Dapatkan Manfaat Maksimal, Ini Jam Terbaik untuk Tidur Siang

Jumat, 9 September 2022 | 09:30:00

Dapatkan Manfaat Maksimal, Ini Jam Terbaik Untuk Tidur Siang

Ilustrasi tidur yang cukup. (Special)

Ladiestory.id - Seiring bertambahnya usia, orang dewasa kerap mengalami kesulitan tidur di malam hari. Jika sudah begitu, mereka biasanya memilih untuk tidur siang demi mengimbangi jam istirahat.

Ilustrasi mengalami stres. (Pixabay)

Tidur siang dengan waktu yang tepat terbukti baik untuk kesehatan fisik dan juga mental. Aktivitas ini dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Tak hanya itu, orang yang biasanya tidur siang akan memiliki suasana hati yang lebih baik.

Melansir Best Life, sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan, bahwa tidur siang meningkatkan kinerja kognitif, terutama untuk kewaspadaan. Tidur siang menawarkan berbagai manfaat lain seperti relaksasi, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan suasana hati.

Waktu Ideal Tidur Siang

 

Ilustrasi Tidur di Siang Hari (Pinterest.com)

Tetapi, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, tidur harus dilakukan dengan cara yang benar. Sebaiknya, perhatikan jam tidur siangmu dan berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk tidur siang. Charlene Gamaldo, MD, direktur medis dari Johns Hopkins Sleep Disorders Center, mengatakan, bahwa waktu ideal untuk orang dewasa tidur siang adalah antara jam 1 dan 4 sore. 
 
Gamaldo menambahkan, idealnya tidur siang dilakukan dalam waktu yang singkat,  hanya berlangsung sekitar 20-40 menit. Hal ini bisa membantu Anda mencegah pusing ketika bangun tidur. Tidur terlalu lama di siang hari juga dapat menyebabkan kesulitan tidur di malam hari. 

"Kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk membatasi tidur siangmu jika kamu memiliki masalah dengan insomnia,” kata Gamaldo.

Penelitian telah menunjukkan, tidur siang yang lama bisa berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Melansir escardio, analisis menemukan, bahwa tidur siang yang lama (lebih dari 60 menit) dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 34 persen lebih tinggi dibandingkan dengan tidak tidur siang.