Inilah Manfaat Tak Terduga Dari Konsumsi Jus Bayam Secara Rutin

Selasa, 24 Agustus 2021 | 06:45:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Inilah Manfaat Tak Terduga Dari Konsumsi Jus Bayam Secara Rutin

Foto: Ladiestory.id

Bayam merupakan sayuran hijau yang banyak digemari orang. Biasanya bayam dimasak dengan direbus dan dikonsumsi dengan kuahnya. Tapi, ternyata bayam juga bisa diolah menjadi minuman yang nikmat dan menyehatkan.

Berbagai manfaat jus bayam bagi kesehatan tubuh

Jus bayam memiliki banyak manfaat sehat bagi tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Mau tahu apa saja manfaatnya? Ikuti informasinya dibawah ini.

 

1. Menurunkan Darah Tinggi

Foto: Ladiestory.id

 

Tingginya kadar kalium dalam jus bayam dapat membantu penderita tekanan darah tinggi. Kalium bisa menghilangkan efek buruk natrium dalam tubuh, ini tentunya bisa membantu mengatur kadar natrium dan mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Secara umum, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung adalah makanan yang baik bagi orang yang memiliki masalah kesehatan seperti ini.

2. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kalsium adalah suatu keharusan untuk kesehatan tulang. Dalam satu porsi jus bayam menyediakan 12 persen dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan. 

3. Menjaga Berat Badan

Foto: Ladiestory.id

 

Jus bayam tinggi serat makanan. Satu porsi berisi lebih dari 3 gram. Asupan harian yang dianjurkan untuk laki-laki adalah 38 gram dan untuk perempuan 25 gram.

Karena kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup serat setiap hari, minum jus bayam bisa membantu membuat kita merasasa kenyang. Ini juga nantinya bisa bantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko sembelit.

4. Menguatkan Rambut

Manfaat jus bayam termasuk rambut yang kuat dan kulit yang sehat. Penuh vitamin A, C dan zat besi, ini membantu menjaga keduanya tetap baik. Vitamin C mendorong pembentukan kolagen, yang juga bagus untuk kulit dan rambut.

Vitamin A adalah bahan utama untuk sebum, minyak alami rambut kita. Zat besi mengurangi risiko rambut rontok, serta membuatnya lebih kuat dan lebih sehat.

5. Menyehatkan Jantung

Foto: Ladiestory.id

 

Kesehatan kardiovaskular yang baik jelas merupakan salah satu manfaat jus bayam. Tinggi folat, juga dikenal sebagai asam folat, membantu mengurangi risiko stroke, mencegah penebalan dinding arteri, dan membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan arteri.

Manfaat ini adalah kunci dalam pencegahan dan pemulihan serangan jantung. Kadar nitrat yang tinggi dalam jus bayam diketahui bisa mempercepat waktu pemulihan.

Faktanya, sebuah penelitian merekomendasikan kita makan hingga 9 ons sayuran yang kaya nitrat untuk mencegah masalah jantung. Jenis sayuran berdaun gelap lainnya memiliki khasiat yang serupa dengan bayam.

6. Menyehatkan Pencernaan

Foto: Ladiestory.id

 

Karena jus bayam memiliki kandungan serat yang tinggi, ini juga membantu mengatasi masalah pencernaan. Ini mengurangi kemungkinan makan berlebihan, membantu menjaga konsumsi makanan dan membantu menjaga gerakan usus yang sehat. Serat yang ditambahkan ke makanan mencegah kita mengalami sembelit.

Itulah manfaat tak terduga dari jus bayam yang mungkin tak Anda ketahui. Semoga bermanfaat