Dampak Negatif Aplikasi Kencan Online yang Perlu Kamu Tahu

Selasa, 12 Juli 2022 | 13:15:00

Dampak Negatif Aplikasi Kencan Online Yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi sedang bermain aplikasi kencan online. ( Instagram : Anastasia Roslin )

Ladiestory.id - Di era digital ssat ini membuat semua kebutuhan dan kegiatan sangat mudah sekali untuk didapatkan serta diakses. Dengan sistem digital membuat kita bisa terkoneksi dengan siapapun di seluruh penjuru dunia dengan sebuah ponsel pintar di genggaman atau laptop.

Begitupun dengan kemajuan teknologi sosial media saat ini yang bukan hanya sebagai tempat mencari informasi tapi juga untuk mencari jodoh. Banyak sekali fitur sosial media yang saat ini digemari sebagian muda-mudi terutama bagi yang ingin mencari jodoh.

Tapi tahukah kamu selain ada kemudahan dalam mencari jodoh secara digital atau online namun juga ada dampak negatif dari aplikasi jodoh online ini. Dilansir dari berbagai media berikut dampak negatif dari aplikasi jodoh online.

Menurunkan Tingkat Percaya Diri

Ilustrasi tingkat percaya diri berkurang. ( Instagram : Anastasia Roslin )

Sebuah studi dari sebuah universitas di Amerika Serikat menyebutkan bahwa pengguna aplikasi kencan online ini kebanyakan membuat dampak negatif berupa menurunkan kepercayaan diri atau membuat perasaan harga dirinya lebih rendah dari orang lain. Dengan perasaan kepercayaan diri yang turun itulah kenapa mereka mencari jodohnya online dan bukan secara langsung. Sehingga dengan bantuan aplikasi jodoh online ini dapat membantu mereka bertemu dengan jodohnya. Orang yang mencari jodohnya lewat aplikasi kencan atau jodoh online tentu orang yang secara psikologis tidak percaya diri untuk mengungkapkan rasa hatinya dan bersosialisasi secara langsung.

Membuat Suasana Hati Lebih Sedih

Ilustrasi kesedihan. ( Instagram : Anastasia Roslin )

 

Dampak negatif pengguna aplikasi kencan atau pencarian jodoh online ini dapat membuat perasaan atau suasana hati penggunanya lebih sedih. Kenapa? Karena dengan hanya bermain online maka tidak bisa bersosialisasi secara langsung tapi hanya melalui media online, dimana kita tahu bahwa manusia adalah mahkluk sosial yang membutuhkan sosialisasi secara langsung. Tentu bersosialisasi online dengan langsung di dunia nyata akan terasa berbeda yang memberikan efek yang berbeda terhadap individu yang bersosialisasi. Dengan bersosialisasi langsung tentu kita akan merasa lebih bahagia bisa bersenda gurau dengan sahabat atau orang terkasih.

Hubungan Sosial menjadi Buruk

Ilustrasi hubungan sosial menjadi buruk. ( Instagram : Anastasia Roslin )

 

Dengan seringnya dan sibuknya kamu memainkan aplikasi kencan atau jodoh online maka waktu kamu akan banyak di dunia maya. Banyaknya waktu yang habis di dunia maya maka kemampuan kamu dalam berinteraksi dalam dunia nyata juga akan jadi berkurang dengan sendirinya. Karena gadget akan membuat menjadi candu sehingga kamu juga akan lupa untuk mengisi hidup kamu di dunia nyata. Akibatnya kamu tidak bisa membuat hubungan sosial kamu dengan orang lain di kehidupan nyata menjadi lebih baik bahkan bisa jadi memburuk.

Kesepian

Ilustrasi wanita sedang kesepian. ( Instagram : Anastasia Roslin )

Dampak negatif dari aplikasi jodoh dan kencan online berikutnya adalah kesepian. Akibat terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget dan aplikasi kencan online maka membuat kamu sebenarnya akan merasa kesepian di dunia nyata. Memang di dunia maya kamu akan merasa bahagia dana tidak kesepian namun pada kenyataannya itu hanya imajinasi semata yang membuat sebenarnya kamu dalam kesepian yang nyata. 

Kekerasan Seksual

Ilustrasi kekerasan seksual. ( Hindustan times )

Dampak negatif yang paling berbahaya dari aplikasi kencan atau jodoh online ini adalah kekerasan seksual. Di Inggris banyak sekali korban kekerasan seksual yang disebabkan oleh aplikasi kencan online ini. Kenapa? karena profile seseorang di aplikasi kencan online ini belum tentu sama dengan apa yang aslinya ada di dunia nyata. Banyak orang menggunakan aplikasi kencan online dengan menulis serta membuat segalanya terlihat sangat sempurna sehingga menarik calon pasangannya untuk saling menyukainya sehingga dapat berjumpa langsung.

Saat bertemu langsung ini banyak sekali ketidaksesuaian antara apa yang ada di profile aplikasi jodoh online dengan sifatnya yang asli. Dilansir BBC bahwa badan kejahatan nasional di Inggris mencatat kenaikan kekerasan seksual akibat aplikasi kencan online dari kurun waktu 2017 hingga 2020 dengan mayoritas korban di sekitar usia 19 tahun kebawah.

Bagaimana menurut kamu tentang dampak negatif dari aplikasi kencan atau jodoh online ini? pastinya kamu harus lebih berhati-hati ya dengan dampak negatifnya yang bisa kapan saja datang kepada kamu.