Ingin Tahu Rahasia Umur Panjang? Kuncinya Harus Optimis!

Kamis, 16 Juni 2022 | 13:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Ingin Tahu Rahasia Umur Panjang? Kuncinya Harus Optimis!

Ilustrasi umur panjang (Special)

Ladiestory.id - Kira-kira rahasia apa yang membuat orang bisa hidup hingga kakek nenek dan berumur panjang? Meski memiliki rambut yang beruban, dan kulit tubuh yang sedikit kendor, namun tubuh masih bisa tetap sehat dan bugar.

Kuncinya ternyata adalah optimis!

Ilustrasi optimis (Special)

Berdasarkan riset dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, sikap optimis disebut sebagai faktor pemicu seseorang hidup lebih lama. Riset ini dipublikasikan pada 8 Juni 2022 dalam Journal of the American Geriatrics Society. 

Mengapa optimis bisa membuat harapan hidup Kamu lebih panjang? Karena dengan bersikap optimis, orang akan lebih berpikir positif. Akibatnya, stres yang dirasakan bisa berkurang. Dampak dari berkurangnya stres ini akhinrnya membuat jantung Kamu lebih sehat, sistem imun yang lebih baik, sampai fungsi paru yang meningkat.

Hayami Koga, sebagai peneliti utama riset ini, menjelaskan bahwa sikap optimis dapat memperpanjang hidup seseorang hingga berusia 90 tahun ke atas.

Penelitian ini dilakukan dengan menguji 159.555 ribu orang sample dengan latar belakang dan ras yang berbeda. Mereka mengumpulkan data untuk melakukan survei dan analisa data.

Hasilnya menunjukkan, bahwa orang dengan 25 persen bersikap positif dan diprediksi dapat memiliki 5,4 persen jangka waktu hidup, kemungkinan 10 persen lebih besar untuk hidup lebih dari 90 tahun daripada 25 persen yang tidak opyimis.

Temuan ini sejalan dengan hasil riset sebelumnya pada 2019. Di mana hasil temuannya mengatakan, bahwa mereka yang memiliki sikap optimis memiliki harapan hidup 11 persen sampai 15 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak. 

"Kita cenderung fokus pada faktor resiko negatif yang memengaruhi kesehatan. Pentig juga untuk memikirkan sumber daya positif seperti optimisme yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan kita, terutama jika kita melihat bahwa manfaat ini terlihat di seluruh kelompok ras dan etnis," jelas Koga.

Koga juga berpendapat jika hasil riset ini bisa membentuk kembali orang melihat keputusan yang berhubungan kesehatan. Riset ini di dukung oleh the National Institutes of Health. 

Nah, jika seperti itu, mulai dari sekarang Kamu harus hidup dengan sikap optimis ya!

s