Jangan Buru-buru Konsumsi Obat, Ini Cara Alami Atasi Insomnia

Rabu, 19 Januari 2022 | 21:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Jangan Buru-Buru Konsumsi Obat, Ini Cara Alami Atasi Insomnia

Ilustrasi insomnia. (Special)

Ladiestory.id - Insomnia atau gangguan susah tidur menjadi salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi. Kondisi ini biasanya terjadi karena beberapa faktor, mulai dari faktor banyak pikiran atau stres, efek pengobatan tertentu, terlalu banyak makan pada malam hari, serta bisa juga karena mengonsumsi minuman berkafein maupun beralkohol.

Insomnia yang terjadi sesekali mungkin tidak akan membahayakan kesehatan. Namun, jika kondisi ini sudah berlangsung lama atau kronis, maka sebaiknya Kamu perlu waspada. Tidur yang kurang cukup bisa menggangu sistem dalam tubuh. Akibatnya tubuh rentan mengalami berbagai risiko kesehatan, mulai dari obesitas, sistem kekebalan tubuh menurun, diabetes melitus, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.

Agar bisa terhindar dari semua risiko tersebut, maka sebaiknya lakukan pengobatan segera. Namun, jangan buru-buru mengonsumsi obat, ada cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Mengatur Suasana Kamar agar Terasa Nyaman

Ilustrasi kamar tidur nyaman. (Special)

Insomnia juga bisa terjadi lantaran tidak nyaman dengan kondisi kamar yang ditempati. Maka dari itu, Kamu bisa mennyiasatinya dengan mengatur kamar senyaman mungkin. Selain itu sebaiknya tidur dalam keadaan ruangan gelap.

2. Olahraga Secara Teratur

Ilustrasi olahraga. (Special)

Saat tubuh dalam kondisi lelah biasanya akan lebih mudah tertidur. Oleh karena itu, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga bisa membuat seseorang cepat tidur.

Kamu bisa melakukannya di waktu menjelang tidur atau bisa juga lakukan saat ada waktu luang. Pilihan jenis olahraga yang bisa dilakukan bisa beragam, seperti yoga, jogging, hingga bersepeda.

3. Hindari Konsumsi Minuman Kafein atau Alkohol

Minuman kafein ataupun alkohol bisa memberikan efek susah tidur setelah beberapa jam atau bahkan seharian mengonsumsinya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari jenis minuman ini agar tidak mengalami insomnia.

4. Hindari Makan Banyak Sebelum Tidur

Ilustrasi makan banyak. (Special)

Kebiasaan makan berlebihan di malam hari bisa menyebabkan sistem pencernaan terus bekerja di malam hari dan tidak bisa beristirahat. Sebaiknya makan secukupnya saja.

Jika tubuh terasa lapar, konsumsi jenis camilan sehat seperti buah menjelang waktu tidur. Makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur juga membuat Kamu akan lebih sering terbangun untuk buang air di tengah malam. Akibatnya, waktu tidurmu juga menjadi terganggu.

5. Disiplin dengan Jadwal Tidur

Insomnia bisa terjadi karena jadwal tidur yang berantakan. Maka dari itu, untuk mengatasinya adalah dengan tidur teratur sesuai jadwal.

Jika Kamu tidak terlalu lelah, sebaiknya hindari tidur saat siang hari. Selain tidur tepat waktu sesuai jadwal, usahakan juga untuk bangun tidur pada jam yang sama setiap harinya. Lakukan hal ini secara konsisten agar tidurmu tidak terganggu.

6. Minum Teh Chamomile

Ilustrasi teh chamomile. (Getty Images)

Teh jenis ini bisa memberikan efek mengantuk setelah mengonsumsinya. Selain itu, teh chamomile bisa memberikan efek menenangkan dan membantu tertidur dengan lebih lelap saat malam hari.

Hal ini bisa terjadi lantaran teh chamomile memiliki kandungan epigenin pada flavoid-nya yang mampu mempengaruhi reseptor benzodiazeopin pada otak. Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk teh, chamomile juga tersedia dalam bentuk aromaterpai yang bisa digunakan untuk membuat suasana lebih rileks.

7. Cukupi Kebutuhan Magnesium Tubuh

Ilustrasi sayuran hijau mengandung magnesium. (Special)

Seseorang dengan kadar magnesium rendah bisa menyebabkan susah tidur pada malam hari. Magnesium bisa diperoleh dengan mengonsumsi bahan makanan, seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Jika Kamu ingin mengonsumsi suplemen magnesium, pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya mengonsumsi magnesium dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan kram dan mual.  

8. Mandi Air Hangat

Ilustrasi mandi air hangat. (Special)

Mandi menggunakan air hangat bisa membuat tubuh lebih rileks dan siap untuk tidur. Kamu bisa menambahkan essentials oil agar tubuh semakin rileks.

9. Hindari Main Gadget Sebelum Tidur

Ilustrasi main gadget sebelum tidur. (Special)

Bermain gadget atau menonton televisi sebelum tidur akan menstimulus otak untuk terus bekerja. Akibatnya juga membuat seseorang menjadi susah tidur. Oleh karena itu, hindari bermain gadget sebelum tidur agar menstimulasi otak lebih tenang dan bisa beristirahat.