Wajib Tahu! Ini 5 Gejala Covid-19 Subvarian XBB

Rabu, 26 Oktober 2022 | 13:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Wajib Tahu! Ini 5 Gejala Covid-19 Subvarian Xbb

Ilustrasi virus Covid-19. (Special)

Ladiestory.id - Sudah 2 tahun terakhir, pandemi Covid-19 menghantui kehidupan. Meski sempat diinformasikan jumlah kasus menurun, namun nyatanya pandemi belum berakhir. Terlebih, saat ini Kemenkes baru saja mengumumkan ditemukannya kasus baru pada subvarian XBB.

Kemunculannya pun kini menjadi perhatian bagi pakar kesehatan di seluruh dunia, sebab penyebarannya yang cepat dan tidak mudah terdeteksi. Subvarian XBB juga disebut mampu menghindari kekebalan tubuh yang dibentuk dari vaksin maupun infeksi sebelumnya. Lalu, seperti apa lima gejala Covid-19 subvarian XBB yang wajib kamu tahu. Yuk, simak!

Mudah Kelelahan

Ilustrasi lelah. (Special)

Salah satu gejala yang dialami adalah rasa kelelahan yang terus menerus. Penderita akan merasa mudah kelelahan meski tidak melakukan banyak aktivitas.

Selain itu, penderita akan merasa ingin beristirahat dan mengurangi kegiatan fisik maupun aktivitas di luar ruangan. Apabila terjadi hal semacam ini, kamu perlu mewaspadai dan melakukan pengecekan ke pusat kesehatan atau dokter terdekat.

Demam Tinggi

Ilustrasi demam. (Special)

Selain mengalami kelelahan, gejala lain yang terjadi yaitu demam tinggi. Apabila hal tersebut terjadi, kamu perlu waspada. Sebab, hal itu menandakan kondisi maupun imun tubuh sedang melemah. Jika demam tidak turun meski telah mendapat pengobatan, segeralah melakukan pemeriksaan ke pusat kesehatan terdekat. 

Hidung Selalu Berair

Ilustrasi flu. (Special)

Mengalami hidung berair tidak hanya menandakan kamu akan mengalami pilek. Namun, bisa juga merupakan gelaja terkena Covid-19 varian XBB. Oleh karena itu, kamu perlu waspada dan mulailah melakukan penanganan.

Kamu dapat menggunakan humidifier dengan aroma kayu putih atau rosemary. Hal tersebut dapat membantu pernapasan menjadi lancar. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan obat flu sebagai pereda.

Sakit Tenggorokan Tidak Tertahan

Ilustrasi tenggorokan sakiit (Special)

Jika kamu mulai merasa sulit menelan, tenggorokan kering, hingga batuk-batuk, itu semua merupakan gejala Covid-19 varian CBB. DItambah dengan sakit tenggorokan yang tak tertahan.

Nah, untuk meredakannya, kamu dapat mengonsumsi air putih hangat, air madu hangat, atau larutan penyegar. Apabil tidak terjadi perubahan lebih dari tiga hari, kamu perlu segera memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Alami Keringat Dingin

Ilustrasi pusing. (Special)

Ketika tubuh mengalami penurunan imunitas, kemungkinan kamu akan merasa demam. Berbeda bagi penderita Covid-19 varian XBB, di mana mengalami gejala kedinginan namun tubuh tetap mengeluarkan keringat. Hal semacam ini perlu kamu waspadai.

Pastikan kamu melakukan beberapa hal preventif seperti memenuhi kebutuhan air putih dengan baik, makan teratur, dan konsumsi obat penghilang demam. Jika keadaan tidak berangsur membaik dalam waktu tiga hari, segera lakukan pemeriksaan ke pusat layanan kesehatan terdekat. Semaksimal mungkin kamu perlu waspada untuk menghindari tertular Covid-19 varian XBB.

Hingga saat ini, Covid-19 Varian XBB telah ditemukan lebih dari 17 negara, seperti Australia, India, Singapura, Jepang, hingga yang terbaru Thailand. Oleh karena itu, Kemenkes selalu mengimbau untuk masyarakat ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain itu, hindari kerumunan dan juga lakukan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin jika mengalami gejalanya.

Itulah lima gejala yang dialami penderita Covid-19 Varian XBB. Jangan lupa selalu terapkan profesi dengan ketat, jaga kesehatan dan pola makan. Konsumsi juga suplemen penguat imun dan menjaga kebersihan. Sebab, jika bukan diri kamu yang memulai, siapa lagi? Salam sehat dan stay safe, Ladies!