Skripsi Cepat Kelar, Ini 6 Tips Jitu Bertemu dengan Dosen Pembimbing

Senin, 11 Juli 2022 | 15:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Skripsi Cepat Kelar, Ini 6 Tips Jitu Bertemu Dengan Dosen Pembimbing

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Ladiestory.id - Selain harus berkecimpung dengan buku-buku sebagai sumber acuan, melakukan observasi penelitian dan wawancara, para mahasiswa akhir pun harus berjuang untuk berunding dengan dosen pembimbing atau dosbing dalam menyelesaikan skripsi.

Menyelesaikan skripsi memang tak mudah, apalagi jika dosbing lebih suka wara-wiri ke luar kota, bahkan sulit ditemui di kampus. Butuh perjuangan ekstra untuk menemui dosen pembimbing yang punya jadwal super sibuk, apalagi toxic. 

Duh, jangan putus asa dulu, coba atasi dengan 6 tips jitu bertemu dosen pembimbing, supaya skripsimu cepat kelar.

Jalin Komunikasi yang Baik dan Sopan Santun

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Akan ada banyak sekali drama yang ditemui para mahasiswa akhir untuk memperjuangkan gelar sarjananya. Khususnya, saat melakukan konseling dengan dosen pembimbing. Anggap saja itu sebagai upayamu untuk menuju sukses.

Alih-alih ingin lulus tepat waktu, justru skripsi selalu tertunda akibat jadwal bimbingan selalu dibatalkan oleh dosen pembimbing secara sepihak.

Salah satu cara yang harus kamu lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dan sopan santun terhadap dosen pembimbingmu. Walaupun dosen pembimbingmu dikenal toxic, tetap hormatilah dan selalu berikan kesan baik tentang dirimu.

Jangan lupa selalu perhatikan etika sopan santun saat sedang berkomunikasi, baik itu secara langsung atau melalui media online.

Perhatikan Waktu Efektif

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Merasa lelah karena diburu waktu? Sebaiknya saat hendak melakukan bimbingan, kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat. Jangan berusaha menghubungi dosbing di jam-jam rawan seperti saat jam dosen sedang memberikan materi perkuliahan, jam istirahat atau saat tengah malam.

Usahakan cari waktu yang tepat di saat dosen pembimbingmu sedang free time, atau lihatlah jadwal kelas hariannya supaya kamu bisa memiliki waktu ekstra untuk berkonsultasi.

Perhatikan Penampilan Saat Bimbingan

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Penampilan juga bisa mempengaruhi mood seseorang, lho. Walaupun kamu berkonsultasi di luar jam kuliah, kamu tetap harus memperhatikan penampilanmu sebaik dan serapi mungkin.

Jangan berpenampilan semaumu dan asal-asalan, karena bisa saja dosen memberikan penilaian tersendiri. Bahkan, mereka bisa bersikap acuh karena merasa kesan yang diberikan oleh mahasiswanya kurang baik.

Gunakan pakaian yang sopan dan nyaman, serta aksesori yang sewajarnya saat bertemu dengan dosen pembimbing. Selain itu, kondisikan situasi dan tempat saat kamu hendak melakukan bimbingan.

Karena hal ini pun tentunya bisa membuat suasana bimbingan menjadi terasa nyaman, bukan?

Persiapkan Bahan Bimbingan dengan Lengkap

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Jangan temui dosen pembimbingmu secara tergesa-gesa atau menemuinya dalam keadaan mendesak begitu saja. Sebaiknya saat hendak melakukan bimbingan skripsi, kamu juga harus sudah mempersiapkan kelengkapan bahan dan revisi yang telah diperbaiki sebelumnya.

Jangan hanya karena dosbing susah untuk ditemui, maka kamu tiba-tiba menghampirinya untuk meminta perbaikan tanpa kesiapan yang lengkap.

Dosen pembimbing tentunya ingin mengetahui seberapa jauh kamu memahami skripsi yang kamu buat. Oleh karena itu, pahami lebih dahulu skripsi-mu, kemudian temui dosbing ketika sudah benar-benar siap.

Dengan begitu, akan lebih mudah menjelaskan hasilmu kepada dosen pembimbing. Sehingga ia pun bisa memberikan feedback yang baik atas usahamu.

Terus Aktif Lakukan Bimbingan

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Skripsi tak kunjung selesai, jangan hanya bisa menyalahkan dosen pembimbingmu yang sulit ditemui atau banyaknya catatan revisi saja. Jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untukmu  ingin menyerah begitu saja.

Kamu mungkin akan merasa kesal jika dosen pembimbingmu tak kunjung merespon untuk melakukan bimbingan skripsi. Namun, kamu juga harus memahami jika mahasiswa yang ingin bimbingan skripsi bukan hanya dirimu saja, lho.

Walaupun demikian kamu harus siap kapan saja ketika dosen pembimbing akan menghubungi. Ketika ada kesempatan, jangan tolak tawaran tersebut. Karena kamu lah yang membutuhkan dosen, bukan dosen yang mencarimu.

Terus aktif untuk menemui dosen pembimbing supaya skripsimu bisa cepat selesai.

Bawakan Bingkisan Makanan

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Nggak ada salahnya jika hendak bimbingan kamu membawakan bingkisan makanan sebagai ucapan terima kasih kepada dosbing, yang tak pernah lelah memberi kritik dan masukan supaya hasil skripsimu memuaskan.

Bukan berarti menyogok dosbing supaya memberikan nilai plus, lho. Hal ini pun bisa dideskripsikan sebagai niat tulusmu karena bisa mendapat dosen pembimbing yang take care kepada mahasiswanya.

Itu dia 6 tips jitu untuk bertemu dengan dosen pembimbing supaya skripsimu cepat kelar, jangan mudah menyerah dan tetap semangat ya!