Hindari 5 Kebiasaan Sebabkan Bibir Kering dan Pecah-pecah

Jumat, 2 September 2022 | 09:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Hindari 5 Kebiasaan Sebabkan Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Ilustrasi Bibir Kering dan Pecah (Pinterest)

Ladiestory.id - Bibir kering dan pecah-pecah dapat membuat penampilan menjadi kurang memuaku, bahkan kamu pun akan di sangka sedang mengalami sakit. Masalah bibir kering dan pecah-pecah juga dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Bibir pecah atau cheilitis, dapat juga disebabkan karena suhu udara dingin, kering ataupun berangin. Bibir kering dan pecah-pecah juga harus diperhatikan agar tetap terjaga kelembapannya. Maka dari itu, kamu pun juga bisa menghindari 5 kebiasaan yang bisa sebabkan bibir kering dan pecah-pecah seperti berikut ini.

Sering Menjilat atau Membasahi Bibir dengan Liur

Ilustrasi Menjilat Bibir (Special)

Kebiasaan yang satu ini juga dapat menyebabkan bibir mudah kering dan pecah-pecah, loh? Walaupun dapat melembapkan bibir dan bibir tampak terlihat lebih basah, air liur dapat mengandung enzim pencerna makanan yang dapat sebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Tanpa disadari, kebiasaan sering menjilat atau membasahi bibir dengan air liur juga dapat membuat bibir menjadi kehitaman bahkan mengakibatkan hiperpigmentasi. Oleh karena itu, kamu juga dapat menghentikan kebiasaan ini dan selalu gunakan pelembap bibir yang mengandung vitamin E dan SPF yang mampu melembapkan dan melindungi bibir.

Eksfoliasi Secara Berlebihan

Ilustrasi Eksfoliasi Berlebihan (Pinterest)

Kulit juga perlu eksfoliasi agar terlihat bersih, sehat dan cerah. Tak heran jika ingin mendapatkan pesona bibir yang indah pun seseorang juga dapat melakukan eksfoliasi. Namun, jika eksfoliasi bibir dilakukan secara berlebihan maka hal ini dapat mengakibatkan bibir menjadi kering bahkan merusak lapisan dermis.

Kulit bibir juga memiliki permukaan yang tipis dan sensitif, maka alangkah lebih baik jika eksfoliasi ini dilakukan dengan lembut dan perlahan agar tidak merusak kondisi kulit bibir. Kamu pun bisa menggunakan bahan eksfoliasi alami yang dapat membantu melindungi kondisi kulit bibir dan mengurangi penggunaan produk kimia yang bisa menimbulkan masalah kulit lainnya.

Sering Menggunakan Lipstik Matte

Ilustrasi Lipstik Matte (Pinterest)

Untuk mendapat warna bibir yang tahan lama biasanya seseorang memilih menggunakan tekstur yang matte agar tahan lama dan tidak mudah luntur. Namun, tahukah kamu jika sering menggunakan lipstik matte juga dapat membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Karena lipstik matte memiliki formula yang kuat dan mudah menyatu dengan bibir serta dapat menyerap kelembapan. Hal ini lah yang akan membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Kamu pun bisa menggunakan lip balm atau lip tint yang dapat membuat bibir menjadi lembap dan juga tidak kering.

Kurang Minum Air Putih

Ilustrasi Kurang Minum Air Putih (Pinterest)

Kulit bibir kering dan pecah-pecah juga dapat disebabkan karena kurangnya mengonsumsi air putih. Hal ini juga akan membuat kulit kurang terhidrasi dengan baik termasuk bibir sehingga kelembapan bibir pun menjadi berkurang. Rutinlah mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari dan kurangi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, pemanis buatan ataupun soda.

Sering Mengonsumsi Makanan Pedas dan Asam

Ilustrasi Makanan Pedas dan Asam (Special)

Sering mengonsumsi makanan pedas dan asam juga dapat menyebabkan kondisi bibir menjadi kering, pecah-pecah bahkan bisa menyebabkan kulit iritasi. Walaupun mengonsumsi makanan pedas dan asam itu sangat menggiurkan. Namun hal ini juga dapat memicu sensasi terbakar sehingga menyebabkan bibir menjadi kering.

Itulah 5 kebiasaan yang dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah, alangkah lebih baik jika kamu dapat mengurangi kebiasaan tersebut dan lebih menjaga kelembapan bibir untuk menjadikannya tetap lembap dan sehat. Semoga bermanfaat!