Jadikan Pelajaran, Begini 6 Cara untuk Bangkit dari Keterpurukan

Minggu, 14 November 2021 | 01:33:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jadikan Pelajaran, Begini 6 Cara Untuk Bangkit Dari Keterpurukan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Setiap manusia pasti pernah mengalami kesedihan yang mendalam. Banyak hal yang membuat membuat seseorang merasa sangat sedih hingga terpuruk, bisa karena kehilangan seseorang yang paling disayangi dalam hidup hingga karena kondisi ekonomi yang memburuk. Tapi jangan biarkan keterpurukan berlama-lama, saatnya kamu untuk bangkit dari keterpurukan

Cara Bangkit dari Keterpurukan

Cara berikut ini mungkin bisa kamu coba untuk bangkit dari keterpurukan.

1. Istirahat Sejenak dari Rutinitas

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk bisa bangkit dari keterpurukan adalah dengan untuk menghentikan sejenak semua rutinitas kamu. Momen ini bisa kamu gunakan untuk merenung dan mengintrospeksi diri.

Beristirahat sejenak juga bisa membangkitkan perasaan yang sempat down dan bangkit kembali untuk melanjutkan hidup.

2. Lakukan Hal yang Membuat Senang

Foto: Ladiestory.id

Salah satu cara untuk bangkit dari keterpurukan adalah dengan meluangkan waktu untuk melakukan hobi atau kegiatan yang kamu senangi. Atau, kamu melakukan olahraga untuk menyehatkan tubuh dan pikiran kamu. Dengan begitu pikiran kamu akan lebih fresh dan tenang.

3. Hentikan Kebiasaan yang Memicu Rasa Sedih Saat Terpuruk

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk bangkit dari keterpurukan adalah dengan berusaha menghilangkan kebiasaan buruk yang jadi pemicu kesedihan

Misalnya saat kamu mengalami keterpurukan karena kondisi ekonomi yang turun drastis. Maka kamu bisa mencoba mengelola keuangan kamu agar lebih efisien. Ingatlah hukum sebab-akibat itu ada, lho.

Bisa saja keterpurukan yang kamu alami karena sering foya-foya membeli barang-barang yang sebetulnya tidak diperlukan. Hingga saatnya kamu membutuhkan sesuatu kamu jadi sadar saat seharusnya tidak membeli sesuatu yang tidak berguna itu.

4. Menghargai Diri Sendiri

Foto: Ladiestory.id

Salah satu hal yang sering dilupakan ketika ingin bangkit dari keterpurukan adalah menghargai diri sendiri. Banyak orang yang sering lupa bahwa dirinya sangatlah berharga. Bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain.

Terlebih, ketika sudah menjadi orangtua dan tempat bersandar anak. Orang tua adalah seseorang yang dipercaya oleh anak, di mata mereka, orang tua adalah seseorang yang sangat hebat dan selalu menginspirasi.

Jangan lupa untuk mencintai diri sendiri, Ladies. Tak jarang berlarut-larut dalam kesedihan, hal tersebut akan membuat kita lupa betapa berharganya diri kita.

5. Jadikan Kegagalan yang Membuatmu Terpuruk Itu Pelajaran  

Kegagalan adalah hal yang biasa, bahkan, saat kamu terpuruk sekalipun. Jadikan pengalaman itu adalah sebuah pelajaran yang berharga agar tidak terulang kembali di kemudian hari.

Saatnya untuk bangkit dan mencari cara untuk motivasi diri sendiri. Ingat, terus menerus dalam keterpurukan justru tidak akan membuatmu bisa bahagia dan berguna bagi orang-orang di sekitarmu.

6. Selalu Bersyukur

Foto: Suara

Mungkin tanpa disadari, manusia lebih sulit untuk bersyukur dan lebih mudah mengeluh. Padahal dengan bersyukur kamu bisa belajar untuk memotivasi diri sendiri. Ketika kamu berada pada posisi paling bawah, lihatlah di sekitarmu karena masih banyak orang yang tidak lebih beruntung dari kamu.

Itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk bangkit dari keterpurukan. Bersedih itu boleh, tapi dalam batasan yang sewajarnya. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah kamu dapatkan selama ini.