Harus Tahu! Ini Waktu untuk Tidur dan Bangun yang Tepat Menurut Ahli

Senin, 15 Januari 2024 | 17:54:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Harus Tahu! Ini Waktu Untuk Tidur Dan Bangun Yang Tepat Menurut Ahli

Ilustrasi Tidur. (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ladiestory.id - Tidur menjadi aktivitas favorit banyak orang, khususnya bagi orang dewasa. Dalam dunia yang ideal, kamu akan mendapatkan ‘kemewahan’ untuk tidur lebih awal dan kemudian bangun lebih awal.

Ada dua aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam hal tidur, yaitu jumlah tidur yang kamu dapatkan dan konsistensi waktu. Namun beberapa komitmen, seperti tugas pekerjaan atau pengasuhan anak, dapat mempersulit penerapan filosofi ‘tidur lebih awal, bangun lebih awal’. 

Penting juga untuk mendapatkan jumlah tidur yang tepat secara teratur untuk membantu mencegah potensi konsekuensi kesehatan. 

Dilansir dari Healthline Online, berikut waktu-waktu yang tepat untuk tidur dan bangun menurut para ahli.

Jam Tidur yang Baik

Ilustrasi Tidur. (Pexels.com/Miriam Alonso)

Idealnya, orang harus tidur lebih awal dan bangun di pagi hari. Pola ini sesuai dengan kecenderungan biologis untuk menyesuaikan pola tidur dengan pola tidur matahari. Kamu mungkin mendapati bahwa secara alami lebih mengantuk setelah matahari terbenam.

Waktu pastinya tergantung pada kapan kamu cenderung bangun di pagi hari. Pertimbangan lainnya adalah jumlah tidur yang dibutuhkan per malam.

Waktu yang Diperlukan Saat Tidur

Ilustrasi Tidur. (Pexels.com/Miriam Alonso)

Tidur dalam waktu yang cukup menjadi salah satu kunci pola tidur yang baik. Kebanyakan ahli merekomendasikan orang dewasa untuk tidur minimal 7 jam per malam dan ini penjabaran waktu tidur yang baik menurut ahli berdasarkan usia.

  • 0–3 bulan Total 14–17 jam
  • 4–12 bulan Total 12–16 jam
  • 1–2 tahun Totalnya 11–14 jam
  • 3–5 tahun Totalnya 10–13 jam
  • 9–12 tahun total 9–12 jam
  • 13–18 tahun total 8–10 jam
  • 18–60 tahun minimal 7 jam per malam

Efek Samping Kurang Tidur

 

Ilustrasi Tidur. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kurang tidur atau tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas dapat memberikan beberapa efek samping, seperti mudah tersinggung dan pelupa. Kurang tidur secara teratur juga dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan jangka panjang yang di antaranya adalah:

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Kegemukan
  • Depresi

Efek Samping Terlalu Banyak Tidur

Ilustrasi Tidur. (Pexels.com/cottonbro studio)

Tidak hanya kurang tidur, terlalu lama tidur juga diyakini memiliki efek samping. Dari penelitian yang dilakukan para ahli, diketahui deretan efek samping terlalu banyak tidur di antaranya adalah depresi, emosi yang tidak teratur, dan masalah kardiovaskular.

Namun, efek tersebut tidak selalu disebabkan oleh tindakan terlalu banyak tidur itu sendiri. Kelebihan tidur yang kamu perlukan mungkin merupakan tanda dari kondisi kesehatan mendasar yang terkait kecemasan, depresi, apnea tidur, penyakit parkinson, diabetes, penyakit jantung, kegemukan, gangguan tiroid, asma.

Kapan Kamu Harus Tidur?

Ilustrasi Tidur. (Pexels.com/Ivan Oboleninov)

Waktu terbaik untuk tidur malam adalah jangka waktu di mana kamu dapat mencapai rekomendasi waktu tidur yang direkomendasikan untuk kelompok usiamu.

Kamu dapat menentukan waktu tidur terbaik untukmu berdasarkan kapan kamu harus bangun di pagi hari dan menghitung mundur 7 jam (minimum yang disarankan per malam untuk orang dewasa). Misalnya, jika harus bangun jam 6 pagi, sebaiknya pertimbangkan untuk istirahat sebelum jam 11 malam.