Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Sarapan yang Harus Kamu Ingat

Senin, 4 November 2019 | 14:55:31

LS Health

Penulis : LS Health

Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Sarapan Yang Harus Kamu Ingat

Manfaat Sarapan.  Terkadang waktu sarapan menjadi hal yang sering dilupakan, padahal sarapan itu banyak manfaatnya lho. Ada banyak alasan mengapa sarapan sering terlewatkan seperti terburu-buru saat berangkat kerja atau tidak terbiasa memulai hari dengan sarapan. Salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi. Kamu tentu butuh banyak energi saat memulai hari, kan? Nah, sarapan adalah solusinya. Banyak ahli gizi yang menyarankan bagimu untuk menyempatkan diri menyantap sarapan setiap pagi, karena banyak manfaat dari sebuah sarapan ini. Di bawah ini adalah 5 manfaat sarapan yang harus kamu ingat agar tidak kamu lewatkan!

1. Membantu tubuhmu terlindung dari penyakit

melindungi tubuh dari penyakit

Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Bagi mereka yang membiasakan diri dengan sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori disbanding mereka yang melewatkan sarapan. Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari.

2. Membuatmu jadi lebih fokus

lebih fokus

Kamu yang memiliki kebiasaan sarapan pagi pun akan membuat dirimu lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perutmu sudah terisi. Jika kamu tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikirmu bisa menurun dan kamu jadi kurang fokus.

3. Dapat membantu menurunkan berat badan

menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantumu menurunkan berat badan. Dengan sarapan, kamu tidak akan merasa terlalu lapar di siang hari sehingga kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan saat makan siang. Ketika kamu melewatkan sarapan, kamu akan lebih mudah lapar dan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori tapi tidak mengenyangkan. Tentunya kalau itu dilakukan setiap hari, malah akan membuat tubuhmu melar, Ladies!

4. Dapat meningkatkan mood

meningkatkan mood

Jika kamu hari ini merasa lebih mudah kesal atau marah, coba cek apakah kamu tadi pagi sudah sarapan? Jika belum, bisa jadi mood­-mu yang buruk itu disebabkan karena perutmu yang lapar. Agar hal itu tidak terjadi lagi, biasakan dirimu untuk mulai hari dengan sarapan agar suasana hati jadi lebih baik dan stress di pagi hari dapat diatasi.

5. Memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

memberikan nutrisi untuk tubuh

Jika kamu tidak sarapan, kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi akan sulit untuk dipenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan akan lebih mungkin memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C, dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuhmu. Jadi, jangan lewatkan sarapan Ladies karena banyak manfaatnya!

Sarapan merupakan kegiatan yang sebaiknya kamu tidak lewatkan, karena sarapan ternyata banyak manfaatnya dan tentunya baik untuk kesehatan tubuhmu, yuk mulai hari dengan sarapan menu sehat dan lezat!

Source foto: cover: colostrum-australia.com.au, 1. marthastewart.com, 2. rawpixel.com, 3. thehealthy.com, 4. thehealthy.com, 5. dusuneninsanlaricin.com