Inilah Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Meminum Kopi Saat Perut Kosong

Selasa, 12 November 2019 | 14:45:24

LS Health

Penulis : LS Health

Inilah Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Meminum Kopi Saat Perut Kosong

Dampak minum kopi saat perut kosong. Sebagai pekerja, kopi menjadi salah satu cara untuk memulai harimu yang sibuk. Namun, jika kamu meminum secangkir kopi dalam keadaan perut kosong, sebaiknya kamu mulai hentikan kebiasaan itu. Walaupun meminum kopi telah terbukti membawa banyak manfaat (seperti meminimalkan risiko demensia), ternyata kesehatanmu juga dapat terancam jika kamu membiarkan dirimu minum kopi dalam keadaan perut kosong. Memangnya kenapa ya?

1. Kandungan dalam kopi merangsang produksi asam lambungmu

kopi meningkatkan asam lambung

Kopi memiliki kandungan yang disebut java yang ternyata dapat merangsang produksi asam lambungmu. Saat perut kosong, asam ini dapat merusak lapisan perutmu dan menyebabkan gangguan pencernaan dan mulai membuat perutmu mulas. Dan ini juga berlaku pada kopi tanpa kafein. Jadi, sebaiknya makan sesuatu dulu sebelum mengesap secangkir kopimu, Ladies!

2. Kopi dapat membuat jantung berdetak cepat

kopi membuat jantung berdetak cepat

Kalau kamu merasa setelah minum teh akan menghilangkan rasa gelisah, inilah alasannya. Kopi sebenarnya dapat meningkatkan gejala kecemasan, meningkatkan detak jantung, membuatmu lekas marah, dan ketidakmampuan untuk fokus. Yang berarti jika kamu mungkin hanya mengonsumsi flat white atau espresso untuk menghilangkan kejengkelanmu pada rekan kerjamu atau ingin meningkatkan produktivitasmu, sebenarnya itu malah membuatmu melakukan yang sebaliknya. Apalagi jika minum kopi saat perut kosng, hal ini akan berdampak pada kesehatanmu.

3. Kopi dapat mengacaukan ritme sirkardianmu

kopi mengacaukan ritme sirkadian

Salah satu fakta mengejutkan, ternyata minum kopi di pagi hari dapat mengacaukan ritme sirkardianmu dan membuatmu merasa kurang terjaga. Tubuh kita melepaskan hormon yang disebut dengan kortisol ketika kita bangun, yang bertanggung jawab atas seberapa waspada dan energi apa yang kita rasakan. Berlawanan dari yang mungkin kamu pikirkan, kopi sebenarnya dapat menurunkan kadar kortisolmu. Berarti meminum kopi di pagi hari hanya akan menjadi boomerang untuk membuatmu tetap waspada. Wah, jadi mesti hati-hati, Ladies!

4. Kapan waktu yang tepat minum kopi?

waktu yang tepat minum kopi

Selain setelah perutmu terisi sesuatu, ternyata ada waktu yang tepat bagimu untuk meminum segelas kopi. Menurut penelitian oleh Steven Miller, Ph.D., kandidat di Uniformed Services University of the Health Sciences in Bethesda, waktu terbaik untuk minum kopi adalah sebagai berikut: antara pukul 09.30-11.30 dan 13.30-17.00. Ini adalah periode waktu yang optimal karena kadar kortisol dalam tubuhmu tidak terlalu rendah pada jam-jam tersebut. Jadi, jika kamu ingin mempertahankan tingkat energi dan produktivitas sepanjang hari kerjamu, jadwalkan coffee breaks di jendela waktu tersebut!

5. Minum saat perut sudah terisi sesuatu

minum kopi saat perut sudah terisi

Mendengar beberapa hal di atas, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi kopi di pagi hari, mungkin kamu akan kesulitan bekerja! Sebagai gantinya, para ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi kopi di pagi hari dengan sarapan pagi atau camilan pagi hari untuk memastikan bahwa kamu tidak menikmati kopi dengan perut kosong karena akan berdampak pada kesehatan, dan sering kali kopi dianggap sebagai penyebab perut kembung.

Kopi mungkin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi saat perut kosong, jadi jangan lupa isi perutmu terlebih dahulu sebelum mengonsumsi segelas kopi di pagi hari, Ladies!

Source foto: cover: healthline.com, 1. sickchirpse.com, 2. mountelizabeth.com.sg, 3. bbc.co.uk,  4. worldoffoodanddrink.worldtravelguide.net, 5. stocksy.com