsung lebih cepat.

Hal ini menyebabkan sistem pencernaanmu tidak mampu menyerap zat nutrisi dengan baik, sehingga menyebabkan munculnya gas yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Perut Lebih Cepat Kosong

Ilustrasi perut kosong. (Spesial)

Ladies, dampak buruk lainnya akibat makan dan minum sambil berdiri dapat membuat kondisi perutmu lebih cepat kosong, lho. Padahal kamu sudah mengonsumsi makanan dan minuman sekalipun.

Hal ini dikarenakan makan dan minum sambil berdiri memang dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan makan dan minum dalam posisi duduk. Namun, hal ini tidak sebanding dengan apa yang kamu konsumsi. Bahkan, makan dan minum dalam jumlah yang berlebihan pun dapat membuat perutmu lebih cepat kosong.

Mudah Lapar

Ilustrasi menahan rasa lapar. (Special)

Kebiasaan makan sambil berdiri dan berjalan dengan tergesa-gesa akan membuat proses pencernaan berlangsung lebih cepat dan meningkat 30 persen. Akibatnya, kamu akan menjadi mudah merasa lapar. Maka, sebaiknya kamu bisa mengubah kebiasaan buruk ini dan beristirahat sejenak sebelum makan, Ladies.

Rasa Makanan yang Berubah

Ilustrasi makan. (Special)

Selain kondisi yang membuat tidak nyaman, hal lain yang dapat mempengaruhi kebiasaan makan dan minum sambil berdiri ini ialah rasa makanan yang bisa saja berubah. Hal ini dapat menyebabkan kondisi indera perasa atau pengecap tidak bekerja secara optimal, sehingga kamu pun akan merespons rasa makanan dan minuman yang berubah.

Selain itu, menyantap makanan dan minuman sambil berdiri dapat membuat otak menjadi tidak fokus dan otak akan tidak menyadari bahwa kamu sedang makan dan minum. Nah, sebaiknya ketika sedang makan dan minum pun kamu dapat menghindari sejenak berbicara dengan orang di sekitarmu atau berhenti sejenak untuk bermain handphone.

Walaupun hal ini dianggap sepele dan kamu tidak sengaja melakukannya, lebih baik kamu dapat mengonsumsi makanan dan minumanmu dengan pelan dan tidak tergesa-gesa, Ladies.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel