5 Gejala Awal Penyakit HIV Aids yang Perlu Kamu Tahu

Senin, 11 Juli 2022 | 10:31:00

5 Gejala Awal Penyakit Hiv Aids Yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi HIV Aids. ( Berita Dunia Hari Ini )

Ladiestory.id - Berbicara penyakit HIV, memang masih menjadi sebuah perbincangan yang tabu. Namun, pengetahuan tentang penyakit ini harus diketahui oleh semua elemen masyarakat agar ladies bisa mencegah tertularnya penyakit yang disebabkan oleh virus yang satu ini.

HIV dan Aids tidaklah sama, karena HIV adalah Human Immunodeficiency Virus yang berarti menurunnya antibodi tubuh. Kemudian AIDS adalah kumpulan gejala dari penyakit HIV. Dengan masuknya virus kedalam tubuh, maka akan membuat sistem antibodi menjadi lemah dan mudah sekali untuk terkena penyakit apapun.

Penularan Virus HIV disebabkan adanya kontak erat antarsesama manusia, seperti bergonta-ganti pasangan, hubungan pasangan sejenis, hingga menggunakan jarum yang tidak steril. Virus tersebut membutuhkan inang atau tempat untuk hidup, yakni mahkluk hidup. Lalu, apa saja gejala awal yang akan timbul jika kamu tertular virus HIV ini.

Deman yang Lama

Ilustrasi Demam. ( ABC Australia )

Dilansir NHS ( National Health Service ) gelaja HIV pertama yaitu demam yang berlangsung lama dan konstan tanpa naik turun selama lebih dari 14 hari atau dua minggu, bahkan hingga sampai 1 bulan. Demam ini sangat khas dan berbeda dengan demam lainnya, seperti saat demam berdarah atau terkena penyakit tipes.

Diare yang Lama

Ilustrasi saat diare dan sakit perut. ( Medcare )

Dilansir Healthline, gelaja HIV selanjutnya adalah diare. Diare karena tertular virus HIV akan dibarengi dengan demam pada poin pertama. Biasanya, diare yang dialami pun bisa mengeluarkan darah dan tidak berhenti sampai lebih dari 10-15 kali.

Dehidrasi

Ilustrasi Dehidrasi ( draxe )

Dilansir endinghiv.org.au, akibat diare dan demam yang berkepanjangan membuat tubuh mengalami kekurangan cairan atau lemas. Akibatnya, tubuh mengeluarkan cairan yang banyak dan menimbulkan dehidrasi. Dehidrasi yang ditimbuklan bisa ringan hingga berat, bergantung dari gejala diarenya. Jika terjadi diare berat, maka itu bisa mengancam jiwa.

Kelelahan Berat

Ilustrasi kelelahan. ( Garis kesehatan )

Dilansir Medical News Today, gejala awal berikutnya jika tertular virus HIV ini adalah tubuh mudah lelah. Lelah ini tidak seperti biasanya saat kelelahan yang disebabkan saat bekerja atau melakukan aktivitas fisik. Tapi, kelelahan tersebut sangat tinggi dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Insomnia hingga Kecemasan dan Depresi

Ilustrasi Insomnia atau Sulit Tidur. ( NHLBI )

Dilansir NHS, gejala awal yang terakhir saat pertama kali tertular virus HIV adalah gangguan tidur yang terus berlangsung lama hingga menyebabkan gangguan kecemasan dan depresi. Karena gangguan tidur ini menyebabkan antibodi untuk melawan virus juga terganggu.

Istirahat di malam hari seharusnya menjadikan antibodi terbentuk. Namun, ketika mengalami kesulitan untuk tidur, hal itu akan menyebabkan kamu mudah terkena penyakit. Bahkan, jika berlangsung terus-menerus, gangguan tidur ini dapat menyebabkan kecemasan bahkan depresi. Gangguan kecemasan dan depresi ini juga dipengaruhi rasa takut akan tertularnya virus ini.

Apakah kamu sekarang sudah mengetahui gejala awal tertular virus HIV? Usahakan agar kamu bisa mencegah tertularnya virus HIV ini.