Jaga Kesehatan Jantung, 5 Sayuran Ini Baik untuk Dikonsumsi

Rabu, 27 Juli 2022 | 16:15:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Jaga Kesehatan Jantung, 5 Sayuran Ini Baik Untuk Dikonsumsi

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Ladiestory.id - Penyakit jantung sering disebut sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, serta pola makan yang tidak sehat biasanya menjadi penyebab utama kondisi jantung jadi memburuk.

Oleh karena itu, Anda perlu mengatur asupan nutrisi yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya dengan mengonsumsi sayuran.

Berikut ini beberapa sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Tomat

Ilustrasi Tomat. (Special)

Tomat mengandung likopen, beta-karoten, folat, kalium, vitamin C, flavonoid dan vitamin E. Mengonsumsi tomat dapat menambah tenaga, serta menjadi sumber antioksidan yang berfungsi untuk melindungi jantung.

"Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam tomat mengurangi kolesterol LDL 'jahat', tekanan darah dan homosistein (ukuran peradangan dan faktor risiko independen untuk penyakit jantung), dan membuat sel kurang 'lengket', yang membuat darah mengalir lebih mudah,” jelas The Nutrition Twins.

Bayam

Ilustrasi Bayam. (Special)

Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau, misalnya bayam, dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Bayam dapat menurunkan tekanan darah pada jantung karena kandungan nitrat yang membantu menurunkan kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi dinding pembuluh darah.

Kubis Brussel

Ilustrasi Kubis Brussel. (Special)

Kubis brussel atau kol mini diklaim sebagai sayuran yang yang dapat melindungi jantung. Dilansir dari The Nutrition Twins, bayam dikatakan dapat mencegah penyumbatan arteri yang menjadi penyebab utama serangan jantung dan stroke. Kandungan, seperti serat, karotenoid, folat, serat, serta vitamin C, E, dan K di dalamnya dapat membantu menyehatkan jantung.

Asparagus

Ilustrasi Asparagus. (Special)

Asparagus adalah sayuran dengan kandungan folat yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat menurunkan homosistein, asam amino yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke. Kandungan lain, seperti potassium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kandungan seratnya mengurangi kolesterol LDL dan risiko tekanan darah tinggi, dilansir dari Journal of Chiropractic Medicine.

Bawang Bombay

Ilustrasi Bawang Bombay. (Special)

Bawang bombay menjadi sumber fitokimia yang kaya sulfur. Fitokimia dapat mengurangi kadar kolesterol dan memecah gumpalan darah untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, dilansir dari The Nutrition Twins.

s