Jangan Diam Saja, Ini 5 Cara Membangun Relasi untuk Kaum Introvert

Senin, 14 Agustus 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Jangan Diam Saja, Ini 5 Cara Membangun Relasi Untuk Kaum Introvert

Ilustrasi Wanita Introvert. (Freepik)

Ladiestory.id - Memiliki relasi yang luas harus dimiliki oleh seseorang, tak hanya memudahkanmu untuk bersosialisasi dan mengenal lebih banyak orang baru dalam circle kehidupanmu, namun dapat pula membantu meningkatkan jenjang karir, lho. Akan tetapi, hal ini cukup sulit dilakukan dengan seseorang berkepribadian introvert. Jangan merasa minder dan malu, justru kamu akan jauh tertinggal jika kamu tidak berani mencoba mengembangkan softskill dan hardskill yang kamu miliki. Kamu bisa belajar perlahan untuk membangun relasi dengan melakukan lima cara berikut ini, lho. Simak yuk!

Bangkitkan Rasa Percaya Dirimu

Ilustrasi Wanita Karir. (Freepik)

Nyatanya seorang introvert pun dikenal handal dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan banyak orang bahkan pandai mengungkapkan gagasan pikirannya di depan umum, lho. Hanya saja rasa malu dan takut untuk mencoba kerap menghantui si introvert. Hal ini dikarenakan mereka takut salah berbicara, takut menyinggung perasaan orang lain lewat perkataan bahkan takut orang-orang berpendapat buruk tentang dirinya sehingga rasa percaya dirinya pun akan menurun. 

Nah, untuk mengatasi hal ini sebaiknya kamu dapat membangkitkan kembali rasa kepercayaan dirimu, cobalah untuk bersikap tenang dan santai untuk menjauhi sikap overthinking, karena ketakutan bisa saja muncul dari dirimu sendiri, Ladies. Apabila kamu berani mencoba sesuatu yang baru dan berusaha untuk maju, pasti kamu bisa menggagalkan keraguanmu dan kamu pun akan terbiasa untuk membangun relasi yang baru.

Fokus pada Kemampuanmu

Ilustrasi Wanita Karir. (Entrepreneurmedia)

Ladies, bukan berarti seorang introvert memiliki pandangan yang selalu buruk. Bukan berarti diammu dinilai bahwa kamu tidak pandai berkomunikasi, bukan berarti pula jika sifat malumu bisa menghancurkan harga dirimu. Eits, jangan selalu memberikan penilaian negatif terhadap dirimu sendiri, Ladies. Dibalik sisi introvert ada keunggulan yang kamu miliki, misalnya kamu bisa menjadi pendengar yang baik, mampu memberikan ide kreatif dan inovatif, bahkan kepribadianmu dapat memberikan solusi dan masukan yang efektif bagi tim dan rekan-rekanmu.

Nah, daripada kamu selalu memikirkan kekurangan pada dirimu, bukankah lebih baik kamu fokus dengan kelebihan yang kamu miliki? Karena tak sedikit pula orang-orang membangun relasi atau hubungan dengan yang memiliki kemampuan problem solving jika dibandingkan dengan seseorang yang banyak berbicara.

Memiliki Integritas

Ilustrasi Wanita Karir. (Freepik)

Menjadi seseorang yang berintegritas serta dapat membangun kepercayaan orang lain akan lebih mudah untuk menjalin banyak relasi dengan baik. Maka, tidak ada yang mustahil bagi kamu si introvert untuk bisa lebih banyak mengenal orang baru dalam kehidupanmu serta bisa membangun relasi jangka panjang nantinya.

Menjadi Pribadi yang Berani dan Mandiri

Ilustrasi Wanita Karir. (Freepik)

Biasanya seseorang dengan kepribadian introvert dikenal dengan pribadi yang tertutup dan pemalu, banyak pula yang mengungkapkan jika seorang dengan kepribadian introvert lebih memilih untuk mengisolasi dirinya sendiri bahkan menjauh dari banyak orang dan keramaian. Namun, dibalik hal itu si introvert ini juga bisa menjadi pribadi yang berani dan mandiri, lho. Tentu saja dengan adanya kecenderungan ini maka biasanya mereka membutuhkan sedikit pengawasan, tentu kamu bisa melakukannya dan mampu menjalankan tugasmu dengan baik tanpa terganggu dengan sosialisasi. Kamu pun bisa menghadapi tantangan dengan bertemu banyak orang dengan bangkit menjadi pribadi yang berani. Maka dari itu, kamu pun tak akan susah melakukan tugas baik secara mandiri maupun berkelompok.

Meminimalisir Rasa Takutmu

Ilustrasi Wanita Karir. (Freepik)

Ketika kamu akan melakukan pertemuan, maka jangan coba menghindar begitu saja karena bisa jadi pertemuan ini bisa membawamu untuk mendapatkan kabar baik bagi kehidupan maupun karirmu. Nah, sebaiknya meminimalisir rasa takutmu dan mulai persiapkan mental kamu untuk mencari informasi maupun topik yang akan kamu bicarakan. Dengan begitu kamu pun akan siap dan lebih luwes mengenal mereka dan menjadikanmu lebih enjoy saat bertemu dengan orang baru.