Dijamin Ampuh, 5 Bahan Alami Obati Ambeien

Minggu, 29 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Dijamin Ampuh, 5 Bahan Alami Obati Ambeien

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Ambeien juga sering disebut sebagai wasir, kerap menjadi permasalahan banyak orang. Ambeien merupakan suatu kondisi pembengkakan pembuluh darah pada saluran anus. Ambeien sendiri mempunyai dua jenis, yakni ambeien internal dan ambeien eksternal. Ambeien internal terjadi di rektum bawah, sementara ambeien eksternal terjadi di bawah kulit sekitar anus.

Penyakit ini sangat mengganggu, lantaran penderita akan merasakan kesakitan ketika duduk dan buang air besar. Namun jangan khawatir, pasalnya, ada beberapa bahan alami yang bisa mengobati penyakit ambeien atau wasir.

Lidah Buaya

Foto: Kupastuntas

Lidah buaya memang dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan. Salah satu manfaat lidah buaya yaitu dapat dijadikan sebagai obat ambeien. Biasanya, penderita ambeien akan mengalami rasa perih dan gatal pada bagian anus. Nah, lidah buaya yang memang memiliki sifat cooling dapat meredakan kedua hal tersebut.

Selain itu, lidah buaya juga mampu mengobati ambeien yang luka. Namun, sayangnya belum ada uji klinis terkait lidah buaya sebagai obat alami ambeien. Hanya saja, lidah buaya terbilang aman digunakan untuk obat alami. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya langsung atau ekstrak lidah buaya.

Oleskan lidah buaya tersebut ke bagian pembengkakan yang diakibatkan ambeien. Agar cepat sembuh, oleskan lidah buaya ini sebanyak 2 hingga 3 hari kali dalam sehari.

Merendam Air Hangat

Ilustrasi Mandi Air Hangat. (Special)

Poin ini menjadi cara menyembuhkan ambeien yang paling mudah. Pasalnya, Kamu tidak memerlukan bahan lain selain air hangat. Tentunya air hangat sangat mudah didapati di rumah. Bahkan, cara ini terbilang praktis untuk mengobati wasir atau ambeien.

Dilansir Cleveland Clinic, air hangat mampu mengecilkan pembuluh darah yang bengkak. Bahkan, air hangat ini dapat meningkatkan aliran darah. Caranya pun mudah, siapkan air hangat dalam ember.

Seusai BAB, Kamu cukup duduk di atas ember tersebut selama 15 menit. Bahkan Kamu bisa menambahkan garam dalam air hangat tersebut. Nantinya larutan ini dapat membantu mengecilkan ambeien.

Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa. (Special)

Pada dasarnya minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi. Nah, sifat inilah yang mampu membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Dilansir LA Peer Health System, minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri. Hal ini dapat membantu area ambeien tetap terjaga bersih hingga menurunkan risiko infeksi pada ambeien itu sendiri.

Sehingga minyak kelapa juga menjadi salah satu bahan yang tidak boleh terlewatkan untuk mengatasi ambeien. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa selama 5 hingga 10 menit.

Kompres dengan Es

Ilustrasi es batu. (Special)

Cara selanjutnya juga terbilang mudah untuk mengatasi wasir atau ambeien yakni menggunakan es batu. Namun, jangan pernah langsung menempelkan es batu kepada ambeien. Cara seperti itu, nantinya dapat membahayakan dan merusak kulit.

Kamu perlu kain atau handuk untuk membungkus es batu barulah dikompreskan kepada area wasir. Kompres area tersebut selama 15 menit. Cara ini terbukti efektif untuk mengobati ambeien terutama dalam ukuran besar dan menyakitkan.

Bawang Putih

Bawang putih (Special)

Tak hanya dijadikan untuk bumbu masakan, namun bawang putih juga bisa dijadikan obat ambeien. Pasalnya, bawang putih mengandung zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi.

Tak hanya itu, namun bawang putih juga mngandung belerang, asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Nantinya, berbagai kandungan tersebut dapat menghancurkan berbagai bakteri usus, melindungi pembuluh darah, hingga meningkatkan sirkulasi darah.

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Kamu hanya memerlukan dua siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Kemudian oleskan bawang putih itu ke bagian ambeien. Kamu juga bisa mengonsumsi jus bawang putih. Hal ini dapat membantu membasmi bakteri dari dalam. Namun kedua cara tersebut sama-sama ampun untuk membantu wasir menjadi cepat kempes.

s