Benarkah Kopi Hijau untuk Diet? Ini Faktanya!

Sabtu, 9 Juli 2022 | 15:00:00

Benarkah Kopi Hijau Untuk Diet? Ini Faktanya!

Kopi Hijau (istock)

Ladiestory.id - Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari baik dari kalangan anak-anak hingga lanjut usia. Namun, beberapa orang justru memilih untuk jarang atau sama sekali tidak meminum kopi akibat kandungan kafein di dalamnya.

Faktanya menurut para ahli, kafein bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan konsentrasi. Namun, kandungan kafein jika berlebihan dapat membuat tubuh tidak nyaman saat tidur dan yang paling parah adalah insomnia. Ada alternatif lain untuk mengganti kopi hitam, yaitu kopi hijau. Kopi hijau bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin meminum kopi dengan kafein rendah.

Meskipun memiliki kafein rendah dari kopi biasa, kopi hijau dapat menyebabkan efek samping  seperti :

  • Sakit kepala
  • Gangguan pencernaan
  • Sulit tidur
  • Jantung berdebar-debar
  • Sering Buang air kecil

Oleh karena itu, kopi hijau tetap tidak baik untuk dikonsumsi penderita gangguan kecemasan, osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi dan gangguan pencernaan. Selain itu, kopi hijau tidak boleh diminum saat mengkonsumsi obat-obatan karna menimbulkan interaksi yang dapat meningkatkan sistem saraf otak.

Kopi hijau terbuat dari biji kopi yang terbuat dari coffea yang belum dipanggang. Biji kopi hijau mengandung tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dari pada kopi hitam biasanya. Pada proses pemanggangan biji kopi dapat  mengurangi jumlah asam klorogenat. Klorogenat mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan. Bahkan, kopi ini juga populer di kalangan orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi risiko pada kopi hitam biasanya.

Pada 2013 terdapat penelitian yang melaporkan bahwa asam klorogenik dalam kopi hijau dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta mencegah lonjakan insulin dengan mengurangi penyerapan karbohidrat di saluran pencernaan. Manfaat kopi hijau untuk diet juga pernah dibuktikan dalam penelitian American Chemical Society pada 2012 dengan membuktikan rata-rata penurunan berat badan sebanyak 7kg dan lemak total dalam tubuh berkurang hingga 16% serta penurunan kadar lemak di dalam tubuh.

Akibat popularitas tentang Kopi hijau yang dapat menurunkan berat badan, banyak orang yang percaya dan mulai membiasakan untuk meminum kopi hijau. Namun, faktanya saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kopi hijau untuk menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan masih dalam skala kecil sehingga belum dipastikan efektivitasnya dalam jangka panjang.

Jika mengkonsumsi kopi hijau dengan tujuan menurunkan berat badan bukan berarti kalian dapat terus-menerus agar semakin cepat turun badannya. Kalian harus mengimbangi dengan olahraga dan pola makan sehat yang teratur. Jika hanya mengandalkan kopi saja tanpa olahraga dan pola makan teratur membuat efek samping pada kopi hijau semakin tinggi dan tubuh akan jatuh sakit. Perlu dicatat, para pencinta kopi biasa juga akan membatasi untuk meminum kopi karena efek samping yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Jadi, jika kalian mengkonsumsi kopi hijau untuk program diet sebaiknya imbangi dengan pola hidup sehat. Makan-makanan bergizi yang rendah kalori, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, untuk menurunkan berat badan yaitu kurangi asupan kalori makanan harian sebanyak 500-1.000 kalori dan lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari dengan tingkat aktivitas fisik tidak sering.

Itulah penjelasan tentang kopi hijau yang di klaim mampu menurunkan berat badan atau diet. meskipun penyataan tersebut belum dapat di jangkau efek jangka panjangnya, minuman ini dapat kalian minum dengan mengetahui batasan pada tubuh kalian. Kopi hijau saat ini banyak tersedia di caffe bahkan merket terdekat karena banyak orang yang mulai beralih dari kopi biasa menjadi kopi hijau.