Hati-Hati! Stress Bisa Sebabkan 5 Penyakit Ini!

Rabu, 22 Desember 2021 | 14:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Hati-Hati! Stress Bisa Sebabkan 5 Penyakit Ini!

Stress bisa menyebabkan penyakit. (Special)

Ladiestory.id - Stress bisa menyebabkan berbagai penyakit. Jika ada orang yang berkata "hidup tidak perlu dibuat stress, enjoy saja". Namun tidak bisa dipungkiri bahwa hidup merupakan sebuah proses yang harus kita lewati.

Apalagi hidup akan selalu dituntut dan akan terjadi banyak problematika. Nah, inilah yang kerap kali membuat seseorang menjadi stress.

Hati-Hati! Stress Bisa Menyebabkan 5 Penyakit Ini!

Belakangan ini banyak orang yang mengganggap bahwa stress adalah hal yang lumrah. Memang, namun sebenarnya stress tidak hanya berbicara mengenai perasaan saja. Stress juga tidak hanya apa yang ada di kepala.

Namun, stress bisa menyebabkan membawa penyakit-penyakit yang mengancam. Sebab ketika seseorang stressm maka tubuh akan merespon dengan menyempitnya pembuluh darah dan naiknya tekanan darah.

1. Gangguan Jantung

Stress bisa menyebabkan penyakit. (Special)

 

Penyakit akibat stress yang pertama adalah gangguan jantung. Hal ini disebabkan karena situasi yang menegangkan dapat embuat detak jantung meningkat.

Tentu saja stress akan menyebabkan pelepasan hormon kortisol dan adrenalin yang dikenal dengan hormon stres. Akibatnya napas akan lebih cepat, otot menegang, dan tangan berkeringat.

Dilansir dari berbagai sumber, produksi hormon stres berlebih akan menyebabkan peradangan otot jantung yang meningkatkan risiko serangan jantung. Tak hanya itu, namun stress bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

Hal inilah yang membuat manusia terjebak dalam gaya hidup tidak sehat. Seperti merokok, malas berolahraga, makan berlebihan. Nah, gaya hidup tidak sehat inilah yang menjadi faktor gangguan jantung.

2. Asma

Stress bisa menyebabkan penyakit. (Special)

Asma merupakan salah satu penyakit akibat stress. Bahkan hal ini sudah terbukti dari banyak penelitian. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa stres yang dirasakan orangtua, juga dapat meningkatkan kemungkinan diturunkannya penyakit asma pada anak.

Tak hanya itu, namun ibu hamil yang terpapar polusi udara atau memiliki kebiasaan merokok, juga dapat menyababkan sang anak memiliki penyakit asma ini.

3. Sindrom Kelelahan Kronis

Stress bisa menyebabkan penyakit. (Special)

Sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrom, CFS) adalah  sebuah kondisi yang ditandai dengan timbulnya gejala berupa kelemahan dan rasa kantuk terus menerus. Meski sudah istirahat, namun rasa ini tidak akan pergi.

Memang, sampai detik ini penyebab utama belum ditemukan oleh para peneliti. Namun diduga stress dapat menyebabkan sindrom kelelahan kronis. Oleh sebab itu, kita dapat mencurigai kalau terjadi kelelahan hingga berbulan-bulan.

4. Obesitas

Stress bisa menyebabkan penyakit. (Special)

 

Obesitar merupakan penyakit yang disebabkan oleh stress. Sebab menurut penelitian, seseorang yang memiliki kadar hormon stres yang tinggi dalam jangka waktu yang lama, cenderung mempunyai indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan pinggang yang lebih besar. Jika dibandingkan dengan mereka dengan kadar hormon kortisol yang rendah.

Alasannya, menurut para ahli stres dapat merangsang perilaku yang memicu obesitas. Ketika seseorang mengalami stress, mereka akan cari cara untuk memperbaiki perasaan menjadi lebih baik. Orang stress akan cenderung mengonsumsi banyak makanan manis dan tinggi lemak. Inilah yang akan menyebabkan penyakit obesitas.

5. Penyakit Kulit

Stress bisa menyebabkan penyakit. (Special)

 

Penyakit akibat stress yang satu ini mungkin tidak ada yang mengira. Namun siapa sangka, stress bisa menyebabkan penyakit kulit. Bahkan, hal itu akan berdampak pada sulitnya mengatasi penyakit kulit yang muncul.

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh stress. Sebab, stress dapat memicu timbulnya kadar lemak yang berlebihan di wajah. Sehingga jerawat yang muncul tentu dapat memperburuk stress yang dialami. Untuk menghindarinya, segera atasi stres yang Kamu rasakan agar terhindar dari penyakit kulit.

Sebelum penyakit akibat stress ini terjadi dalam hidup, sebisa mungkin kita harus mengatasi stress yang melanda. Usahakan menghindari hal-hal yang dapat memicu penyakit muncul. Kamu bisa menggantinya dengan liburan, menonton, atau bermain game.