Hindari 6 Hal Toxic yang Kamu Lakukan ke Diri Sendiri

Minggu, 13 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Hindari 6 Hal Toxic Yang Kamu Lakukan Ke Diri Sendiri

Ilustrasi kelelahan secara mental. (Special)

Ladiestory.id - Kamu pasti sudah sering mendengar istilah red flags atau tanda bahaya yang sering terjadi pada hubungan asmara percintaan yang harus diwaspadai. Tentunya, kamu juga pasti sudah mendengar hal-hal berbahaya yang bisa saja terjadi pada dirimu sendiri dengan melakukan hal toxic yang dianggap normal namun dapat berujung ke kesehatan mentalmu.

Nah, jika kamu sering melakukan 6 hal toxic ini pada dirimu sendiri, sebaiknya kamu juga dapat mewaspadai dampak yang timbul pada dirimu sendiri seperti berikut ini.

Sering Merendahkan Diri Sendiri

Ilustrasi kelelahan secara mental. (Special)

Sering merendahkan diri sendiri juga merupakan salah satu self sabotage yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan mentalmu. Padahal, dengan mencintai diri sendiri, kamu bisa tampil lebih percaya diri dan lebih berani tanpa harus membandingkan dirimu atau pencapaian hidupmu dengan orang lain.

Hanya kamu merasa sedikit berbeda dari orang lain, kamu akan merasa kurang bahkan tidak mampu untuk melakukan sesuatu. Cobalah untuk bangkit dan bersemangat bahwa kamu juga memiliki keunikan tersendiri yang membuatmu berbeda dari orang lain tanpa harus membandingkan dirimu dengan mereka.

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

Kamu selalu menuntut kesempurnaan untuk hadir dalam hidupmu. Padahal, jika hal itu sulit untuk dicapai, maka akan memperburuk kesehatan mentalmu. Percayalah, jika tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jangan mengharapkan hal yang tidak mungkin terjadi hanya karena kamu ingin terlihat berbeda dan terlihat sempurna dari orang lain.

Mencari Validasi

Ilustrasi mencari validasi. (Special)

Selalu ingin terlihat benar dan unggul daripada orang lain juga akan berpengaruh kepada dirimu sendiri, lho. Kamu akan selalu ingin mencari validasi dan juga pengakuan dari orang lain agar kamu terlihat selalu berada lebih tinggi dibandingkan orang lain.

Kamu akan berusaha meminta orang lain menilai dan memuji dirimu. Hal ini justru akan menjadi toxic, bahkan kamu akan merasa menjadi kurang percaya diri jika orang lain tidak memujimu.

Terlalu Memaksa Diri

Ilustrasi kelelahan secara mental. (Special)

Kamu akan selalu berusaha untuk membahagiakan orang lain dibandingkan mengutamakan kebahagaiaan dirimu sendiri. Hal ini justru akan menimbulkan masalah yang tidak baik bagi dirimu sendiri.

Jika kamu sering mengabaikan perasaan dirimu sendiri dan lebih mementingkan orang lain bahagia, justru kamu akan menjadi seorang  people pleaser dan berusaha untuk berpura-pura baik hanya karena perasaanmu sedang tertekan.

Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Ilustrasi perempuan marah. (Special)

Ada saatnya kamu akan merasakan perubahan suasana hati yang berbeda-beda. Terkadang, perubahan ini juga dapat menyebabkan kamu merasa tidak bersemangat, sedih, mudah marah, emosi, bahkan melampiaskan semua amarahmu kepada orang lain.

Hal toxic seperti ini akan menguasai dirimu, bahkan kamu sulit untuk bersikap objektif. Cobalah untuk memperbaiki mood dengan sesegera mungkin agar tidak memberikan efek buruk yang semakin merugikan diri maupun berdampak pada profesionalitasmu. Perlahan, Kontrol diri dan emosimu dengan mencari ketenangan yang dapat membuat suasana hatimu menjadi jauh lebih baik.

Overthinking

Ilustrasi kelelahan secara mental. (Special)

Kebiasaan overthinking juga akan menguras lebih banyak energi dan membuang waktu berhargamu. Kebiasaan buruk yang sering kamu alami ini juga dapat menimbulkan rasa kecemasan yang berlebihan. Kebiasaan overthinking juga akan membuatmu terlalu memikirkan sesuatu yang tidak perlu, bahkan belum terjadi kebenarannya.

Tak jarang, kamu akan terlalu berlarut-larut memikirkan sesuatu yang sudah berlalu. Hal ini justru tidak akan membantumu mendapatkan hasil yang baik, lho. Cobalah untuk bersikap dewasa, tenang, dan berpikir jernih sebelum melakukan dan memutuskan sesuatu, ya Ladies!